Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ekspatriat Makin Serbu Cianjur

Angga Purwanda

Sabtu, 05 September 2015 - 07:19 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertras) Kabupaten Cianjur mencatat saat ini ada 30 orang tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Kab. Cianjur.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Sumitra, mengatakan, puluhan tenaga kerja asing tersebut tersebar di sejumlah perusahaan yang beroperasi di Cianjur. "Kita hanya sebatas menerima laporan jumlah tenaga kerja asing, dan untuk dokumennya wewenang pemerintah pusat," kata Sumitra, kepada "BC", Jumat (4/9).

Dijelaskan Sumitra, jumlah tenaga kerja asing diprediksi jumlahnya akan mengalami peningkatan dengan beroperasinya sejumlah pabrik yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

"Kita tetap melakukan pengawasan, namun untuk wewenang penindakan jika ditemukan adanya pelanggaran ini merupakan tugas imigrasi," jelasnya.

Kapolres Cianjur AKBP, Asep Guntur Rahayu, menuturkan, terkait dengan pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) yang ada di Cianjur, pihaknya hanya berfungsi pengawasan terbatas yang bekerjasama dengan pihak imigrasi terkait dengan pendataan identitas orang asing.

Namun, kata kapolres, apabila orang asing tersebut menjadi pelaku atau korban dari tindak pidana, maka kepolisian berwenang untuk menanganinya. "Kewenagan pengawasan lalu lintas orang asing berada di bawah satuan fungsi Intelijen bidang pengawasan orang asing (POA)," ujarnya. (gap)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 57 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 1 jam yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:05 WIB

‘Maling’ Kembalikan Barang Curiannya, Tetap Dihukum?

DUGAAN tindak pidana kegiatan pengadaan barang dan jasa fiktif di RSUD Sayang Cianjur, masih terus diselidiki Sat Reskrim Polres Cianjur.

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.