Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Berantas Peredaran Miras, Perlu Peran Aktif Masyarakat

Wawan

Kamis, 09 November 2017 - 21:41 WIB

ilustrasi
ilustrasi
A A A

PEREDARAN minuman keras (miras) yang tak pernah habisnya menjadi perhatian sejumlah pihak. Meski pihak berwajib telah melakukan berulang kali penertiban, namun tetap saja peredarannya terus berjalan. Tak jarang, peminumnya pun berujung pada kematian.

Seorang mahasiswa fakultas hukum, di salah satu perguruan tinggi swasta Kabupaten Cianjur, Purwandi mengatakan dari sisi hukum peminum miras tidak dapat dikenakan sanksi, terkecuali mengganggu keamanan dan ketertiban umum, atau tindak pidana lainnya. Kemungkinan besar hal inilah yang menjadi faktor , peredaran miras sulit untuk dihentikan.

“Memang secara hukum peminum miras, selama tidak melakukan mengganggu keamanan dan ketertiban umum atau melakukan tidakan pidana tidak dapat dikenakan sanksi hukum, sehingga peredarannya terus berlanjut meski terus ditertibkan,”  kata Purwandi, Kamis (9/11/2017).

Menurut Purwandi yang penting disini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek negatif dari miras itu sendiri. Minimnya kesadaran terlihat dari banyaknya penenggak miras yang berujung kematian, namun seperti angin lalu yang menimbulkan rasa takut.

“Faktor sosial dan ekonomi juga menjadi faktor pendukung sulitnya memberantas peredaran miras. Namun sosial juga dapat berperan untuk memberantas peredarannya,” sebut Purwandi.

Sementara, Kompol Agus Jamaludin, Kapolsek Karangtengah, mengatakan, miras menjadi salah satu pemicu terjadinya tindak kekerasan yang ada di masyarakat. Dalam penangananya diperlukan peran aktif masyarakat dalam memberantas peredarannya.

“Kerjasama dengan masyarakat sangat diperlukan, jika masyarakat melihat gelagat pemuda atau kumpulan massa yang menenggak minuman keras segera laporkan saja. Sebagai salah satu langkah menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Agus.

Terpisah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan, Kabupaten Cianjur, Jimmy Perkasa sangat setuju masyarakat dilibatkan dalam pemberantasan peredaran miras. Apalagi beberapa waktu lalu jajaran Polres Cianjur berhasil menggrebeg dan melakukan penyitaan miras di gudang yang tak berijin.

“Saya sangat apresiasi dan mendukung sekali atas kinerja Polres Cianjur, yang telah melakukan penggerebegan dan penyitaan miras, yang disinyalir tidak mempunyai ijin itu,” ucap Jimmy.

Jimmy menuturkan, Kabupaten Cianjur dikenal sebagai Kota Santri dan mayoritas agamany apun muslim. Sudah sepantasnya peredaran miras diberantas. Apalagi di agama Islam miras itu jelas dilarang.

“Kami akan terus perangi peredaran miras di Kabupaten Cianjur karena jelas itu haram,” tegas Jimmy. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.