Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Aksi Arogan Personel Pol PP Kabupaten Cianjur

Angga Purwanda

Kamis, 12 Oktober 2017 - 19:33 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

Pedagang:Harusnya Sopan, Ini Sepertinya Sambil Minum Miras

RATUSAN pemilik kios di ruas Jalan Raya Ciloto-Puncak marah. Kemarahan para pedagang itu dipicu aksi arogan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur saat melakukan penertiban ratusan kios di wilayah itu.

Penertiban ratusan kios yang berada di sepanjang ruas jalan nasional Cipanas- Puncak itu terjadi Rabu (11/10/2017). Padahal, sesuai jadwal yang ditentukan penertiban di lokasi itu seharusnya dilaksanakan, Kamis (12/10/2017) kemarin.

Ujang (40), salah seorang pedagang, mengatakan, aksi tak terpuji yang dilakukan oleh petugas penegak Peraturan Daerah (Perda) itu, ketika ratusan personel Satpol PP Kabupaten Cianjur secara tiba-tiba melakukan penertiban terhadap ratusan kios di ruas Jalan Raya Ciloto-Puncak.

Padahal, ujar Ujang, saat itu sejumlah pedagang sedang membongkar kios mereka dengan kesadaran sendiri. “Mereka langsung datang dengan gaya menantang kepada setiap pedagang. Padahal, jadwal pembongkaran kami seharusnya hari ini (kemarin, red),” kata Ujang saat ditemui wartawan, Kamis (12/102017).

Ujang menyebutkan, aksi arogan yang dilakukan personel Satpol PP lainya, yaitu mereka juga langsung melakukan pembongkaran tanpa meminta izin kepada pemilik kios. Sehingga sejumlah barang elektronik milik sejumlah pedagang mengalami rusak.

“Seharusnya mereka lebih sopan, karena kami juga sedang mencoba untuk membereskan kios yang kami tempati untuk berjualan tersebut. Tapi mereka dengan seenaknya langsung membongkar dengan menggunakan martil besar merobohkan tembok bangunan kios,” ucapnya.

Selain itu, Ujang juga menyayangkan, dengan adanya sejumlah personel Satpol PP Kabupaten Cianjur yang terindikasi meminum minuman keras (miras) saat menjalankan tugas penertiban. “Jelas ini sudah menyalahi atauran, kalau seperti itu mereka Satpol PP jelas-jelas ingin berperang dengan kami masyarakat,” katanya

Senada, Asep, pedagang lainnya, sangat kecewa dengan aksi yang dilakukan petugas penegak Perda itu. Dimana saat penertiban, anaknya yang berusia sekolah sempat menangis dan memohon agar kios milik orangtuanya itu tak dulu di robohkan.

Namun, sambung Asep, dengan tidak adanya rasa kemanusiaan, personil Satpol PP tetap melanjutkan pembongkaran.”Anak saya sampai nangis dan memohon ke petugas tersebut, tapi tak mereka hiraukan.Ini jelas, sudah tidak manusiawi,” kata Asep.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Cianjur, Pratama Nugraha, saat dimintai tanggapan terkait aksi arogan yang dilakukan personel Satpol PP Kabupaten Cianjur, menyebutkan akan berkoordinasi dengan Kepala Satpol PP Cianjur untuk segera dilakukan evaluasi terkait pelaksanaan penertiban itu. “Kami akan lakukan evaluasi terhadap seluruh peronel,” singkat Pratama, saat ditemui wartawan di Desa Ciloto, Kamis.

Terpisah, Kepala Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Tjutju Hidajat, menyebutkan sedikitnya ada 400 kios yang ada di wilayah desanya. “Kami akan tetap memfasilitsi pedagang yang memang semuanya merupakan warga kami,” ucap Tjutju.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.