Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Ditreskrimum Gelar Perkara Pembunuhan SPG

Angga Purwanda

Kamis, 26 Oktober 2017 - 19:55 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

*Empat orang tersangka ditangkap, satu tersangka dihadiahi timah panas

Direktorat Reserse Kriminal Umum ( Ditreskrimum ) Polda Jabar melakukan gelar perkara kasus pencurian dengan kekerasan (curas) disertai pembunuhan yang menewaskan Herawati (21), seorang sales promotion girl (SPG) Lippo Mall Plaza Ekalokasari, Bogor, Kamis (26/10/2017) sore.

Hadir pada gelar perkara yang digelar di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas itu, Direktur Reserse Kriminal Umum  (Dirreskrimum) Polda Jawa Barat, Kombes Umar Surya Fana, Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky, Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Bimantoro Kurniawan, dan sejumlah perwira di lingkungan Polda Jabar.

Berdasarkan Informasi, pengungkapan kasus itu berawal dari ditemukannya sesosok mayat perempuan di Jalan Raya Kemang, Kampung Calobak, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (23/10/2017).

Dari penemuan mayat yang diduga korban pembunuhan itu, jajaran Satreskrim Polres Bogor langsung menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan melalui CCTV dan pengejaran terhadap tersangka. Tak butuh waktu lama bagi petugas untuk mengungkap kasus pembunuhan itu.

Dirreskrimum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana, menjelaskan, kejadian yang menewaskan korban itu, berawal dari perkenalan korban dengan salah seorang pelaku di media sosial facebook. Karena, kata Umar, para pelaku memang mencari target korbannya melalui media sosial.

“Modus yang digunakan pelaku berinisial BBP (24) berkenalan melalui Facebook dan sepakat untuk bertemu dengan korban. Setelah pada waktu yang dijanjikan, pelaku BB bersama dua pelaku lainnya, yaitu DDS (21), dan RA (20) menjemput korban di tempat kerjanya, lalu diajak untuk berkeliling,” jelas Umar, kepada wartwan.

Setelah korban diajak berkeliling, sambung Umar, ketiga pelaku langsung menjalankan aksinya dengan mengambil barang berharga milik korban. Namun, dari pengakuan para tersangka, saat itu korban melakukan perlawanan. Sehingga para tersa ngka nekat untuk menghabisi nyawa korban dengan cara dicekik.

“Dari hasil pengembangan petugas, para pelaku sudah menjalankan aksinya sebanyak tujuh kali di sejumlah lokasi berbeda. Bahkan, terungkap para pelaku sebelumnya sudah menyiapkan tali tas untuk mencekik korban,” ucapnya.

Untuk penangkapan para tersangka, kata Umar, berdasarkan CCTV yang berada di parkiran, dimana pada gambar itu korban dijemput menggunakan mobil Toyota Avansa bernomor polisi (nopol) B 2594 SKD.

Dari pengakuan pelaku kepada polisi, ungkap Umar, tercatat mereka melakukan aksi kriminalnya di wilayah Bogor, Jakarta, Tangerang, dan Depok. Perjalanan ketiga tersangka itu berhenti setelah polisi menangkapnya. Selain tiga pelaku, satu orang yang berperan sebagai penadah barang curian ikut diamankan berinisal DFR (33).

“Tersangka tega membunuh karena ingin menguasai barang dan uang milik korban. Dari empat orang tersangka,  satu orang tersangka, BB dihadiahi timah panas di bagian kaki karena melawan petugas,” ungkapnya.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan petugas, di antaranya satu unit mobil Avansa nopol B 2594 SKD, satu unit handphone merk OPPO, dan satu buah tas hitam berisi dompet dan KTP korban. “Para tersangka dijerat dengan pasal 365 ayat (4), 338 dan 340 KUHP diancam dengan pidana penjara paling lama 20 tahun sampai dengan seumur hidup,” pungkas Umar.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.