Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

48 Orang Terjaring OTT Satgas Kebersihan

Angga Purwanda

Minggu, 12 November 2017 - 20:19 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Pelanggar Dijaring di Tujuh Titik Pembuangan Sampah Liar

SEBANYAK 48 orang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) satuan tugas (Satgas) kebersihan yang dibentuk oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur yang kerap nongkrong di titik-titik pembuangan sampah liar.

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda, mengatakan para pelanggar dijaring di tujuh titik yang tersebar di jalan protokol. Menurutnya, dari keseluruhan pelanggar tidak ada orang yang sama.
Namun, meskipun bukan orang yang sama, sebagian besar pembuang sampah itu berasal dari wilayah yang jauh dari lokasi. Menurut Yoni, mayoritas orang membuang di titik yang diamati dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jadi, masyarakat tidak segan berjauh-jauh untuk membuang sampah, biarpun titik pembuangan jauh.

”Ini merupakan hasil keras Satgas Kebersihan, yang siang malam mengawasi sejumlah lokasi pembuangan sampah liar. Tak ada orang yang sama, kalau memang ada itu sudah sangat keterlaluan. Kami tentunya akan memberikan tindakan yang lebih tegas,” kata Yoni, kepada wartawan, belum lama ini.

Yoni mengatakan, bahkan tidak sedikit orang yang tinggal di kelurahan bahkan kecamatan berbeda, sengaja datang ke satu lokasi untuk membuang sampah. Berdasarkan hasil OTT, seluruhnya berkelit dengan banyak alasan klasik.

”Mereka bilang, sekalian lewat atau belum tahu ada aturan yang berlaku, jawabannya berkutat di sana. Itu artinya, mereka masih belum disiplin dan peduli sekalipun aturan sudah disebarluaskan,” ujarnya.

Tidak berhenti pada sampah skala kecil, sekali waktu tim satgas pun pernah kecolongan oleh pihak tidak bertanggungjawab, yang membuang tujuh karung berisi bangkai ayam sembarangan. Setelah melakukan penelusuran, ternyata karung ayam tersebut merupakan buangan dari rumah potong hewan. Sayangnya, tidak ada bukti konkret untuk menjerat pembuangnya.

Mendapati hal tersebut, Yoni pun berusaha mengamati, menurut dia tak hanya berhenti pada kebiasaan. Tapi, pola kegiatan seperti itu dipengaruhi juga oleh adanya kesempatan untuk membuang sampah sembarangan. Banyaknya tempat pembuangan sampah di pinggir jalan, dinilai mengundang orang untuk sembarang melempar sampah mereka. Bahkan, hal itu disebut sebagai tren di Cianjur.

”Orang yang jalan atau naik kendaraan sekalipun, merasa bebas membuang sampah ketika lihat ada tumpukan sampah di jalan. Padahal, belum tentu itu TPS legal, nah itu yang menjadi masalah,” ucap Yoni.

Belum lagi, mereka yang membuang sampah melalui kendaraan seringkali tidak tepat sasaran saat melempar bungkusan. Oleh karena itu, Yoni pun mencoba untuk menyiasati lokasi pembuangan sampah yang saat ini masih banyak tersebar di pinggiran jalan.

DLH sengaja mendesain bak sampah yang dibuat menjorok dari jalan utama. Hal itu dilakukan, untuk meminimalkan orang yang membuang sampah dengan cara asal melempar ke tempat pembuangan. ”Sekaligus untuk membiasakan masyarakat, membuang sampah di tempat yang benar. Karena semua pihak harus disiplin, supaya lingkungan juga kondusif,” ujarnya.

Bukan hal yang mudah, tapi Yoni mengaku tidak akan menyerah untuk mendisplinkan masyarakat. Bersamaan dengan semua upaya, ia juga bergerak dengan menerapkan sanksi kepada pelanggar. Saat ini, sanksi senilai Rp 50 ribu memang masih dianggap kurang memberikan efek jera.

Akan tetapi, Yoni telah mengajukan kepada Bupati Cianjur untuk memaksimalkan nilai sanksi hingga Rp 500 ribu. Hanya saja, karena tindakan membuang sampah sembarangan tergolong ke dalam pasal pelanggaran, maka perubahan sanksi pun harus ditempuh melalui Perda.

”Kami juga melibatkan rukun tetangga untuk mengawasi wilayah, ada imbalan insentif, dan hal lain jika pengawasan benar. Pokoknya, seluruh lapisan pemerintahan harus terlibat,” ujar Yoni.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.