Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Proyek Jalan Sebabkan Kemacetan Parah

Angga Purwanda

Kamis, 12 Oktober 2017 - 21:18 WIB

Angga purwanda
Angga purwanda
A A A

PROYEK pembangunan gorong-gorong di simpang empat Jalan Dr Muwardi (Hypermart, red) menyebabkan kemacetan parah di ruas jalan itu dari pagi hingga sore, Kamis (12/10/2017).
Jalan yang semula dua arah tepat di jalan yang dibangun gorong-gorong sempat diberlakukan sistem buka tutup jalan, akibatnya kepadatan pun mengekor dan berimbas ke empat jalan yang bertemu di bundaran itu.

Pantauan Berita Cianjur, di ruas JalanDr Muwardi (Bypas) kepadatan mencapai sekitar satu kilometer hingga pertigaan Jalan Sayang rumah sakit, di Jalan Ir H Djuanda juga sama karena di ruas jalan itu terdapat Pasar Kamis. Begitu juga di Jalan KH Abdulah Bin Nuh yang mencapai kawasan BLK.

Dari arah Cipanas Puncak pun demikian, kepadatan mengekor hingga kawasan Panembong. Sejumlah alat berat terlihat beroperasi di sekitar Jalan Dr Muwardi. Menjelang sore kepadatan mulai terurai.
Nandang Kurnaedi (30), seorang pengguna jalan, mengaku harus menempuh waktu sekitar satu jam perjalan,dari kantornya di seputaran BLK ke rumahnya di Bypas. "Lumayan panjang macetnya, pengendara motor pun harus antre karena melewati kawasan Jalan Dr Muwardi yang sempat dibuka tutup," kata Nandang, kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Senada, Hendi, pengguna jalan lainnya, mengungkapkan, seharusnya pihak pelaksana proyek maupun Pemkab Cianjur dapat terlebih dahulu melakukan sosialisasi atau koordinasi dengan Satlantas Cianjur untuk mengatasi kemacetan yang diakibatkan pekerjaan proyek.

“Jangan asal mengerjakaan proyek saja, tapi merugikan warga lain dengan menimbulkan kemacetan yang sangat parah di ruas jalan tersebut. Selain itu, untuk material proyek juga seharusnya ditempat tidak di badan jalan,” ungkap Hendi.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan, sejak pekan ini proses pembangunan sudah mulai dilakukan, namun masih perlu ada persiapan yang dilakukan, terutama terkait arus lalulintas.

"Kalau pengerjaan sebenarnya sejak awal pekan ini harus sudah dimulai, tapi kami upayakan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama urusan lalulintas, supaya ketika pengerjaan tidak ada hambatan," katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bundaran yang sedang dikerjakan saat ini memiliki diameter 30 meter, sementara jalannya disesuaikan dengan ukuran tersebut. Selain bundaran, bagian penyangga jalan juga akan diberlebar untuk menyesuaikan pembangunan bundaran.

"Kalau sebelumnya diameter tengah itu sesuai dengan diameter tugu, nanti disediakan tengahnya 30 meter. Tapi pembangunan taman dan tugunya oleh instansi lain," kata dia.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…