Sabtu, 18 Nopember 2017 - Pukul 06:01

Jabatan, Amanah atau Aman Ah?
Kang Anton

Jabatan, Amanah atau Aman Ah?

FAKTA atau sekelumit masalah yang pernah terangkum di Berita Cianjur, menjadi perhatian bahkan membuat bingung masyarakat Cianjur. Pemimpinnya ada, tapi masalahnya seolah…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Komitmen Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat

Oleh: bisri - Senin 30 Oktober 2017 | 22:22 WIB

Komitmen Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat

istimewa

SEKOLAH Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sukaresmi mewakili sekolah di Kabupaten Cianjur dalam lomba sekolah sehat tingkat provinsi Jawa Barat. Sekolah yang berada di kawasan wisata Cipanas itu berhasil menyingkirkan sekolah unggulan lainnya dalam lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Cianjur.

 

Kepala SMAN 1 Sukaresmi Jarwoto melalui pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Marbeti Anggraevi mengungkapkan, sejauh ini pihak sekolah telah melakukan banyak persiapan untuk mengikuti loma sekolah sehat tingkat Jawa Barat. 

 

"Kalau berbicara masalah persiapan ya biasa saja, kami mengadakan MoU (memorandum of understanding) dengan dinas terkait, membersihkan setiap tempat yang harus dibersihkan. Intinya keseharian yang biasa kami lakukan. Karena bagi kami bukan lombanya, tapi pembiasaan yang kami lakukan, baik itu siswa siswi maupun dewan gurunya," kata Marbeti saat dihubungi, Senin (30/10/2017).

 

Untuk keberadaan sarana dan prasarana sudah disiapkan setahun sebelumnya. Namun untuk tahun 2017 ini ada beberapa penambahan. Seperti WC dapat bantuan dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan 2 unit, tempat tidur dari Puskesmas 1 unit, tanaman hias dan toga dari kehutanan, biopori dari BLHD serta kotak obat dan obat-obatan dari Kesra Setda Cianjur.

 

"Kita sudah lengkapi sarana dan prasarananya, untuk WC ada 26 unit, tempat tidur ada 11 unit. Dengan jumlah tersebut hemat kami sudah ideal berdasarkan jumlah siswa kami yang mencapai 1100 orang," tegasnya.

 

Dengan demikian kata Marbeti dari segi sarana dan prasarana sudah sangat layak. Tinggal pembiasaan untuk selalu berprilaku hidup bersih dan sehat dibandingkan dengan ikut lomba. "Pembiasaan dan memperbanyak pendidikan kesehatan pada anak. Karena pelayanan kesehatan dan lingkungan kesehatan sudah mendukung," katanya.

 

Ada tiga hal yang dinilai dalam lomba sekolah sehat. Ketiga hal tersebut adalah trias UKS yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehatnya.

 

"Kami sudah melakukan semampu kami, masalah hasil itu kami serahkan pada tim penilai, walaupun kami tidak juara. Tapi kami sudah komitmen akan tetap berprilaku hidup bersih dan sehat. Seandainya kami juara itu adalah bonus bagi kami," pungkasnya. (*)

Komentar