Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Waipi Bojongpicung Mulai Digemari Kalangan Menengah

Apip Samlawi

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:14 WIB

foto/apip samlawi
foto/apip samlawi
A A A

Di abad modern sekarang ini, pagelaran kesenian tadisional wayang golek cendrung hampir ditinggalkan pengemmarnya, bisa jadi alasannya karena dianggap kuno, kalah bersaing dengan seni dan budaya barat yang jauh lebih kekinian.

Menyikapi hal tersebut, para seniman dan seniawati Sunda di Kecamatan Bojongpicung, tak lantas patah arang. Mereka justru terus berupaya melestarikan seni budaya sunda  selaku warisan dari nenek moyang.

Eden Romansah salahsatunya. Seniman yang dikenal seorang ahli seni sunda, meracik dan mengemas seni wayang golek itu kini tengah menggarap sebuah pertunjukan wayang golek modern, dikenal dengan Wayang Golek in Kacapi (Waipi).

"Awalya sih hanya diminati kalangan masyarakat Kecamatan Bojongpicung saja. Tapi alhamdulillah, seiring waktu, mulai mendapat perhatian dari yang lainnya juga, salah satunya kalangan perbankan,"kata Eden kepada Berita Cianjur, beberapa waktu lalu.

Eden merasa bersyukur, karena pertunjukan wayang golek besutannya itu saat ini sudah mampu diterima masyarakat kalangan menengah.

"Semoga kedepannya bisa diterima masyarakat luas, bahkan menembus kalangan Nasional,"ucap Eden dengan optimisnya.

Perkembangan Waipi rupanya tak lepas dari pantauan salah seorang tokoh Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan. Tokoh yang selaku mengenakan iket kepala ini mengaku merasa bangga, karena ada seorang putra daerah yang sudah mampu membuat sebuah kreasi baru pertunjukan kesenian tradisional wayang golek.

"Yang penting tidak merusak pakem wayang golek itu sendiri,"ujarnya.

Menurutnya, Waipi merupakan hasil inovasi dan kreatifitas yang unik dan simple. Gamelan yang digunakan hanya beberapa saja, seperti kacapi, kendang, goong, biola dan saron yang dimainkan 7 orang dan satu orang dalang,

"Itu sangat sederhana sekali, tapi tidak terlepas dari pakem kesenian wayang golek lainnya,"imbuhnya.

Pihaknya sangat berharap, Waipi Bojongpicung mampu menggebrak kalangan masyarakat generasi muda, sehingga bisa bersama sama melestarikan keberadaan wayang golek sebagai warisan nenek moyang.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…