Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

Ratusan Siswa Terpaksa Belajar di Pengungsian

Angga Purwanda

Rabu, 15 November 2017 - 20:18 WIB

Dok
Dok
A A A

Ratusan siswa MTs Miftahul Khoeriyah, Kecamatan Takokak terpaksa menumpang di bangunan milik Pondok Pesantren (Pontren) Cicadas, karena lima bangunan milik MTs itu sudah beberapa bulan rusak akibat bencana pergerakan tanah yang melanda wilayah itu.

Para siswa pun harus berjalan kaki sejauh 800 meter untuk tiba di tempat belajar sementara tersebut. Tak hanya sampai di situ, murid MTs Miftahul Khoeriah pun, harus rela berdesak-desakan, karena siswa dari tiga kelas itu digabung dalam satu ruangan yang seadanya dan kurang memadai.

"Sebenarnya kami kurang nyaman belajar di sini, karena selain belajarnya sambil duduk di lantai. Kami juga harus berdesak-desakan, dan kami juga ingin segera pindah ke kelas yang lebih layak, seperti kelas kami yang sebelumnya," tutur Abdul Siswa kelas IX saat di wawancarai melalui telepon seluler, kemarin (15/11/2017).

Walaupun kegiatan belajar mengajar dilakukan di tempat pengungsian yang seadanya, para siswa tetap antusias untuk terus belajar. "Kami di sini sudah lebih dari satu bulan," kata dia.

Kamaludin, salah seorang guru Mts Miftahul  Khoeriah mengaku miris melihat para siswa belajar dalam kondisi yang kurang memadai. Sayangnya sampai saat ini belum ada kejelasan dari Pemkab Cianjur untuk pembangunan atau relokasi sekolah.

Sementara siswa harus belajar dengan nyaman, terlebih jika nanti menghadapi ujian. "kami sangat berharap perhatian dari pihak pemerintah daerah, supaya Sekolah kami dibangun kembali," ucapnya.

Di tempat lain, beberapa sekolah juga mulai terkena dampak bencana hingga beberapa lokal rusak. Para siswa pun terpaksa diungsikan dari tempatnya belajar. Salah satunya SMPN 3 Sukaresmi yang ambruk beberapa hari terakhir.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, berencana untuk merelokasi sekolah yang terkena dampak bencana. Rencananya, pembangunan akan dilakukan dengan menggunakan anggaran 2018.

Untuk sementara ini, lanjut Herman, para siswa sudah diamankan, meskipun harus berbagi ruang kelas dengan siswa SD atau sekolah lain. "Pastinya akan kami perhatikan, tapi butuh proses. Rencananya di tahun depan akan mulai dibangun gedung sekolah yang baru di lokasi yang tidak rawan bencana," ucapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…