Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Infrastruktur Buruk, Harga kebutuhan Masyarakat Tinggi

Angga Purwanda

Selasa, 31 Oktober 2017 - 22:31 WIB

ilustrasi
ilustrasi
A A A

BURUKNYA infrastruktur di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Takokak, berdampak pada melambungnya harga sejumlah kebutuhan pokok  masyarakat di wilayah itu.

Bahkan untuk mengurus surat menyurat ke kota kecamatan atau kabupaten, seorang warga harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk sekali jalan, termasuk untuk menjual hasil bumi ke kota.

Kepala Desa Neglasari, Nasihin saat dihubungi, mengatakan, seorang warga minimal harus mengantongi uang Rp 500 ribu hingga Rp1 juta, untuk sampai ke kota kabupaten guna mengurus surat menyurat seperti KTP, KK dan akte.

"Sejak puluhan tahun lalu, 50 kilometer jalan antar desa di wilayah kami ini, belum pernah tersentuh aspal. Kami sudah malas untuk mengajukan permohonan pembangunan jalan, 11 kilometer jalan yang sudah pengerasan saat ini sudah seperti kubangan," kata Nasihin.

Nasihin menjelaskan, selama ini, jalan antar desa dengan status milik kabupaten itu, telah beberapa kali diukur dinas terkait, namun hingga saat ini belum juga dibangun layaknya jalan di wilayah lain di Cianjur.

Akibat belum layaknya jalan tersebut, ungkap Nasihin, membuat harga kebutuhan pokok, barang bersubsidi dan material yang dibutuhkan warga melambung tinggi seperti harga semen yang melambung hingga ratusan ribu rupiah persak.

"Melambungnya harga tersebut karena biaya tarnsportasi yang mahal, sehingga ketika dikalkulasikan harga semen yang Rp65 ribu persak menjadi dua kalilipat, termasuk harga gas 3 kilogram yang normalnya Rp18-20 ribu melambung hingga Rp50 ribu pertabung," katanya.

Sehingga warga berharap dinas terkait di Pemkab Cianjur, segera membangun jalan yang tidak layak disebut jalan tersebut karena sejak puluhan tahun warga berharap memiliki jalan licin seperti di wilayah lain yang saat ini sudah dibetonisasi.

"Ribun kepala keluarga berharap dibangunnya jalan membuat harga kebutuhan normal dan harga jual hasil petanian dapat dirasakan warga tidak hanya habis untuk transportasi. Sehingga taraf ekonomi warga meningkat," katanya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…