Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Sungai Cibodas Meluap, Dua Kampung Dikepung Banjir

Nuki

Jumat, 17 November 2017 - 00:06 WIB

nuki
nuki
A A A

BENCANA kembali melanda Cianjur. Dua kampung di Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang dikepung banjir luapan Sungai Cibodas, Kamis (16/11/2017). 

Hujan yang mengguyur di wilayah Timur Cianjur sejak pukul 15.00 Wib hingga menjelang Magrib, menyebabkan volume debit air Sungai Cibodas meninggi dengan cepat, hingga mengakibatkan Kampung Pasirgadung 2 dan Kampung Babakan Turuy terkepung banjir.

Pantauan Berita Cianjur, hingga pukul 19.30 Wib, luapan air Sungai Cibodas masih mengepung kedua kampung. Bahkan ruas jalan arah Pasirgadung 2 menuju Desa Karangwangi terputus total. Diperkirakan ketinggian air yang merendam jalan mencapai sekitar 70 cm.

Kondisi paling parah dialami Kampung Babakanturuy. Puluhan Kepala Keluarga (KK) di kampung itu bahkan nyaris terisolir. Luapan air Sungai Cibodas terlihat mengitari seluruh ruas jalan utama di sekitar kampung. Warga dipastikan tidak bisa keluar dari kampung disebabkan air Sungai Cibodas mengalir dengan deras.

"Air mulai meluap sekitar pukul 16.00 Wib. Paling parah tadi saya lihat itu di depan SD Pasirgadung 1, ketinggian air mencapai sekitar 70 cm di atas permukaan jalan," ujar Mang Azis warga Kampung Pasirgadung 2 kepada Berita Cianjur, Kamis (16/11/2017).

Warga Kampung Pasirgadung 2 masih terbilang beruntung dibandingkan Kampung Babakan Turuy. Meski tak bisa melintasi jalan arah menuju kantor Desa Karangwangi, warga masih bisa menggunakan jalan ke arah Kampung Pasirgadung 1, tembus ke arah ruas jalan Dr Mangku.

"Tadinya saya mau lewat jalan SD Pasirgadung 1, tapi jalannya kerendam banjir. Lagian takut juga soalnya airnya deras sekali. Terpaksa jalan memutar, lewat pemakaman di Kampung Pasirgadung 1 yang keluarnya di Dr Mangku, Haurwangi," kata Rina salah seorang warga Kampung Cibodas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir Sungai Cibodas juga melanda Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung. Puluhan hektar sawah di sekitar kampung itu total terendam banjir, begitupun dengan halaman rumah warga yang berada di bantaran sungai.

"Di sinimah banjirnya cuma sampai halaman rumah saja Kang. Alhamdulilah teu ciga tahun kapengker ageungna," kata Kang Iman, warga Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah saat dihubungi wartawan.

Meluapnya air Sungai Cibodas dengan debit air seperti ini memang bukan kali pertama. Berdasarkan data diperoleh, banjir paling besar terjadi sekitar tahun 2014 lalu.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 22/02/2018 20:16 WIB

Partisipasi Pemilih di Pilgub Jabar Diharapkan Meningkat

PARTISIPASI masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 diharapkan meningkat. Karena, dengan meningkatnya pasrtisipasi pemilih dinilai akan meningkatkan kualitas pesta demokrasi…

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

SPRI Cianjur Tolak Kebijakan UU MD3

SERIKAT Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Kabupaten Cianjur berunjukrasa terkait penolakan revisi Undang-undang Nomo 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (22/2/2018).

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

Demiz: Penanganan Sungai Citarum Harus Berkesinambungan

PENANGANAN Sungai Citarum harus dilakukan berkesinambungan. Penanganannya bisa dilakukan secara struktural, non-struktural, dan kultural yang membutuhkan campur tangan semua pihak.

Cianjur Euy 21/02/2018 22:31 WIB

Pemkab Didiorong Keluarkan Regulasi Terkait Usia Pernikahan

PERNIKAHAN usia anak dinilai akan menimbulkan risiko bagi para pasangan, mulai dari kesehatan, ekonomi dan ketahanan keluarga. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur didorong untuk mengeluarkan…

Cianjur Euy 21/02/2018 22:30 WIB

Polres Cianjur Intensifkan Penindakan Kasus Narkoba

PEREDARAN dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Cianjur dinilai sangat mengkhawatirkan. Jumlah orang yang terlibat dalam kasus tersebut terus bertambah, dan telah menyentuh semua kalangan.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…