Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ditreskrimum Gelar Perkara Pembunuhan SPG

Angga Purwanda

Kamis, 26 Oktober 2017 - 19:55 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

*Empat orang tersangka ditangkap, satu tersangka dihadiahi timah panas

Direktorat Reserse Kriminal Umum ( Ditreskrimum ) Polda Jabar melakukan gelar perkara kasus pencurian dengan kekerasan (curas) disertai pembunuhan yang menewaskan Herawati (21), seorang sales promotion girl (SPG) Lippo Mall Plaza Ekalokasari, Bogor, Kamis (26/10/2017) sore.

Hadir pada gelar perkara yang digelar di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas itu, Direktur Reserse Kriminal Umum  (Dirreskrimum) Polda Jawa Barat, Kombes Umar Surya Fana, Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky, Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Bimantoro Kurniawan, dan sejumlah perwira di lingkungan Polda Jabar.

Berdasarkan Informasi, pengungkapan kasus itu berawal dari ditemukannya sesosok mayat perempuan di Jalan Raya Kemang, Kampung Calobak, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (23/10/2017).

Dari penemuan mayat yang diduga korban pembunuhan itu, jajaran Satreskrim Polres Bogor langsung menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan melalui CCTV dan pengejaran terhadap tersangka. Tak butuh waktu lama bagi petugas untuk mengungkap kasus pembunuhan itu.

Dirreskrimum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana, menjelaskan, kejadian yang menewaskan korban itu, berawal dari perkenalan korban dengan salah seorang pelaku di media sosial facebook. Karena, kata Umar, para pelaku memang mencari target korbannya melalui media sosial.

“Modus yang digunakan pelaku berinisial BBP (24) berkenalan melalui Facebook dan sepakat untuk bertemu dengan korban. Setelah pada waktu yang dijanjikan, pelaku BB bersama dua pelaku lainnya, yaitu DDS (21), dan RA (20) menjemput korban di tempat kerjanya, lalu diajak untuk berkeliling,” jelas Umar, kepada wartwan.

Setelah korban diajak berkeliling, sambung Umar, ketiga pelaku langsung menjalankan aksinya dengan mengambil barang berharga milik korban. Namun, dari pengakuan para tersangka, saat itu korban melakukan perlawanan. Sehingga para tersa ngka nekat untuk menghabisi nyawa korban dengan cara dicekik.

“Dari hasil pengembangan petugas, para pelaku sudah menjalankan aksinya sebanyak tujuh kali di sejumlah lokasi berbeda. Bahkan, terungkap para pelaku sebelumnya sudah menyiapkan tali tas untuk mencekik korban,” ucapnya.

Untuk penangkapan para tersangka, kata Umar, berdasarkan CCTV yang berada di parkiran, dimana pada gambar itu korban dijemput menggunakan mobil Toyota Avansa bernomor polisi (nopol) B 2594 SKD.

Dari pengakuan pelaku kepada polisi, ungkap Umar, tercatat mereka melakukan aksi kriminalnya di wilayah Bogor, Jakarta, Tangerang, dan Depok. Perjalanan ketiga tersangka itu berhenti setelah polisi menangkapnya. Selain tiga pelaku, satu orang yang berperan sebagai penadah barang curian ikut diamankan berinisal DFR (33).

“Tersangka tega membunuh karena ingin menguasai barang dan uang milik korban. Dari empat orang tersangka,  satu orang tersangka, BB dihadiahi timah panas di bagian kaki karena melawan petugas,” ungkapnya.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan petugas, di antaranya satu unit mobil Avansa nopol B 2594 SKD, satu unit handphone merk OPPO, dan satu buah tas hitam berisi dompet dan KTP korban. “Para tersangka dijerat dengan pasal 365 ayat (4), 338 dan 340 KUHP diancam dengan pidana penjara paling lama 20 tahun sampai dengan seumur hidup,” pungkas Umar.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…