Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Waipi Bojongpicung Mulai Digemari Kalangan Menengah

Apip Samlawi

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:14 WIB

foto/apip samlawi
foto/apip samlawi
A A A

Di abad modern sekarang ini, pagelaran kesenian tadisional wayang golek cendrung hampir ditinggalkan pengemmarnya, bisa jadi alasannya karena dianggap kuno, kalah bersaing dengan seni dan budaya barat yang jauh lebih kekinian.

Menyikapi hal tersebut, para seniman dan seniawati Sunda di Kecamatan Bojongpicung, tak lantas patah arang. Mereka justru terus berupaya melestarikan seni budaya sunda  selaku warisan dari nenek moyang.

Eden Romansah salahsatunya. Seniman yang dikenal seorang ahli seni sunda, meracik dan mengemas seni wayang golek itu kini tengah menggarap sebuah pertunjukan wayang golek modern, dikenal dengan Wayang Golek in Kacapi (Waipi).

"Awalya sih hanya diminati kalangan masyarakat Kecamatan Bojongpicung saja. Tapi alhamdulillah, seiring waktu, mulai mendapat perhatian dari yang lainnya juga, salah satunya kalangan perbankan,"kata Eden kepada Berita Cianjur, beberapa waktu lalu.

Eden merasa bersyukur, karena pertunjukan wayang golek besutannya itu saat ini sudah mampu diterima masyarakat kalangan menengah.

"Semoga kedepannya bisa diterima masyarakat luas, bahkan menembus kalangan Nasional,"ucap Eden dengan optimisnya.

Perkembangan Waipi rupanya tak lepas dari pantauan salah seorang tokoh Budayawan Cianjur, Abah Ruskawan. Tokoh yang selaku mengenakan iket kepala ini mengaku merasa bangga, karena ada seorang putra daerah yang sudah mampu membuat sebuah kreasi baru pertunjukan kesenian tradisional wayang golek.

"Yang penting tidak merusak pakem wayang golek itu sendiri,"ujarnya.

Menurutnya, Waipi merupakan hasil inovasi dan kreatifitas yang unik dan simple. Gamelan yang digunakan hanya beberapa saja, seperti kacapi, kendang, goong, biola dan saron yang dimainkan 7 orang dan satu orang dalang,

"Itu sangat sederhana sekali, tapi tidak terlepas dari pakem kesenian wayang golek lainnya,"imbuhnya.

Pihaknya sangat berharap, Waipi Bojongpicung mampu menggebrak kalangan masyarakat generasi muda, sehingga bisa bersama sama melestarikan keberadaan wayang golek sebagai warisan nenek moyang.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…

Cianjur Euy 19/02/2018 21:10 WIB

Jalur Puncak Terisolasi, Perekonomian Masyarakat Turun 70 Persen

TINGKAT perekonomian di kawasan Jalur Puncak-Bogor turun hingga 70 persen, sejak jalur itu ditutup. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Asep…

Cianjur Euy 19/02/2018 17:14 WIB

Personel Polres Cianjur Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala

RATUSAN personel Polres Cianjur mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar Biddokkes Polda Jawa Barat, di Aula Primkopol, Mapolres Cianjur, Senin (19/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.