Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Sampai Kapan Antrean Panjang Berakhir?

Wawan

Kamis, 26 Oktober 2017 - 07:03 WIB

foto:Wawan/BC
foto:Wawan/BC
A A A

**Belum Bisa Teratasi, Ini Janji Disdukcapil

ANTREAN ratusan warga Kabupaten Cianjur di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur masih terjadi.

Keluhan warga soal ribetnya mengurus dokumen kependudukan seperti e-KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan lain-lain, masih belum ada solusinya.

Wajar jika timbul keluhan. Pasalnya, jika pukul 03.00 hingga 05.00 orang-orang masih tidur nyenyak atau ada yang sudah bergegas untuk bekerja dan sekolah, berbeda dengan yang terjadi di Kantor Disdukcapil Cianjur. Pada jam tersebut, antrean panjang sudah terjadi hanya untuk mendapatkan tiket antrean.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Kepala Disdukcapil Cianjur, Moch. Ginanjar mengklaim, akan melakukan tiga hal utama, antara lain peningkatan pelayanan, penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga peningkatan sarana dan prasarana Kantor Disdukcapil.

“Seluruhnya telah disampaikan kepada Bupati Cianjur dan mendapatkan respon positif, sehingga diharapkan dalam waktu dekat hal itu dapat terealisasi,” ungkap Ginanjar saat dihubungi melalui nomor pribadinya.

Ginanjar menuturkan, peningkatan pelayanan terus dilaksanakan, proses pengerjaan dokumen kependudukan pun saat ini dipercepat hingga dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari. Bahkan untuk KK dan akta kelahiran dalam waktu satu hari pun dapat selesai.

“Hal itu dapat dilakukan dengan syarat dokumen persyaratannya lengkap. Apalagi saat ini untuk warga Cianjur Selatan sudah disediakan loket khusus, sehingga seluruh pengurusan dokumen kependudukan diusahakan dapat selesai dalam satu hari,” akunya.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, sambung dia, pihak kecamatan terus dilibatkan. Pelayanan Pencatatan Sipil pada tingkat kecamatan dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instansi Pelaksana dengan kewenangan menerbitkan Akta Pencatatan Sipil.

“Sehingga warga yang hendak mengurus dokumennya tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, cukup di kecamatan. Apalagi warga yang jarak rumahnya jauh dari kota, sebaiknya mengurusnya datang ke kantor kecamatan,” jelas Ginanjar.

Ditanya soal panjangnya antrean warga setiap hari di Kantor Disdukcapil, Ginanjar mengatakan, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Cianjur. Bahkan antrean di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta untuk percetakan E-KTP mencapai satu kilometer.

“Di berita saja antrean warga guna mencetak E-KTP hingga satu kilometer. Kalau tidak salah di stan pelayanan dan pencetakan e-KTP yang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, beberapa waktu lalu. Kalau tidak salah, stan itu dibuka atas kerjasama antara Disdukcapil DKI dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri,” kata Ginanjar.

Salah satu penyebab terjadinya antrean panjang di Cianjur, sambung Ginanjar, Masalah blanko E-KTP yang sebelumnya kosong menjadi ada, sehingga masyarakat serentak mendatangi Disdukcapil. Namun Ginanjar optimis dengan berbagai upaya yang dilakukan, seiring waktu jumlah warga yang mengantre akan berkurang.

“Jika perekaman e-KTP dan penyetakannya selesai, saya optimis jumlah warga yang mengantre akan berkurang,” sebunya.

Diwawancara terpisah, warga Desa/Kecamatan Ciranjang yang sedang mengantre, Jono Heryawan mengaku, sejak pukul 04.00 Wib dirinya datang ke Kantor Disdukcapil, guna mengurus KK kepindahannya dari Kota Cirebon.

“Sekarang sudah jam 11 siang, saya masih menunggu hasilnya. Informasi petugasnya hari ini untuk KK bisa selesai, tetapi kalau e-KTP masih menunggu dulu. Sementara hanya akan diberi Surat Keterangan dulu,” kata Jono.

Saat diminta tanggapannya tentang pelayanan Disdukcapil Kabupaten Cianjur dibandingkan dengan kota asal dirinya tinggal, menurut Jono, untuk kecepatan pelayanan masih lebih cepat di Kota Cirebon. Tapi kalau lebih baik, Jono memilih tidak berkomentar.

“Kalau dilihat dari kecepatan pelayanan, lebih cepat di Kota Cirebon, meski ada penumpukan antrean tetapi tidak terjadi setiap hari. Mungkin karena Kota Cirebon sarana dan prasarananya lebih mendukung dibandingkan Cianjur,” pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.