Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Regulasi Vape Sepihak, Menuai Kontroversi

Rizky

Kamis, 09 November 2017 - 21:38 WIB

istimewa
istimewa
A A A

KEBIJAKAN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait regulasi vape yang tertuang dalam Permendagri per tanggal 7 november 2017, menuai kontroversi dan kecaman publik. Pasalnya,  berbagai komunitas vape di setiap daerah, dan pengusaha vape mempertanyakan dan mengecam regulasi yang diatur tanpa sosialisasi terlebih dahulu. 

Sikap tegas muncul dari Ketua Asosiasi Vapers Indonesia, Johan Sumantri, Menurutnya suatu produk hukum jika dikeluarkan oleh pemerintah, harus melewati tahapan kajian dan sosialisasi terlebih dahulu. Pemerintah lanjut dia selayaknya mengajak duduk bersama seluruh pemegang kebijakan untuk mendengarkan fakta dan kajian empiris tentang vape di Indonesia. 

"Cairan vape yang beredar di Indonesia, wajib mengantongi izin dan rekomendasi dari kementrian kesehatan, jika tidak vape dianggap illegal dan permendagri itu sudah berlaku pertanggal 7 kemarin. Kami dari asosiasi mewakili suara ratusan ribu vapers di Indonesia mempertanyakan kebijakan ini, masalahnya tidak ada sosialisasi dan kajian terlebih dahulu," ungkap Johan melalui keterangan siaran elektroniknya. 

Johan menjelaskan, vapers dan pelaku bisnis vape merupakan warga negara yang baik dan taat pajak, asalkan ada sosialisasi terlebih dahulu. Jika aturan itu lanjut dia dikeluarkan ke publik tanpa kajian komprehensif, maka ini berbahaya untuk kelangsungan hidup industri ekonomi kreatif sektor rokok elektrik. 

Senada dengab Johan, Dimas sebagai salah satu pengusaha besar vape di Indonesia menyikapi aturan yang diberlakukan ini aneh. Ia menuturkan bahwa peraturan ini diberlakukan tanpa ada tenggang waktu untuk sosialisasi. Secara tegas, dalam kapasitas mewakili suara pengusaha vape, ia memohon kepada pemerintah agar bisa mengkaji ulang terhadap regulasi yang sudah ditetapkan. 

"Hari ini, berita tentang vapers memohon pengkajian ulang terhadap regulasi pemerintah sudah bermunculan di berbagai media," pungkasnya. 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita segera melarang penjualan rokok vape atau rokok elektronik. Impor rokok tersebut juga akan dilarang tanpa rekomendasi dari Menteri Kesehatan.

"Saya setuju itu dilarang. Segera akan saya keluarkan larangan mengenai itu," ucap Enggar saat ditemui di Bekasi, Rabu (1/11/2017) lalu. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…