Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Kokohnya Masjid Air Tiris Kampar dan Cerita Saktinya

Zulfah Robbania

Jumat, 04 September 2015 - 17:30 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, RIAU – Di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ada sebuah masjid ikonik yang penuh dengan cerita-cerita menarik. Masjid ini bernama Masjid Jami Air Tiris.

Sekilas masjid ini tampak sangat kontras dengan beragam bangunan modern di sekelilingnya. Karena konstruksinya masih berupa rumah panggung dengan dinding yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Masjid Air Tiris dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari kota Pekanbaru. Umumnya, pengunjung yang pertama kali melihatnya pasti langsung mengakui kesamaan atap masjid ini yang berbentuk limas bersusun tiga seperti Masjid Demak di Jawa Tengah.

Ada cerita menarik seputar pembangunan masjid ini. Konon, orang yang membangunnya memiliki ilmu sakti karena menggambarkan bentuk yang nyaris serupa dengan Masjid Demak ini dengan mata terpejam.

Sang pendiri yang disebut-sebut sakti itu bernama Datuk Ongku Mudo (OM) Songkal. Ia adalah seorang pemuda desa setempat yang pandai ilmu agama karena pernah mendalami Islam di Sumatera Barat.

Sejak didirikan lebih dari seabad lalu, Masjid Air Tiris masih terlihat kokoh hingga sekarang. Seluruh dinding dan tiang penyangga yang terbuat dari kayu masih gagah menopang bangunan seluas sekitar 30x30 meter itu. Ukiran bergambar bunga dan tanaman perpaduan khas Melayu dan Tiongkok masih apik menghiasi dinding-dinding masjid ini.

Masjid Air Tiris merupakan bentuk nyata budaya gotong-royong sesama umat muslim di Kampar. Pembangunan masjid ini dilakukan bersama-sama dengan melibatkan 24 kenagarian yang ada di sana.

Bukti dari gotong-royong tersebut pun tercermin dari tiang penopang masjid yang berjumlah 24 buah, yang mewakili 24 kenagarian. Seluruh ukiran yang ada di dinding masjid juga berjumlah 24 motif sebagai simbol 24 kenagarian yang ada.

Di samping keunikan filosofi pembangunannya, masjid ini juga menyimpan berbagai cerita menarik yang tak jarang berbalut mistis. Konon, pada masa penjajahan Belanda Masjid Air Tiris pernah beberapa kali coba dibakar. Namun upaya itu selalu gagal.

Cerita lainnya, masjid ini juga selalu selamat dari bencana banjir besar akibat meluapnya Sungai Kampar. Padahal rumah panggung di sekelilingnya sudah terendam.

Para peneliti pun pernah melakukan pengamatan dan memuji kehebatan para pendiri masjid ini. Mereka takjub dengan keahlian para pendiri Masjid Air Tiris lantaran bisa begitu presisi menentukan arah kiblat masjid ini yang sampai sekarang tak berubah sedikit pun. (bbs)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 menit yang lalu

Ini Pemborosan dan Penyelewengan Anggaran

PENGAKUAN Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan bahwa dirinya dan pejabat Pemkab Cianjur lainnya termasuk bupati, menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Kapolres Minta Personel Jalankan Buddy System

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH mengimbau personelnya agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas dilapangan sebagai upaya antisipasi aksi teror.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Karyawan Perumdam Tirta Mukti Tingkatkan Ibadah

BULAN Ramadan menjadi momentum setiap orang untuk berlomba mendapatkan pahala di bulan suci itu. Tak terkecuali para karyawan di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cianjur.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Disdukcapil Minta Perbaikan Jaringan Dipercepat

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait adanya gangguan server dalam pembuatan KTP elektronik dalam tiga hari terakhir.

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Bisnis Line 10 jam yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 24 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?