Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ratusan Siswa Terpaksa Belajar di Pengungsian

Angga Purwanda

Rabu, 15 November 2017 - 20:18 WIB

Dok
Dok
A A A

Ratusan siswa MTs Miftahul Khoeriyah, Kecamatan Takokak terpaksa menumpang di bangunan milik Pondok Pesantren (Pontren) Cicadas, karena lima bangunan milik MTs itu sudah beberapa bulan rusak akibat bencana pergerakan tanah yang melanda wilayah itu.

Para siswa pun harus berjalan kaki sejauh 800 meter untuk tiba di tempat belajar sementara tersebut. Tak hanya sampai di situ, murid MTs Miftahul Khoeriah pun, harus rela berdesak-desakan, karena siswa dari tiga kelas itu digabung dalam satu ruangan yang seadanya dan kurang memadai.

"Sebenarnya kami kurang nyaman belajar di sini, karena selain belajarnya sambil duduk di lantai. Kami juga harus berdesak-desakan, dan kami juga ingin segera pindah ke kelas yang lebih layak, seperti kelas kami yang sebelumnya," tutur Abdul Siswa kelas IX saat di wawancarai melalui telepon seluler, kemarin (15/11/2017).

Walaupun kegiatan belajar mengajar dilakukan di tempat pengungsian yang seadanya, para siswa tetap antusias untuk terus belajar. "Kami di sini sudah lebih dari satu bulan," kata dia.

Kamaludin, salah seorang guru Mts Miftahul  Khoeriah mengaku miris melihat para siswa belajar dalam kondisi yang kurang memadai. Sayangnya sampai saat ini belum ada kejelasan dari Pemkab Cianjur untuk pembangunan atau relokasi sekolah.

Sementara siswa harus belajar dengan nyaman, terlebih jika nanti menghadapi ujian. "kami sangat berharap perhatian dari pihak pemerintah daerah, supaya Sekolah kami dibangun kembali," ucapnya.

Di tempat lain, beberapa sekolah juga mulai terkena dampak bencana hingga beberapa lokal rusak. Para siswa pun terpaksa diungsikan dari tempatnya belajar. Salah satunya SMPN 3 Sukaresmi yang ambruk beberapa hari terakhir.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, berencana untuk merelokasi sekolah yang terkena dampak bencana. Rencananya, pembangunan akan dilakukan dengan menggunakan anggaran 2018.

Untuk sementara ini, lanjut Herman, para siswa sudah diamankan, meskipun harus berbagi ruang kelas dengan siswa SD atau sekolah lain. "Pastinya akan kami perhatikan, tapi butuh proses. Rencananya di tahun depan akan mulai dibangun gedung sekolah yang baru di lokasi yang tidak rawan bencana," ucapnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…