Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

IRT Jaman Now Didorong Menjadi Wirausaha

Bis

Kamis, 16 November 2017 - 06:06 WIB

Istimewa
Istimewa
A A A

IBU rumah tangga (IRT), jaman sekarang (now)  harus bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Ibu rumah tangga harus memanfaatkan potensi yang ada untuk membantu suami meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya harus bisa memanfaatkan teknologi untuk bisnis online.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat  (Kabid Humas), Karangtaruna Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik ketika menjadi pembicara wirausaha berbasis pengasuhan kepada ibu rumah tangga di gedung PGRI Kecamatan Mande Cianjur, Rabu (15/11/2017).

Menurut Deni, tahun 2017 ini, IRT dapat menjadi mandiri dan independen. Mereka tetap dapat berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi keluarga tanpa mengabaikan keluarga mereka. Ada berbagai kegiatan positif yang dapat dikerjakan oleh IRT di waktu luangnya. “Ada kegiatan yang bersifat sosial serta ada pula kegiatan yang bersifat komersial,” tuturnya.

Kegiatan yang bersifat komersial, jelas Deni, adalah bisnis IRT yang dilakukan demi menghasilkan uang tambahan bagi para ibu yang dapat digunakan sebagai salah satu penunjang keuangan keluarga. Hal ini tentunya akan sangat membantu dan dapat membuat keluarga menjadi semakin sejahtera. 

"Sebagai IRT yang cerdas, tentu dapat mulai membuka bisnis ibu hebat untuk mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat. Tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi keluarga,” tegasnya.

Deni menerangkan, menjadi wirausaha tidak perlu modal besar, melainkan harus memiliki keberanian, dan sikap optimis. Ditambah lagi managemen harus baik. Salah satunya, bagi ibu rumah tangga yang ingin menjadi wirausaha bisa dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Contohnya menjadi agen pulsa dan berjualan pakaian online atau makanan khas kecamatan Mande. 

Menurut Deni, tidak sedikit wanita yang takut menjadi ibu rumah tangga full time terutama bagi mereka yang sudah terbiasa berkarir dan memiliki uang sendiri. Menjadi ibu rumah tangga akan membuat mereka merasa sangat tergantung kepada suami dan kurang mandiri. “Pandangan tersebut adalah pandangan kuno,” tutur pria yang kini merambah kedunia politis ini.

Ketua Karangtaruna Kecamatan Mande, Yuyu Winahyu memaparkan, kegiatan sosialisasi wirausaha berbasis pengasuhan ini merupakan program kerja dari Karangtaruna Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di kecamatan mande. 

Sementara para peserta sosialisasi berasal dari kalangan IRT yang berjumlah sekitar 150 orang. “Diharapkan setelah selesai kegiatan ini, ibu rumah tangga bisa menjadi wirausaha dan bisa menambah penghasilan suaminya masing-masing. Tentunya akan lebih mensejahterakan keluarganya," kata Yuyu terpisah. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…