Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Dihadiri 3.000 Mahasiswa, 800 Personel Polisi dan TNI Diterjunkan

Angga Purwanda

Rabu, 25 Oktober 2017 - 07:05 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

**Jambore Nasional Kebangsaan dan Wirausaha Digelar 4 Hari di Cibodas

SEKITAR 3.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Golf), Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Selasa (24/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017) mendatang. Mereka akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Kebangsaan dan Wirausaha

Pantauan Berita Cianjur, pada hari pertama pelaksanaan, Selasa (24/10/2017) kemarin, sejumlah rombongan mahasiswa perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia mulai berdatangan dan melakukan registrasi atau daftar ulang peserta.

Perwakilan mahasiswa dari Lampung, Azmi (28) mengaku senang dengan digelarnya kegiatan itu. Sebab, sambung dia, kegiatan yang kali pertama digelar itu dapat lebih memperat tali silaturahmi antar pemuda atau mahasiswa di Indonesia.

“Perjalanannya cukup melelahkan, kami langsung melakukan registrasi peserta dan selanjutnya mempersiapkan untuk mengikuti kegiatan pertama, Istigozah untuk negeri yang digelar panitia,” kata Azmi, disela-sela registrasi ulang, Selasa (24/10/2017).

Informasi yang dihimpun, Jamnas Kebangsaan dan Wirausaha yang bertajuk “Bersatu, Kreatif, Jayakan Indonesia” itu merupakan gagasan dari generasi muda untuk menjawab berbagai persoalan bangsa.

Rencananya perhelatan akbar itu akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, serta sejumlah tokoh penting akan menjadi pembicara baik dari jajaran pemerintah, negarawan, dan pengusaha negeri ini.

Di antaranya Oesman Sapta Odang (Ketua DPD RI), Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI), Tito Karnavian (Kapolri), Tjahjo Kumolo (Mendagri), dan Rini Soemarno (Menteri BUMN).

Kemudian Bahlil Lahadalia (Ketua BPP HIPMI), Yudi Latief (Ketua UKP Pancasila), Ignatius Jonan (Menteri ESDM), Imam Nahrawi (Menpora), Achmad Baiquni (Dirut BNI), Kartiko Wirjoatmodjo (Dirut Mandiri), George Hendrata (CEO Blibli.com), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), serta para tokoh Cipayung seperti Bursah Zarnubi, Muhammad Yamin, Theo L. Sambuaga, dan Azis Syamsuddin.

Sementara itu, ratusan personel gabungan dari Kepolisian dan TNI siap mengamankan kegiatan Jamnas Kebangsaan dan Wirausaha.

Untuk menyuskeskan kegiatan akbar yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu, Kepolisian Resor (Polres) Cianjur menggelar rapat lintas sektoral yang di Aula Mapolres Cianjur, Senin (23/10/2017).

Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman mengatakan, pihaknya akan menerjunkan sedikitnya 500 personel polisi, 300 personel TNI dari Yon Armed dan Raider, serta satuan setingkat kompi (SSK) dari Dalmas Brimob Polda Jawa Barat.

“Berbagai persiapan kami lakukan dan gelar, termasuk melakukan rapat lintas sektoral yang dihadiri unsur pemerintah, warga, TNI, Polri bersama untuk mengamankan kegiatan. Sedikitnya tiga ribuan mahasisiwa dari seluruh Indonesia akan hadir dalam kegiatan tersebut," ujar Arif kepada wartawan saat ditemui usai kegiatan, Senin (23/10/2017).

Kapolres mengatakan, kemungkinan acara akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri Tjahyo Kumolo. Namun mengenai kepastian pihaknya masih menunggu dari panitia pusat. "Segala kemungkinan kami persiapkan dari sisi pengamanan," katanya.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengaku pihaknya sudah membangun persiapan infrastruktur pendukung kegiatan jambore nasional tersebut. "Kami dari Pemda mempersiapkan infrastruktur pendukung kegiatan tersebut termasuk penyediaan kamar mandi," kata Herman.

Wabup juga mengimbau kepada petugas kebersihan untuk siaga dan menyiapkan alat berat untuk pengangkutan sampah di titik-titik kumpul sampah di zona jambore kebangsaan tersebut.

"Masalah sampah saya minta ada pembagian tugas agar setiap hari bisa diangkut. Termasuk pengadaan alat berat untuk mempercepat pengangkutan setiap harinya," kata Herman.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…