Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Proyek Jalan Sebabkan Kemacetan Parah

Angga Purwanda

Kamis, 12 Oktober 2017 - 21:18 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

PROYEK pembangunan gorong-gorong di simpang empat Jalan Dr Muwardi (Hypermart, red) menyebabkan kemacetan parah di ruas jalan itu dari pagi hingga sore, Kamis (12/10/2017).
Jalan yang semula dua arah tepat di jalan yang dibangun gorong-gorong sempat diberlakukan sistem buka tutup jalan, akibatnya kepadatan pun mengekor dan berimbas ke empat jalan yang bertemu di bundaran itu.

Pantauan Berita Cianjur, di ruas JalanDr Muwardi (Bypas) kepadatan mencapai sekitar satu kilometer hingga pertigaan Jalan Sayang rumah sakit, di Jalan Ir H Djuanda juga sama karena di ruas jalan itu terdapat Pasar Kamis. Begitu juga di Jalan KH Abdulah Bin Nuh yang mencapai kawasan BLK.

Dari arah Cipanas Puncak pun demikian, kepadatan mengekor hingga kawasan Panembong. Sejumlah alat berat terlihat beroperasi di sekitar Jalan Dr Muwardi. Menjelang sore kepadatan mulai terurai.
Nandang Kurnaedi (30), seorang pengguna jalan, mengaku harus menempuh waktu sekitar satu jam perjalan,dari kantornya di seputaran BLK ke rumahnya di Bypas. "Lumayan panjang macetnya, pengendara motor pun harus antre karena melewati kawasan Jalan Dr Muwardi yang sempat dibuka tutup," kata Nandang, kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Senada, Hendi, pengguna jalan lainnya, mengungkapkan, seharusnya pihak pelaksana proyek maupun Pemkab Cianjur dapat terlebih dahulu melakukan sosialisasi atau koordinasi dengan Satlantas Cianjur untuk mengatasi kemacetan yang diakibatkan pekerjaan proyek.

“Jangan asal mengerjakaan proyek saja, tapi merugikan warga lain dengan menimbulkan kemacetan yang sangat parah di ruas jalan tersebut. Selain itu, untuk material proyek juga seharusnya ditempat tidak di badan jalan,” ungkap Hendi.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan, sejak pekan ini proses pembangunan sudah mulai dilakukan, namun masih perlu ada persiapan yang dilakukan, terutama terkait arus lalulintas.

"Kalau pengerjaan sebenarnya sejak awal pekan ini harus sudah dimulai, tapi kami upayakan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama urusan lalulintas, supaya ketika pengerjaan tidak ada hambatan," katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bundaran yang sedang dikerjakan saat ini memiliki diameter 30 meter, sementara jalannya disesuaikan dengan ukuran tersebut. Selain bundaran, bagian penyangga jalan juga akan diberlebar untuk menyesuaikan pembangunan bundaran.

"Kalau sebelumnya diameter tengah itu sesuai dengan diameter tugu, nanti disediakan tengahnya 30 meter. Tapi pembangunan taman dan tugunya oleh instansi lain," kata dia.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.