Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Wabup Resah Dengan Meningkat Jumlah Gay di Cianjur

Angga Purwanda

Rabu, 15 November 2017 - 20:16 WIB

Net
Net
A A A

DALAM kurun waktu 2016 hingga 2017 jumlah gay atau laki laki suka laki laki (LSL) di Kabupaten Cianjur terus meningkat. Hingga kini jumnlahnya diperkirakan mencapai 1700 orang, dan 10 persen di antaranya terinveksi virus HIV/Aids.

Hal itu, diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman disela-sela Rapat Koordinasi Evaluasi Kerja tahun 2017 dan Rencana Kerja tahun 2018 penanggulangan HIV dan Aids di Aula Perumdam Tirtamukti Cianjur, Rabu (15/11/17).

Herman mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi. Sebab, kata orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu, komunitas LSL itu sudah ada hampir di setiap kecamatan bahkan sekolah di Kabupaten Cianjur.

“Ini menjadi perhatian serius kami, untuk dapat segera menyelesaikan persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat tersebut,” ungkap Herman.

Herman menuturkan, bertambahnya penderita LSL disebabkan karena kurangnya perhatian dari keluarga, sehingga keluarga tidak tahu pergaulan anaknya. “Rata-rata penderita LSL ini keluarganya tidak tahu, untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Cianjur untuk memberikan perhatian lebih dan menjaga keluarganya agar tidak terjerumus,” tuturnya.

Wakil Bupati menyebutkan, rencananya pada tanggal 1 Desember mendatang yang diperingati sebagai hari HIV/Aids sedunia akan dijadikan momentum untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya LSL dan dampak yang diakibatkan.

“Pada peringatan hari Aids sedunia nanti yang akan digelar tanggal 1 Desember, kami akan gebyar dalam melibatkan seluruh elemen baik Pemerintah, LSM, Tokoh, maupun masyarakat, untuk melaksanakan sosialisasi minimal penderita LSL tidak bertambah lagi,” ucapnya.

Herman menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dan RSUD Cianjur untuk melakukan pemeriksaan darah para LSL, karena 10 persen dari jumlah itu sudah positif terinvenksi virus HIV/Aids.

“Untuk yang 1700 orang penderita LSL akan diperiksa darahnya, karena 10 persen diantaranya terindikasi HIV/Aids, saya ingin di puskesmas maupun di rumah sakit itu digratiskan pengobatannya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penaggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cianjur, Hilman, menuturkan, pertumbuhan gay di Kota Santri cukup tinggi, sebab jika melihat tahun lalu, jumlahnya mencapai 1.030 orang.

"Tahun ini jelas bertambah, kemungkinan sampai 2.000 orang. Itu pun yang muncul kepermukaan, dan banyak yang masih menyembunyikan diri," kata Hilman, belum lama ini.

Menurutnya, seorang gay bisa merekrut 5 sampai 6 gay baru setiap bulannya. Bahkan berdasarkan perhitungan nasional, dalam sebulan mereka bisa memiliki 'pacar' baru sampai 10 orang. "Bisa dibayangkan, kalau tahun ini 2.000 orang. Tahun depan dan selanjutnya berapa banyak gay di Cianjur," ucapnya.

Hilman menyebutkan, para gay itu tidak hanya bertempat di wilayah perkotaan, namun juga hingga di Cianjur selatan. "Jadi misalnya tahun lalu ada 1.000 gay, 500 orang di perkotaan, dan selebihnya tersebar di selatan dan luar kota. Memang pertumbuhannya banyak di kota, tapi orang-orangnnya itu dari pedesaan yang keterbatasan pengetahuan," ucapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.