Senin, 16 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Untuk Kepemilikan Rumah, Peruri MoU dengan BTN & BPJS

Rizky

Selasa, 24 Oktober 2017 - 22:37 WIB

rizky
rizky
A A A

PERUSAHAAN Umum Percetakan Uang Negara Republik Indonesia (Perum Peruri) bersama dengan PT Bank Tabungan Negara (Tbk) dan BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (24/10/2017) menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Utama Peruri Prasetio, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dan Direktur Utama Bank BTN Maryono di Balai Subono Mantofani Peruri, Jakarta.

Nota kesepahaman tersebut adalah kerjasama terkait pemberian kemudahan fasilitas kredit kepemilikan rumah bagi karyawan Peruri melalui Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan.

“Penandatanganan MoU ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan Lembaga Negara. Harapannya melalui sinergi ini dapat tercipta kerja sama yang saling menguntungkan seluruh pihak guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Direktur Utama Peruri Prasetio melalui rilis elektronik yang diterima Berita Media Group.

Adapun mekanisme pembiayaan MLT melalui 3 skema, yaitu penyaluran kredit langsung melalui perbankan, investasi pada Efek yang diterbitkan emiten properti dan perumahan, dan yang terakhir melalui instrumen pasar modal terkait properti dan perumahan.

BPJS Ketenagakerjaan akan menyediakan produk atau fasilitas pembiayaan untuk rumah subsidi melalui Bank BTN dengan harga maksimal Rp 141 juta dan non subsidi maksimal Rp 500 juta untuk karyawan Peruri.

Selain itu bagi pelaksana atau kontraktor yang membangun rumah subsidi dan non subsidi diberikan fasilitas kredit konstruksi dengan bunga pinjaman rendah.

“Ini merupakan inisiasi untuk menyediakan fasilitas perumahan dengan pinjaman lunak untuk bisa diakses karyawan perumahan yang layak dan terjangkau,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto.

Agus menambahkan, bagi karyawan Perum Peruri yang mengajukan fasilitas ini akan diberikan kemudahan dalam bentuk uang muka 1 persen dan bunga KPR sebesar 5 persen untuk rumah subsidi serta uang muka 5 persen dan Bunga KPR sebesar 3 persen di atas bunga referensi untuk rumah non subsidi.

Ada pun, pengembang yang akan melaksanakan proyek pembangunan perumahan karyawan ini adalah Anak Perusahaan Peruri yaitu PT Peruri Property (PePro).

Pihak Peruri akan menyediakan fasilitas perumahan bagi karyawan yang memenuhi persyaratan di atas lahan Yayasan Pegawai Perum Peruri Yapetrei seluas 2,3 hektar yang berlokasi di Karawang.

Sementara itu, menurut Direktur Utama Bank BTN Maryono kerjasama dengan Peruri dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk sinergi untuk menyukseskan program sejuta rumah yang diinisiasi oleh Pemerintah.

“Langkah Peruri ini bisa diikuti oleh BUMN lain yang memiliki lahan menganggur untuk dimanfaatkan menjadi pemukiman bagi karyawan, ini juga bentuk apresiasi perusahanaan kepada karyawannya,” pungkas Maryono.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…