Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Berantas Peredaran Miras, Perlu Peran Aktif Masyarakat

Wawan

Kamis, 09 November 2017 - 21:41 WIB

ilustrasi
ilustrasi
A A A

PEREDARAN minuman keras (miras) yang tak pernah habisnya menjadi perhatian sejumlah pihak. Meski pihak berwajib telah melakukan berulang kali penertiban, namun tetap saja peredarannya terus berjalan. Tak jarang, peminumnya pun berujung pada kematian.

Seorang mahasiswa fakultas hukum, di salah satu perguruan tinggi swasta Kabupaten Cianjur, Purwandi mengatakan dari sisi hukum peminum miras tidak dapat dikenakan sanksi, terkecuali mengganggu keamanan dan ketertiban umum, atau tindak pidana lainnya. Kemungkinan besar hal inilah yang menjadi faktor , peredaran miras sulit untuk dihentikan.

“Memang secara hukum peminum miras, selama tidak melakukan mengganggu keamanan dan ketertiban umum atau melakukan tidakan pidana tidak dapat dikenakan sanksi hukum, sehingga peredarannya terus berlanjut meski terus ditertibkan,”  kata Purwandi, Kamis (9/11/2017).

Menurut Purwandi yang penting disini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek negatif dari miras itu sendiri. Minimnya kesadaran terlihat dari banyaknya penenggak miras yang berujung kematian, namun seperti angin lalu yang menimbulkan rasa takut.

“Faktor sosial dan ekonomi juga menjadi faktor pendukung sulitnya memberantas peredaran miras. Namun sosial juga dapat berperan untuk memberantas peredarannya,” sebut Purwandi.

Sementara, Kompol Agus Jamaludin, Kapolsek Karangtengah, mengatakan, miras menjadi salah satu pemicu terjadinya tindak kekerasan yang ada di masyarakat. Dalam penangananya diperlukan peran aktif masyarakat dalam memberantas peredarannya.

“Kerjasama dengan masyarakat sangat diperlukan, jika masyarakat melihat gelagat pemuda atau kumpulan massa yang menenggak minuman keras segera laporkan saja. Sebagai salah satu langkah menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Agus.

Terpisah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan, Kabupaten Cianjur, Jimmy Perkasa sangat setuju masyarakat dilibatkan dalam pemberantasan peredaran miras. Apalagi beberapa waktu lalu jajaran Polres Cianjur berhasil menggrebeg dan melakukan penyitaan miras di gudang yang tak berijin.

“Saya sangat apresiasi dan mendukung sekali atas kinerja Polres Cianjur, yang telah melakukan penggerebegan dan penyitaan miras, yang disinyalir tidak mempunyai ijin itu,” ucap Jimmy.

Jimmy menuturkan, Kabupaten Cianjur dikenal sebagai Kota Santri dan mayoritas agamany apun muslim. Sudah sepantasnya peredaran miras diberantas. Apalagi di agama Islam miras itu jelas dilarang.

“Kami akan terus perangi peredaran miras di Kabupaten Cianjur karena jelas itu haram,” tegas Jimmy. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…