Sabtu, 20 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Hasrullah : Masyarakat Diimbau tak Mudah Serahkan Paspor

Angga Purwanda

Kamis, 02 November 2017 - 20:46 WIB

Net
Net
A A A

Terkait Adanya Kasus Pengumpulan Paspor Bagi Eks TKW

MASYARAKAT  diminta agar tidak tergoda imbalan uang untuk menyerahkan paspor kepada pihak lain. Sebab, pemindahtanganan dokumen keimgrasian tersebut dikhawatirkan digunakan untuk tujuan yang tidak baik.

Hal itu, diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Hasrullah, kepada wartawan, Kamis (2/11/2017). Setelah, pihaknya mendapat informasi dari media terkait adanya pengumpulan paspor, bagi para mantan tenaga kerja wanita (TKW), yang dijanjikan mendapatkan insentif Rp 25 juta jika mereka mengumpulkan dokumen keimgrasian itu.

Hasrullah mengatakan, pihaknya hanya dapat mengimbau masyarakat dengan adanya kasus itu. ‘’ Saya baru mendapatkan informasi ini dari media massa dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur,” kata Hasrullah.

Imigrasi terang Hasrullah meminta masyarakat yang telah memiliki paspor atau dokumen keimigrasian supaya jangan dipindahtangankan kepada orang lain yang bukan haknya. Penyerahan dokumen itu, lanjut dia, khawatir disalahgunakan untuk tujuan negatif seperti mungkin saja pengiriman TKI ilegal ke luar negeri.

Menurut Hasrullah, imigrasi juga akan berkoordinasi dengan Disnakertrans Cianjur. Terutama untuk meneliti dengan cermat dalam hal pemberian rekomendasi pengiriman TKI ke luar negeri. Jangan sampai calon TKI tersebut menggunakan paspor yang bukan miliknya.

Namun terang Hasrullah, jika dokumen tersebut digunakan oleh bukan yang miliknya bisa diketahui ketika berada di bandara. Di tempat tersebut lanjut dia biasanya dilakukan pemeriksaan cukup ketat.
Dari data yang ada, jelas Hasrullah, jumlah warga Cianjur yang membuat paspor tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan warga di Kabupaten Sukabumi. Selain di Kantor Imigrasi Sukabumi, kata dia, warga Cianjur juga bisa membuat paspor di Imigrasi lainnya dengan melengkapi sejumlah persyaratan.

Saat ini, ungkap Hasrullah, Imigrasi tengah berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat terutama yang menyangkut masalah keimigrasian. Harapannya kata dia pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa terus meningkat kualitasnya.

Sebelumnya, nama raja Arab Saudi, Raja Salman, dicatut oleh pengumpul paspor di wilayah Cianjur. Para pemilik paspor yang rata-rata mantan TKW di Timur Tengah dijanjikan akan diberi insentif jika mengumpulkan paspor mereka oleh Raja Salman.

Hal tersebut terungkap saat Disnakertrans Kabupaten Cianjur mendapat laporan dari masyarakat perihal adanya pengumpulan paspor di beberapa wilayah kecamatan di Cianjur. "Modus pertama dengan mencatut nama raja Arab Saudi, lalu di wilayah lainnya mencatut petinggi di kementerian, saya menduga beberapa pelaku ini adalah orang yang sama," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Cianjur, Heri Suparjo, Selasa (31/10/2017).

Ia mengatakan beberapa kecamatan yang warganya diminta mengumpulkan paspor antara lain Cikalongkulon, Pagelaran, Sukaluyu, Cibeber, Warungkondang, dan terakhir wilayah Gekbrong. Pihaknya sudah melaporkan kepada pihak Imigrasi dan Kemenaker terkait adanya kegiatan pengumpulan yang diduga sudah berlangsung selama tiga bulan tersebut.

"Setelah kami konfirmasi ke pusat tak ada program itu, kami khawatir ada penyalahgunaan karena paspor bersifat pribadi dan mengandung privasi," katanya.

Dari keterangan, jumlah mantan TKW yang sudah mengumpulkan paspor diduga sudah mencapai ribuan. Untuk wilayah Gekbrong yang terbaru sudah terkumpul seribu paspor, untuk Cibeber 500 paspor, belum kecamatan yang lainnya.

Heri mengatakan pihaknya kemarin sudah dihubungi oleh Dirjen Kemenkumham yang mempertanyakan kabar adanya jual beli paspor di Cianjur. "Saya tegaskan bahwa itu tak ada sangkut pautnya dengan Disnaker," ujarnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:00 WIB

Soal Limbah RSUD, Wabup Bohong

TUDINGAN pihak RSUD Sayang Cianjur melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan pihak…

Cianjur Euy 18/01/2018 00:01 WIB

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:12 WIB

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:11 WIB

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…