Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Waipi Bojongpicung Mulai Digemari Kalangan Menengah

Apip Samlawi

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:14 WIB

foto/apip samlawi
foto/apip samlawi
A A A

Di abad modern sekarang ini, pagelaran kesenian tadisional wayang golek cendrung hampir ditinggalkan pengemmarnya, bisa jadi alasannya karena dianggap kuno, kalah bersaing dengan seni dan budaya barat yang jauh lebih kekinian.

Menyikapi hal tersebut, para seniman dan seniawati Sunda di Kecamatan Bojongpicung, tak lantas patah arang. Mereka justru terus berupaya melestarikan seni budaya sunda  selaku warisan dari nenek moyang.

Eden Romansah salahsatunya. Seniman yang dikenal seorang ahli seni sunda, meracik dan mengemas seni wayang golek itu kini tengah menggarap sebuah pertunjukan wayang golek modern, dikenal dengan Wayang Golek in Kacapi (Waipi).

"Awalya sih hanya diminati kalangan masyarakat Kecamatan Bojongpicung saja. Tapi alhamdulillah, seiring waktu, mulai mendapat perhatian dari yang lainnya juga, salah satunya kalangan perbankan,"kata Eden kepada Berita Cianjur, beberapa waktu lalu.

Eden merasa bersyukur, karena pertunjukan wayang golek besutannya itu saat ini sudah mampu diterima masyarakat kalangan menengah.

"Semoga kedepannya bisa diterima masyarakat luas, bahkan menembus kalangan Nasional,"ucap Eden dengan optimisnya.

Perkembangan Waipi rupanya tak lepas dari pantauan salah seorang tokoh Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan. Tokoh yang selaku mengenakan iket kepala ini mengaku merasa bangga, karena ada seorang putra daerah yang sudah mampu membuat sebuah kreasi baru pertunjukan kesenian tradisional wayang golek.

"Yang penting tidak merusak pakem wayang golek itu sendiri,"ujarnya.

Menurutnya, Waipi merupakan hasil inovasi dan kreatifitas yang unik dan simple. Gamelan yang digunakan hanya beberapa saja, seperti kacapi, kendang, goong, biola dan saron yang dimainkan 7 orang dan satu orang dalang,

"Itu sangat sederhana sekali, tapi tidak terlepas dari pakem kesenian wayang golek lainnya,"imbuhnya.

Pihaknya sangat berharap, Waipi Bojongpicung mampu menggebrak kalangan masyarakat generasi muda, sehingga bisa bersama sama melestarikan keberadaan wayang golek sebagai warisan nenek moyang.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 13 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 11 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…

Cianjur Euy 24/05/2018 06:01 WIB

Impian Warga Pasirtarisi Miliki Masjid Permanen Terwujud

RASA senang dan gembira terpancar dari masyarakat Kampung Pasirtarisi, Desa Malati, Kecamatan Naringgul. Sebab, mimpi mereka untuk memiliki masjid permanen menjadi kenyataan.