Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Inilah Jejak Makam 'Ibunda' Sejagat

Zulfah Robbania

Rabu, 23 Desember 2015 - 17:00 WIB

net
net
A A A

SAAT melakukan ibadah haji atau umrah, para jamaah akan berkunjung atau berziarah ke tempat-tempat yang disucikan atau dianggap menyimpan nilai sejarah. Di antara sekian banyak tempat bersejarah di Arab Saudi yang kerap disambangi jamaah haji dan umrah, salah satunya adalah makam Siti Hawa di Kota Jeddah.

Memang belum ada kepastian tentang tempat peristirahatan terakhir istri Nabi Adam AS tersebut. Namun, sebagian besar penduduk sekitar dan nyaris setiap jamaah yang berziarah mempercayai bahwa makam Siti Hawa benar ada di Jeddah.

Makam Siti Hawa berada dekat dengan Masjid Qisas dan kawasan perbelanjaan Balad yang sering didatangi jamaah haji. Dari ujung selatan Jalan Madinah Al Munawarah, Anda tinggal berbelok ke kiri ke arah Jalan Al Matar.

Telusuri Jalan Al Matar sampai menemukan belokan pertama ke kanan, ke Jalan Makkah Al Mukaramah. Tidak jauh dari ujung jalan Makkah Al Mukaramah terdapat belokan ke Jalan Mawkib Al Iman. Di sanalah letak makam Siti Hawa.

Pemakaman ini sekarang menjadi pemakaman umum bagi masyarakat Jeddah. Tempat yang disebut makam Siti Hawa itu berbentuk bangunan biasa tanpa atap hanya dikelilingi dengan tembok setinggi 3 meter dan dilapisi dengan marmer.

Luas tempat tersebut sekitar 3 kali luas lapangan bola. Di depan gerbang masuknya terdapat tulisan Maqbarah Hawwa yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Makam Hawa'.

Jamaah yang datang umumnya penasaran terhadap isi dari bangunan yang dikelilingi tembok besar itu. Terlebih lagi, beberapa cerita penduduk setempat mengatakan bahwa perempuan dilarang masuk ke makam dengan alasan bid'ah. Namun tidak dijelaskan bid'ah seperti apa.

Saat memasuki area makam, akan terlihat hamparan padang luas tanpa rerumputan hijau di atasnya. Tidak ada gundukan tanah atau batu nisan yang menunjukkan makam Siti Hawa.

Yang ada hanya tanah yang dibagi ke dalam blok-blok dengan ukuran 1x1 meter dan jalur-jalur panjang makam yang dihinggapi merpati-merpati jinak.

Di lorong masuk terpampang doa dan adab berziarah ke makam. Lalu terdapat pula tempat pemandian jenazah, mushola dan toilet. Bahkan para penjaga sendiri pun tak mengetahui secara jelas di mana letak makam Siti Hawa. Setiap pengunjung yang datang hanya akan diarahkan untuk langsung berdoa.

Hingga kini belum dapat dipastikan apakah makam Hawa benar terdapat di area ini. Namun beberapa catatan sejarah mengatakan, penamaan Kota Jeddah diambil dari kata Jaddah yang berarti 'nenek'.

Ini menunjukkan bahwa Siti Hawa merupakan 'nenek moyang' manusia yang diturunkan di Jeddah. Karena itulah mereka meyakini makam wanita pertama di bumi itu juga pasti berada di Jeddah.

Meski masih banyak diragukan, di Maqbarah Hawwa ada salah satu makam yang memiliki ukuran sangat panjang, yakni 5 meter. Para peziarah mempercayai ini sebagai makam Siti Hawa. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 42 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 47 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…