Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Lowongan Dokter di Kabupaten Cianjur Minim Peminat

Angga Purwanda

Selasa, 24 Oktober 2017 - 21:53 WIB

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
A A A

SEBANYAK 11 kuota dokter PTT Daerah yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) minim peminat. Dari jumlah itu, hanya delapan calon yang mendaftar.

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/10/2017).

Tresna mengungkapkan, program perekrutan itu merupakan upaya untuk pemenuhan kebutuhan tenaga dokter di Kabupaten Cianjur. Kondisi geografis dan penempatan wilayah kerja yang jauh menjadi penyebab minimnya peminat.

“Memang banyak yang datang, tapi batal daftar setelah tahu kondisi geografisnya. Cukup disayangkan juga. Kami harapbanyak yang mendaftar. Mereka pun didorong bertugas secara profesional untuk tingkatkan indeks kesehatan masyarakat Kabupaten Cianjur,” ungkap orang nomor satu di Dinkes Cianjur itu.

Menurutnya, pihaknya sudah berupaya berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menempatkan dokter, khususnya dokter spesialis anak dan penyakit dalam. "Rencananya di RSUD Pagelaran tahun ini bakal dapat dua dokter spesialis, itupun masih belum cukup," kata dia.

Tresna menjelaskan, rencanya rekrutmen tersebut bakal dilaksanakan tahun depan dengan mempersiapkan anggarannya, tetapi pendaftaran mulai dilakukan akhir tahun ini.

“Jumlah dokter di Cianjur memang sangat terbatas, untuk di puskesmas dokter umum masih kurang 10 orang dan dokter gigi sebanyak 24 orang,” jelasnya.

Sementaraitu, dari data yang pernah diperoleh, di RSUD Pagelaran baru ada 16 dokter umum dan enam dokter spesialis yang meliputi spesialis anak, kebidanan, radiologi, saraf, dan lainnya. Meski jumlah itu dinilai sudah sesuai standar untuk RSUD yang terakreditasi D. Tapi jumlah dokter‎ dirasa perlu ditambah.

RSUD Cianjur saat ini masih kekurangan 19 dokter spesialis. Saat ini jumlah dokter spesialis di RSUD Cianjur sebanyak 30 orang. Namun idealnya dengan kondisi sekarang dan rencana peningkatan akreditasi, dokter spesialis harus mencapai 49 orang. "Kalau ikut standar jumlah dokter di setiap layanan memang kurang, baik itu puskesmas ataupun rumah sakit," pungkas Tresna.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…