Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Sejumlah PKL Jadi korban Kekerasan Satpol PP Cianjur

Angga Purwanda

Rabu, 15 November 2017 - 14:19 WIB

foto: Angga Purwanda/BC
foto: Angga Purwanda/BC
A A A

AKSI kekerasan kembali di lakukan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, terhadap sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Bojongmeron, Rabu (15/11/2017) sekitar pukul 08.00 WIB

Berdasarkan Informasi, aksi arogan dari para penegak peraturan daerah (Perda) itu merupakan kejadian yang kedua kali, setelah sebelumnya seorang pramuniaga sebuah toko souvernir juga menjadi korban pemukulan Satpol PP.

Akibat dari aksi kekerasan itu, sejumlah PKL harus mengalami luka memar di sejumlah bagian tubuhnya. Bahkan, satu di antara korban sempat mengalami muntah-muntah akibat mendapatkan pukulan di bagian perut.

Wakil Ketua Karangtaruna Bojongmeron, Saepurohman, yang juga saksi mata, mengungkapkan, kejadian itu berawal saat petugas Satpol PP melakukan penertiban terhadap para PKL yang ada di kawasan itu.

Sejumlah pedagang yang tak terima barang dagangannya diamankan, jelas Rohman, mencoba untuk meminta kembali. 

Namun, sambung Rohman, tiba-tiba ada ada instruksi dari Satpol PP untuk langsung melakukan penyerangan terhadap para pedagang.

"Sempat ada intruksi "Serang" yang terlontar dari salah seorang anggota Satpol PP tersebut. Padahal, saat itu sejumlah pedangan sedang mencoba berkomunikasi dengan petugas, agar barang dagangannya tak di ambil oleh petugas," jelas Saepurohman, kepada wartawan, Rabu (15/11/2017).

Sementara Ko Aay (54), salah seorang korban, mengaku saat kejadian ia hanya ingin melerai perselisihan antara PKL dengan petugas.

Namun, naas bagi Ko Aay, justru ia harus menjadi bulan-bulanan anggota Satpol PP hingga mengalami sejumlah luka memar di bagian pelipis.

"Sudah tidak manusiawi, mereka langsung saja memukuli saya. Ada beberapa luka, bahkan saya sempat mengalami muntah, karena dipukul dibagikan perut," jelas Aay.

Aay mendesak, Bupati Cianjur dan pihak kepolisian untuk menindak petugas tangan terlibat dalam aksi kekerasan itu.

"Saya ingin ada tindakan tegas dari Bupati Cianjur, jangan sampai kejadian ini kembali terulang. Hasil visum saya sudah ada, dan akan melakukan pelaporan ke polisi," tegasnya.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suheman, menjelaskan, kejadian itu berawal saat petugas Satpol PP menggelar patroli rutin untuk menertibkan pedagang kaki lima (pkl). Ketika melintas ke kawasan bojongmeron, ditemukan adanya pkl yang masih berjualan. 

Oleh karena itu, petugas melakukan penertiban dengan mengangkut barang-barang atau lapak para pkl. Namun saat petugas lengah, ujar Herman, pedagang kembali mengambil barang-barangnya.

Saat hendak menertikan lagi, lanjut dia, datang sekelompok orang yang berdasarkan informasi bukan dari pihak pedagang. Setelah sempat cekcok, petugas dan kelompok itupun baku pukul hingga dari masing-masing pihak muncul korban.

"Setelah saya klarifikasi ke satpol pp, informasinya begitu. Jadi ada pihak yang datang ketika penertiban. Setelah ditanya, satpol pp tidak memukul duluan," kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler. 

Herman mengatakan, dari pihaknya ada dua orang yang terkena pukulan, salah satunya ialah petugas perempuan. Anggota itupun langsung dibawa ke rumah sakit untuk divisum dan membuat laporan kepada polisi. "Segera ditindaklanjut, sudah divisum tadi," katanya.

Herman menuturkan tidak menyalahkan pedagang atau petugas dengan adanya kejadian tersebut, pasalnya dia menilai jika hal itu terjadi akibat kelompok yang datang. 

Meski begitu, tambah dia, penertiban akan terus dilakukan. Apalagi sudah ada komitmen jika di wilayah perkotaan tidak boleh ada aktivitas perdagangan selayaknya pasar. Bahkan ke depan rencananya saat patroli bakal dilibatkan anggota polisi dan tni.

"Kami kan sudah siapkan tempat di pasar induk, silakan isi. pastinya kami akan tegas-tegasan untuk menertibkan PKL. Sudah ada koordinasi juga, supaya nanti didampingi polisi dan tni saat patroli," ucapnya.‎(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.