Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Sampai Kapan Antrean Panjang Berakhir?

Wawan

Kamis, 26 Oktober 2017 - 07:03 WIB

foto:Wawan/BC
foto:Wawan/BC
A A A

**Belum Bisa Teratasi, Ini Janji Disdukcapil

ANTREAN ratusan warga Kabupaten Cianjur di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur masih terjadi.

Keluhan warga soal ribetnya mengurus dokumen kependudukan seperti e-KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan lain-lain, masih belum ada solusinya.

Wajar jika timbul keluhan. Pasalnya, jika pukul 03.00 hingga 05.00 orang-orang masih tidur nyenyak atau ada yang sudah bergegas untuk bekerja dan sekolah, berbeda dengan yang terjadi di Kantor Disdukcapil Cianjur. Pada jam tersebut, antrean panjang sudah terjadi hanya untuk mendapatkan tiket antrean.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Kepala Disdukcapil Cianjur, Moch. Ginanjar mengklaim, akan melakukan tiga hal utama, antara lain peningkatan pelayanan, penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga peningkatan sarana dan prasarana Kantor Disdukcapil.

“Seluruhnya telah disampaikan kepada Bupati Cianjur dan mendapatkan respon positif, sehingga diharapkan dalam waktu dekat hal itu dapat terealisasi,” ungkap Ginanjar saat dihubungi melalui nomor pribadinya.

Ginanjar menuturkan, peningkatan pelayanan terus dilaksanakan, proses pengerjaan dokumen kependudukan pun saat ini dipercepat hingga dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari. Bahkan untuk KK dan akta kelahiran dalam waktu satu hari pun dapat selesai.

“Hal itu dapat dilakukan dengan syarat dokumen persyaratannya lengkap. Apalagi saat ini untuk warga Cianjur Selatan sudah disediakan loket khusus, sehingga seluruh pengurusan dokumen kependudukan diusahakan dapat selesai dalam satu hari,” akunya.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, sambung dia, pihak kecamatan terus dilibatkan. Pelayanan Pencatatan Sipil pada tingkat kecamatan dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instansi Pelaksana dengan kewenangan menerbitkan Akta Pencatatan Sipil.

“Sehingga warga yang hendak mengurus dokumennya tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, cukup di kecamatan. Apalagi warga yang jarak rumahnya jauh dari kota, sebaiknya mengurusnya datang ke kantor kecamatan,” jelas Ginanjar.

Ditanya soal panjangnya antrean warga setiap hari di Kantor Disdukcapil, Ginanjar mengatakan, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Cianjur. Bahkan antrean di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta untuk percetakan E-KTP mencapai satu kilometer.

“Di berita saja antrean warga guna mencetak E-KTP hingga satu kilometer. Kalau tidak salah di stan pelayanan dan pencetakan e-KTP yang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, beberapa waktu lalu. Kalau tidak salah, stan itu dibuka atas kerjasama antara Disdukcapil DKI dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri,” kata Ginanjar.

Salah satu penyebab terjadinya antrean panjang di Cianjur, sambung Ginanjar, Masalah blanko E-KTP yang sebelumnya kosong menjadi ada, sehingga masyarakat serentak mendatangi Disdukcapil. Namun Ginanjar optimis dengan berbagai upaya yang dilakukan, seiring waktu jumlah warga yang mengantre akan berkurang.

“Jika perekaman e-KTP dan penyetakannya selesai, saya optimis jumlah warga yang mengantre akan berkurang,” sebunya.

Diwawancara terpisah, warga Desa/Kecamatan Ciranjang yang sedang mengantre, Jono Heryawan mengaku, sejak pukul 04.00 Wib dirinya datang ke Kantor Disdukcapil, guna mengurus KK kepindahannya dari Kota Cirebon.

“Sekarang sudah jam 11 siang, saya masih menunggu hasilnya. Informasi petugasnya hari ini untuk KK bisa selesai, tetapi kalau e-KTP masih menunggu dulu. Sementara hanya akan diberi Surat Keterangan dulu,” kata Jono.

Saat diminta tanggapannya tentang pelayanan Disdukcapil Kabupaten Cianjur dibandingkan dengan kota asal dirinya tinggal, menurut Jono, untuk kecepatan pelayanan masih lebih cepat di Kota Cirebon. Tapi kalau lebih baik, Jono memilih tidak berkomentar.

“Kalau dilihat dari kecepatan pelayanan, lebih cepat di Kota Cirebon, meski ada penumpukan antrean tetapi tidak terjadi setiap hari. Mungkin karena Kota Cirebon sarana dan prasarananya lebih mendukung dibandingkan Cianjur,” pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…