Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Proyek Jalan Sebabkan Kemacetan Parah

Angga Purwanda

Kamis, 12 Oktober 2017 - 21:18 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

PROYEK pembangunan gorong-gorong di simpang empat Jalan Dr Muwardi (Hypermart, red) menyebabkan kemacetan parah di ruas jalan itu dari pagi hingga sore, Kamis (12/10/2017).
Jalan yang semula dua arah tepat di jalan yang dibangun gorong-gorong sempat diberlakukan sistem buka tutup jalan, akibatnya kepadatan pun mengekor dan berimbas ke empat jalan yang bertemu di bundaran itu.

Pantauan Berita Cianjur, di ruas JalanDr Muwardi (Bypas) kepadatan mencapai sekitar satu kilometer hingga pertigaan Jalan Sayang rumah sakit, di Jalan Ir H Djuanda juga sama karena di ruas jalan itu terdapat Pasar Kamis. Begitu juga di Jalan KH Abdulah Bin Nuh yang mencapai kawasan BLK.

Dari arah Cipanas Puncak pun demikian, kepadatan mengekor hingga kawasan Panembong. Sejumlah alat berat terlihat beroperasi di sekitar Jalan Dr Muwardi. Menjelang sore kepadatan mulai terurai.
Nandang Kurnaedi (30), seorang pengguna jalan, mengaku harus menempuh waktu sekitar satu jam perjalan,dari kantornya di seputaran BLK ke rumahnya di Bypas. "Lumayan panjang macetnya, pengendara motor pun harus antre karena melewati kawasan Jalan Dr Muwardi yang sempat dibuka tutup," kata Nandang, kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Senada, Hendi, pengguna jalan lainnya, mengungkapkan, seharusnya pihak pelaksana proyek maupun Pemkab Cianjur dapat terlebih dahulu melakukan sosialisasi atau koordinasi dengan Satlantas Cianjur untuk mengatasi kemacetan yang diakibatkan pekerjaan proyek.

“Jangan asal mengerjakaan proyek saja, tapi merugikan warga lain dengan menimbulkan kemacetan yang sangat parah di ruas jalan tersebut. Selain itu, untuk material proyek juga seharusnya ditempat tidak di badan jalan,” ungkap Hendi.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan, sejak pekan ini proses pembangunan sudah mulai dilakukan, namun masih perlu ada persiapan yang dilakukan, terutama terkait arus lalulintas.

"Kalau pengerjaan sebenarnya sejak awal pekan ini harus sudah dimulai, tapi kami upayakan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama urusan lalulintas, supaya ketika pengerjaan tidak ada hambatan," katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bundaran yang sedang dikerjakan saat ini memiliki diameter 30 meter, sementara jalannya disesuaikan dengan ukuran tersebut. Selain bundaran, bagian penyangga jalan juga akan diberlebar untuk menyesuaikan pembangunan bundaran.

"Kalau sebelumnya diameter tengah itu sesuai dengan diameter tugu, nanti disediakan tengahnya 30 meter. Tapi pembangunan taman dan tugunya oleh instansi lain," kata dia.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.