Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Komitmen Polisi Sebagai Mitra Insan Pers

AKBP Asep Guntur Rahayu

Jumat, 04 September 2015 - 13:07 WIB

A A A

KOMITMEN menjalin hubungan kemitraan dengan insan Pers adalah penting. Tugas Kepolisian sebagai pengayom dan pelayan masyarakat juga seiring dengan motorik kerja insan Pers, sebagai pelayan kebutuhan informasi publik.

Tidak berlebihan bila saya menilai profesi wartawan yang benar merupakan profesi mulia, sehingga dalam menjalankan tugasnya tersebut, tidak boleh dilecehkan profesinya, apapun alasannya.

Media massa mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan salah satu fungsinya memberikan edukasi kepada masyarakat. Pihak Kepolisian tentu saja sangat terbantu, karena upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tadi, salah satunya adalah melalui pemberitaan pers.

Bisa dibayangkan kalau tidak ada media massa, bagaimana menyampakan pesan atau himbauan kepada masyarakat yang jumlahnya jutaan orang. Sehingga pers ikut membantu dalam menjembatani komunikasi melalui teks maupun gambar dari para pewarta.

Dengan memahami tugas dan peran pers itulah, kami pihak Kepolisian tentu saja akan memberi perlindungan. Dan bersedia memproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku, bila ada penekanan pada pers yang mengarah pada tindakan menyalahi hukum. Sekali lagi ini komitmen kemitraan.

Hal ini dimaksudkan untuk ikut menjaga optimalisasi jejaring informasi yang harus diterima publik secara utuh.

Saya menghimbau pada publik untuk tidak melecehkan, atau berlebihan menekan wartawan saat menjalankan tugas mulianya itu. Saya juga perlu disadari insan Pers sangat membantu masyarakat dalam menyerap informasi, hiburan dan pembelajaran. Namun begitu, tentu saja para insan pers tetap berjalan dengan "akhlaknya", yakni 'check and re-check' saat menjalankan tugasnya. (fl/bc.com)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.