Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

Berantas Peredaran Miras, Perlu Peran Aktif Masyarakat

Wawan

Kamis, 09 November 2017 - 21:41 WIB

ilustrasi
ilustrasi
A A A

PEREDARAN minuman keras (miras) yang tak pernah habisnya menjadi perhatian sejumlah pihak. Meski pihak berwajib telah melakukan berulang kali penertiban, namun tetap saja peredarannya terus berjalan. Tak jarang, peminumnya pun berujung pada kematian.

Seorang mahasiswa fakultas hukum, di salah satu perguruan tinggi swasta Kabupaten Cianjur, Purwandi mengatakan dari sisi hukum peminum miras tidak dapat dikenakan sanksi, terkecuali mengganggu keamanan dan ketertiban umum, atau tindak pidana lainnya. Kemungkinan besar hal inilah yang menjadi faktor , peredaran miras sulit untuk dihentikan.

“Memang secara hukum peminum miras, selama tidak melakukan mengganggu keamanan dan ketertiban umum atau melakukan tidakan pidana tidak dapat dikenakan sanksi hukum, sehingga peredarannya terus berlanjut meski terus ditertibkan,”  kata Purwandi, Kamis (9/11/2017).

Menurut Purwandi yang penting disini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek negatif dari miras itu sendiri. Minimnya kesadaran terlihat dari banyaknya penenggak miras yang berujung kematian, namun seperti angin lalu yang menimbulkan rasa takut.

“Faktor sosial dan ekonomi juga menjadi faktor pendukung sulitnya memberantas peredaran miras. Namun sosial juga dapat berperan untuk memberantas peredarannya,” sebut Purwandi.

Sementara, Kompol Agus Jamaludin, Kapolsek Karangtengah, mengatakan, miras menjadi salah satu pemicu terjadinya tindak kekerasan yang ada di masyarakat. Dalam penangananya diperlukan peran aktif masyarakat dalam memberantas peredarannya.

“Kerjasama dengan masyarakat sangat diperlukan, jika masyarakat melihat gelagat pemuda atau kumpulan massa yang menenggak minuman keras segera laporkan saja. Sebagai salah satu langkah menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Agus.

Terpisah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan, Kabupaten Cianjur, Jimmy Perkasa sangat setuju masyarakat dilibatkan dalam pemberantasan peredaran miras. Apalagi beberapa waktu lalu jajaran Polres Cianjur berhasil menggrebeg dan melakukan penyitaan miras di gudang yang tak berijin.

“Saya sangat apresiasi dan mendukung sekali atas kinerja Polres Cianjur, yang telah melakukan penggerebegan dan penyitaan miras, yang disinyalir tidak mempunyai ijin itu,” ucap Jimmy.

Jimmy menuturkan, Kabupaten Cianjur dikenal sebagai Kota Santri dan mayoritas agamany apun muslim. Sudah sepantasnya peredaran miras diberantas. Apalagi di agama Islam miras itu jelas dilarang.

“Kami akan terus perangi peredaran miras di Kabupaten Cianjur karena jelas itu haram,” tegas Jimmy. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…