Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Kokohnya Masjid Air Tiris Kampar dan Cerita Saktinya

Zulfah Robbania

Jumat, 04 September 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, RIAU – Di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ada sebuah masjid ikonik yang penuh dengan cerita-cerita menarik. Masjid ini bernama Masjid Jami Air Tiris.

Sekilas masjid ini tampak sangat kontras dengan beragam bangunan modern di sekelilingnya. Karena konstruksinya masih berupa rumah panggung dengan dinding yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Masjid Air Tiris dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari kota Pekanbaru. Umumnya, pengunjung yang pertama kali melihatnya pasti langsung mengakui kesamaan atap masjid ini yang berbentuk limas bersusun tiga seperti Masjid Demak di Jawa Tengah.

Ada cerita menarik seputar pembangunan masjid ini. Konon, orang yang membangunnya memiliki ilmu sakti karena menggambarkan bentuk yang nyaris serupa dengan Masjid Demak ini dengan mata terpejam.

Sang pendiri yang disebut-sebut sakti itu bernama Datuk Ongku Mudo (OM) Songkal. Ia adalah seorang pemuda desa setempat yang pandai ilmu agama karena pernah mendalami Islam di Sumatera Barat.

Sejak didirikan lebih dari seabad lalu, Masjid Air Tiris masih terlihat kokoh hingga sekarang. Seluruh dinding dan tiang penyangga yang terbuat dari kayu masih gagah menopang bangunan seluas sekitar 30x30 meter itu. Ukiran bergambar bunga dan tanaman perpaduan khas Melayu dan Tiongkok masih apik menghiasi dinding-dinding masjid ini.

Masjid Air Tiris merupakan bentuk nyata budaya gotong-royong sesama umat muslim di Kampar. Pembangunan masjid ini dilakukan bersama-sama dengan melibatkan 24 kenagarian yang ada di sana.

Bukti dari gotong-royong tersebut pun tercermin dari tiang penopang masjid yang berjumlah 24 buah, yang mewakili 24 kenagarian. Seluruh ukiran yang ada di dinding masjid juga berjumlah 24 motif sebagai simbol 24 kenagarian yang ada.

Di samping keunikan filosofi pembangunannya, masjid ini juga menyimpan berbagai cerita menarik yang tak jarang berbalut mistis. Konon, pada masa penjajahan Belanda Masjid Air Tiris pernah beberapa kali coba dibakar. Namun upaya itu selalu gagal.

Cerita lainnya, masjid ini juga selalu selamat dari bencana banjir besar akibat meluapnya Sungai Kampar. Padahal rumah panggung di sekelilingnya sudah terendam.

Para peneliti pun pernah melakukan pengamatan dan memuji kehebatan para pendiri masjid ini. Mereka takjub dengan keahlian para pendiri Masjid Air Tiris lantaran bisa begitu presisi menentukan arah kiblat masjid ini yang sampai sekarang tak berubah sedikit pun. (bbs)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…