Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Mendagri Tjahjo Kumolo Buka Kegiatan Jamnas Kebangsaan

Angga Purwanda

Rabu, 25 Oktober 2017 - 20:23 WIB

foto/Angga purwanda
foto/Angga purwanda
A A A

*Masih Banyak Persoalan Bangsa Harus Segera Diselesaikan

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membuka kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Kebangsaan dan Wirausaha yang digagas Forum Cipayung Plus di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Rabu (25/10/2017).

Kegiatan yang kali pertama digelar bertajuk “Bersatu, Kreatif, Jayakan Indonesia” itu tak hanya bertujuan untuk meneguhkan wawasan kebangsaan, tetapi untuk menyamakan visi menggerakan pemuda dan mahasiswa untuk berwirausaha.

Dalam sambutannya, Tjahjo mengatakan, ada empat masalah utama yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, di antaranya radikalisme, penyalahgunaan narkoba, korupsi dan ketimpangan sosial.

Mahasiswa dan pemuda sebagai agen perubahan, jelas Tjahjo, memiliki peran penting dalam pemberantasan empat masalah tersebut. Sebagai perkumpulan organisasi mahasiswa dan pemuda yang sangat besar, Tjahjo yakin kelompok Cipayung dapat membantu pemerintah mengentaskan sejumlah persoalan itu.

“Masih banyak masalah sosial yang di hadapi bangsa Indonesia. Namun, saya yakin Forum Cipayung punya komitemen untuk dapat memperbarui kondisi bangsa ke arah yang lebih baik. Terutama persoalan ketimpangan sosial yang selama ini terus mencuat,” jelas Tjahjo, Rabu (25/10/2017).

Selain itu, Mendagri menuturkan, untuk masalah korupsi masih jadi perhatian seluruh pihak. Hal itu dapat terlihat, dari semakin seringnya para penegak hukum menangkap para pejabat yang terlibat korupsi.

“Ini harus mejadi perhatian semua pihak dengan bekerja secara bersama-sama. Tak hanya korupsi, masalah narkoba juga sangat memprihatinkan, tiap hari ada 60 anak bangsa mati sia-sia karena jadi korban narkoba,” tuturnya.

Tjahjo juga menekankan, bahwa ideologi Pancasila bagi bangsa Indonesia sudah final. Tidak ada tempat bagi individu atau kelompok yang hendak mengganti ideologi yang telah digagas para pendiri bangsa.

“Kami tak keberatan bila masyarakat ingin mendirikan perkumpulan atau organisasi. Namun, tidak boleh ada organisasi di Indonesia yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Sebab, NKRI sudah harga mati dan ini menjadi tanggungjawab semua pihak dan elemen untuk terus menjaganya,” tegasnya.

Sementra itu, Pendiri kelompok Cipayung, Akbar Tanjung, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Forum Cipayung Plus. Kegiatan tersebut dinilai sebagai gambaran kemajemukan dari para pemuda dan mahasiswa se-Indonesia.

"Pertemuan seperti ini sebenarnya sudah kita gagas sejak lama, sejak para pendiri Kelompok Cipayung masih hidup. Tapi cita-cita itu baru bisa dilaksanakan hari ini, dan ini harus menjadi momentum untuk membawa perubahan positif bagi bangsa" ujar Akbar.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.