Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

48 Orang Terjaring OTT Satgas Kebersihan

Angga Purwanda

Minggu, 12 November 2017 - 20:19 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Pelanggar Dijaring di Tujuh Titik Pembuangan Sampah Liar

SEBANYAK 48 orang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) satuan tugas (Satgas) kebersihan yang dibentuk oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur yang kerap nongkrong di titik-titik pembuangan sampah liar.

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda, mengatakan para pelanggar dijaring di tujuh titik yang tersebar di jalan protokol. Menurutnya, dari keseluruhan pelanggar tidak ada orang yang sama.
Namun, meskipun bukan orang yang sama, sebagian besar pembuang sampah itu berasal dari wilayah yang jauh dari lokasi. Menurut Yoni, mayoritas orang membuang di titik yang diamati dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jadi, masyarakat tidak segan berjauh-jauh untuk membuang sampah, biarpun titik pembuangan jauh.

”Ini merupakan hasil keras Satgas Kebersihan, yang siang malam mengawasi sejumlah lokasi pembuangan sampah liar. Tak ada orang yang sama, kalau memang ada itu sudah sangat keterlaluan. Kami tentunya akan memberikan tindakan yang lebih tegas,” kata Yoni, kepada wartawan, belum lama ini.

Yoni mengatakan, bahkan tidak sedikit orang yang tinggal di kelurahan bahkan kecamatan berbeda, sengaja datang ke satu lokasi untuk membuang sampah. Berdasarkan hasil OTT, seluruhnya berkelit dengan banyak alasan klasik.

”Mereka bilang, sekalian lewat atau belum tahu ada aturan yang berlaku, jawabannya berkutat di sana. Itu artinya, mereka masih belum disiplin dan peduli sekalipun aturan sudah disebarluaskan,” ujarnya.

Tidak berhenti pada sampah skala kecil, sekali waktu tim satgas pun pernah kecolongan oleh pihak tidak bertanggungjawab, yang membuang tujuh karung berisi bangkai ayam sembarangan. Setelah melakukan penelusuran, ternyata karung ayam tersebut merupakan buangan dari rumah potong hewan. Sayangnya, tidak ada bukti konkret untuk menjerat pembuangnya.

Mendapati hal tersebut, Yoni pun berusaha mengamati, menurut dia tak hanya berhenti pada kebiasaan. Tapi, pola kegiatan seperti itu dipengaruhi juga oleh adanya kesempatan untuk membuang sampah sembarangan. Banyaknya tempat pembuangan sampah di pinggir jalan, dinilai mengundang orang untuk sembarang melempar sampah mereka. Bahkan, hal itu disebut sebagai tren di Cianjur.

”Orang yang jalan atau naik kendaraan sekalipun, merasa bebas membuang sampah ketika lihat ada tumpukan sampah di jalan. Padahal, belum tentu itu TPS legal, nah itu yang menjadi masalah,” ucap Yoni.

Belum lagi, mereka yang membuang sampah melalui kendaraan seringkali tidak tepat sasaran saat melempar bungkusan. Oleh karena itu, Yoni pun mencoba untuk menyiasati lokasi pembuangan sampah yang saat ini masih banyak tersebar di pinggiran jalan.

DLH sengaja mendesain bak sampah yang dibuat menjorok dari jalan utama. Hal itu dilakukan, untuk meminimalkan orang yang membuang sampah dengan cara asal melempar ke tempat pembuangan. ”Sekaligus untuk membiasakan masyarakat, membuang sampah di tempat yang benar. Karena semua pihak harus disiplin, supaya lingkungan juga kondusif,” ujarnya.

Bukan hal yang mudah, tapi Yoni mengaku tidak akan menyerah untuk mendisplinkan masyarakat. Bersamaan dengan semua upaya, ia juga bergerak dengan menerapkan sanksi kepada pelanggar. Saat ini, sanksi senilai Rp 50 ribu memang masih dianggap kurang memberikan efek jera.

Akan tetapi, Yoni telah mengajukan kepada Bupati Cianjur untuk memaksimalkan nilai sanksi hingga Rp 500 ribu. Hanya saja, karena tindakan membuang sampah sembarangan tergolong ke dalam pasal pelanggaran, maka perubahan sanksi pun harus ditempuh melalui Perda.

”Kami juga melibatkan rukun tetangga untuk mengawasi wilayah, ada imbalan insentif, dan hal lain jika pengawasan benar. Pokoknya, seluruh lapisan pemerintahan harus terlibat,” ujar Yoni.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.