Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Jokowi Batal Hadir, Aksi HMI Cianjur Ikut Batal

Wawan

Kamis, 26 Oktober 2017 - 07:05 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

AKSI tolak Jokowi yang bakal digelar Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Cianjur, batal digelar. Hal tersebut disebabkan Presiden Joko Widodo batal hadir dan digantikan Mendagri Tjahjo Kumolo, pada pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) Kebangsaan dan Wirausaha di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Golf), Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, kemarin.

Meski demikian, Kepala Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Cabang Cianjur, Fajrilah Samlawi menegaskan, pihaknya akan terus berupaya mengkritisi Pemerintahan Jokowi-JK yang dinilainya belum bisa menepati janji-janjinya.

Menurutnya, mahasiswa merupakan bagian dari pada perjuangan rakyat sebagai penyambung lidah rakyat. “Saat situasi ekonomi dan sosial semakin sulit, mahasiswa harus bersuara lantang mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat,” tegas Fajrilah kepada Berita Cianjur, Rabu (25/10/2017).

Ia mengungkapkan, 20 Oktober 2017 lalu, bertepatan dengan tiga tahun masa pemerintahan Jokowi-JK. Lagi-lagi mahasiswa turun ke jalan untuk meneriakkan aspirasinya berikut memberikan evaluasi terhadap kinerja Jokowi-JK.

Namun akhirnya mereka dibubarkan paksa oleh aparat sehingga menimbulkan korban, beberapa di antaranya mendapatkan perlakuan represif. Bahkan lebih parahnya lagi, sambung dia, mahasiswa pendemo dituduh telah melakukan tindak pidana.

“Padahal menyampaikan pendapat itu dilindungi oleh UUD 1945, tepatnya pasal 28E ayat (3). Sehingga apa maksudnya tudingan yang ditujukan kepada mahasiswa pendemo itu?” bebernya.

Berkaitan dengan kegiatan Jamnas Kebangsaan dan Wirausaha yang digelar sejak Selasa (24/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017) mendatang, menurutnya hal tersebut hanya penghamburan anggaran negara.

Bahaya narkoba, radikalisme dan terorisme yang sering disampaikan oleh Presiden Jokowi, sambung dia, memang betul harus menjadi perhatian. “Namun tidak kalah bahayanya lagi ketika janji-janji Sang Presiden tidak kunjung terrealisasi, karena akan mengancam integritas bangsa dan mencerminkan ketidakseriusan dalam mengemban amanah dari rakyat indonesia,” tutur Fajrilah.

Fajrilah menyebut, kegiatan tersebut sebagai suatu alasan dan upaya untuk mematikan gerakan-gerakan mahasiswa. Baik itu yang datang menghampiri dengan wajah represif maupun persuasif. Tetapi yang terpenting harus selalu waspada dan selalu menjaga nilai-nilai idealis mahasiswa, serta melahirkan gerakan murni menuju cita-cita bangsa yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

“Seharusnya penguasa lebih serius dalam menghadapi kondisi bangsa, dewasa ini yang kemudian diwujudkan dalam solusi konkrit, bukan hal-hal yang sifatnya seremonial. Pasalnya, ini bukan lagi saatnya kampanye politik untuk memperpanjang masa jabatan. Terkesan kegiatan itu hanya sebagai pengalihan isu yang lebih penting,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, HMI Cabang Cianjur menolak kehadiran Presiden Joko Widodo, yang dikabarkan akan menghadiri Jamnas Kebangsaan dan Wirausaha, di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Golf), Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Selasa (24/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017) mendatang.

“Dengan tegas kami menyatakan sikap menolak kedatangan Jokowi ke Cianjur pada acara Jamnas,“ tegas Kepala Bidang PTKP HMI Cabang Cianjur, Fajrilah Samlawi, di Sekretariat Ikatan Cendekiawan (ICMI) Cianjur, Selasa (24/10/2017).

Acara yang dipelopori Forum Cipayung plus 15 organisasi pemuda yang ada di Indonesia ini, merupakan even perdana. Menurut Fajrillah, acara tersebut hanya menghamburkan anggaran negara dan merupakan salah satu bentuk pembungkaman gerakan mahasiswa.

“Tidak perlu melaksanakan kegiatan besar semacam itu, biarkanlah mahasiswa lahir secara natural. Itu sudah menjadi keharusan bagi mahasiswa untuk membuat kajian tentang kebangsaan, tidak harus melaksanakan kegiatan seperti itu,” ujarnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.