Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

KHAZANAH : Sensasi Salat Beralas Bumi Beratap Langit

Zulfah Robbania

Jumat, 04 September 2015 - 17:00 WIB

net
net
A A A

SELAIN Blue Mosque (Masjid Biru) yang mendunia, Turki memiliki begitu banyak masjid megah nan-indah. Salah satu di antaranya adalah Masjid Shanke Yadem yang terletak di daerah Al-Fateh, pinggir Kota Istanbul.

Tak hanya megah dan indah, masjid ini memiliki bentuk arsitektur 'spesial' berbeda dari masjid kebanyakan. Masjid ini dibangun tanpa lantai dan atap. Jadi, setiap jemaah di masjid ini 'dituntut' untuk melakukan salat langsung beralaskan bumi dan beratap langit.

Kebanyakan jemaah yang datang justru tertarik dengan suasana berbeda yang ditawarkan Masjid Shanke Yadem. Menurut mereka, sensasi beribadah salat layaknya di alam terbuka yang disuguhkan masjid ini membuat kekhusyukan mereka bertambah.

Di samping bentuknya yang unik, Masjid Shanke Yadem ternyata juga menyimpan sejarah yang menarik untuk diketahui. Kabarnya, masjid ini dibangun oleh seorang miskin di Turki.

Dialah Khairudin Afandi, seorang miskin dari daerah pinggiran Turki. Berawal dari cita-cita mulia ingin membuat sebuah masjid, Khairudin yang tidak mampu itu kemudian mengumpulkan sedikit demi sedikit uang hasil keringatnya.

Khairudin menahan diri untuk tidak menggunakan uang simpanannya tersebut meski untuk sekadar makan. Setiap ada orang yang bertanya padanya, 'apakah dia sudah makan', Khairudin hanya menjawab, 'anggap saja saya sudah makan'.

Bertahun-tahun terus berjalan, ia pun tetap konsisten menabung untuk mewujudkan mimpinya membangun masjid. Hingga akhirnya suatu waktu ia membuka hasil tabungannya dan mendapati jumlahnya sudah cukup untuk membangun sebuah masjid.

Khairudin pun membeli material dan kemudian dibangunlah masjid yang sekarang bernama Shanke Yadem. Nama Shanke Yadem sendiri dalam bahasa Turki berarti 'anggap saja saya sudah makan'. Nama ini diambil dari kata-kata yang sering digunakan Khairudin sebelumnya.

Kini, Masjid Shanke Yadem banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Ada yang datang karena ingin merasakan sensasi salat bak di alam terbuka. Banyak pula yang datang untuk mengobati rasa penasaran mereka terhadap kisah Khairudin Afandi. Subhanallah.  (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.