Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

IRT Jaman Now Didorong Menjadi Wirausaha

Bis

Kamis, 16 November 2017 - 06:06 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

IBU rumah tangga (IRT), jaman sekarang (now)  harus bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Ibu rumah tangga harus memanfaatkan potensi yang ada untuk membantu suami meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya harus bisa memanfaatkan teknologi untuk bisnis online.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat  (Kabid Humas), Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik ketika menjadi pembicara wirausaha berbasis pengasuhan kepada ibu rumah tangga di gedung PGRI Kecamatan Mande Cianjur, Rabu (15/11/2017).

Menurut Deni, tahun 2017 ini, IRT dapat menjadi mandiri dan independen. Mereka tetap dapat berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi keluarga tanpa mengabaikan keluarga mereka. Ada berbagai kegiatan positif yang dapat dikerjakan oleh IRT di waktu luangnya. “Ada kegiatan yang bersifat sosial serta ada pula kegiatan yang bersifat komersial,” tuturnya.

Kegiatan yang bersifat komersial, jelas Deni, adalah bisnis IRT yang dilakukan demi menghasilkan uang tambahan bagi para ibu yang dapat digunakan sebagai salah satu penunjang keuangan keluarga. Hal ini tentunya akan sangat membantu dan dapat membuat keluarga menjadi semakin sejahtera. 

"Sebagai IRT yang cerdas, tentu dapat mulai membuka bisnis ibu hebat untuk mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat. Tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi keluarga,” tegasnya.

Deni menerangkan, menjadi wirausaha tidak perlu modal besar, melainkan harus memiliki keberanian, dan sikap optimis. Ditambah lagi managemen harus baik. Salah satunya, bagi ibu rumah tangga yang ingin menjadi wirausaha bisa dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Contohnya menjadi agen pulsa dan berjualan pakaian online atau makanan khas kecamatan Mande. 

Menurut Deni, tidak sedikit wanita yang takut menjadi ibu rumah tangga full time terutama bagi mereka yang sudah terbiasa berkarir dan memiliki uang sendiri. Menjadi ibu rumah tangga akan membuat mereka merasa sangat tergantung kepada suami dan kurang mandiri. “Pandangan tersebut adalah pandangan kuno,” tutur pria yang kini merambah kedunia politis ini.

Ketua Karangtaruna Kecamatan Mande, Yuyu Winahyu memaparkan, kegiatan sosialisasi wirausaha berbasis pengasuhan ini merupakan program kerja dari Karangtaruna Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di kecamatan mande. 

Sementara para peserta sosialisasi berasal dari kalangan IRT yang berjumlah sekitar 150 orang. “Diharapkan setelah selesai kegiatan ini, ibu rumah tangga bisa menjadi wirausaha dan bisa menambah penghasilan suaminya masing-masing. Tentunya akan lebih mensejahterakan keluarganya," kata Yuyu terpisah. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…