Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Hasrullah : Masyarakat Diimbau tak Mudah Serahkan Paspor

Angga Purwanda

Kamis, 02 November 2017 - 20:46 WIB

Net
Net
A A A

Terkait Adanya Kasus Pengumpulan Paspor Bagi Eks TKW

MASYARAKAT  diminta agar tidak tergoda imbalan uang untuk menyerahkan paspor kepada pihak lain. Sebab, pemindahtanganan dokumen keimgrasian tersebut dikhawatirkan digunakan untuk tujuan yang tidak baik.

Hal itu, diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Hasrullah, kepada wartawan, Kamis (2/11/2017). Setelah, pihaknya mendapat informasi dari media terkait adanya pengumpulan paspor, bagi para mantan tenaga kerja wanita (TKW), yang dijanjikan mendapatkan insentif Rp 25 juta jika mereka mengumpulkan dokumen keimgrasian itu.

Hasrullah mengatakan, pihaknya hanya dapat mengimbau masyarakat dengan adanya kasus itu. ‘’ Saya baru mendapatkan informasi ini dari media massa dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur,” kata Hasrullah.

Imigrasi terang Hasrullah meminta masyarakat yang telah memiliki paspor atau dokumen keimigrasian supaya jangan dipindahtangankan kepada orang lain yang bukan haknya. Penyerahan dokumen itu, lanjut dia, khawatir disalahgunakan untuk tujuan negatif seperti mungkin saja pengiriman TKI ilegal ke luar negeri.

Menurut Hasrullah, imigrasi juga akan berkoordinasi dengan Disnakertrans Cianjur. Terutama untuk meneliti dengan cermat dalam hal pemberian rekomendasi pengiriman TKI ke luar negeri. Jangan sampai calon TKI tersebut menggunakan paspor yang bukan miliknya.

Namun terang Hasrullah, jika dokumen tersebut digunakan oleh bukan yang miliknya bisa diketahui ketika berada di bandara. Di tempat tersebut lanjut dia biasanya dilakukan pemeriksaan cukup ketat.
Dari data yang ada, jelas Hasrullah, jumlah warga Cianjur yang membuat paspor tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan warga di Kabupaten Sukabumi. Selain di Kantor Imigrasi Sukabumi, kata dia, warga Cianjur juga bisa membuat paspor di Imigrasi lainnya dengan melengkapi sejumlah persyaratan.

Saat ini, ungkap Hasrullah, Imigrasi tengah berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat terutama yang menyangkut masalah keimigrasian. Harapannya kata dia pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa terus meningkat kualitasnya.

Sebelumnya, nama raja Arab Saudi, Raja Salman, dicatut oleh pengumpul paspor di wilayah Cianjur. Para pemilik paspor yang rata-rata mantan TKW di Timur Tengah dijanjikan akan diberi insentif jika mengumpulkan paspor mereka oleh Raja Salman.

Hal tersebut terungkap saat Disnakertrans Kabupaten Cianjur mendapat laporan dari masyarakat perihal adanya pengumpulan paspor di beberapa wilayah kecamatan di Cianjur. "Modus pertama dengan mencatut nama raja Arab Saudi, lalu di wilayah lainnya mencatut petinggi di kementerian, saya menduga beberapa pelaku ini adalah orang yang sama," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Cianjur, Heri Suparjo, Selasa (31/10/2017).

Ia mengatakan beberapa kecamatan yang warganya diminta mengumpulkan paspor antara lain Cikalongkulon, Pagelaran, Sukaluyu, Cibeber, Warungkondang, dan terakhir wilayah Gekbrong. Pihaknya sudah melaporkan kepada pihak Imigrasi dan Kemenaker terkait adanya kegiatan pengumpulan yang diduga sudah berlangsung selama tiga bulan tersebut.

"Setelah kami konfirmasi ke pusat tak ada program itu, kami khawatir ada penyalahgunaan karena paspor bersifat pribadi dan mengandung privasi," katanya.

Dari keterangan, jumlah mantan TKW yang sudah mengumpulkan paspor diduga sudah mencapai ribuan. Untuk wilayah Gekbrong yang terbaru sudah terkumpul seribu paspor, untuk Cibeber 500 paspor, belum kecamatan yang lainnya.

Heri mengatakan pihaknya kemarin sudah dihubungi oleh Dirjen Kemenkumham yang mempertanyakan kabar adanya jual beli paspor di Cianjur. "Saya tegaskan bahwa itu tak ada sangkut pautnya dengan Disnaker," ujarnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.