Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Sungai Cibodas Meluap, Dua Kampung Dikepung Banjir

Nuki

Jumat, 17 November 2017 - 00:06 WIB

nuki
nuki
A A A

BENCANA kembali melanda Cianjur. Dua kampung di Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang dikepung banjir luapan Sungai Cibodas, Kamis (16/11/2017). 

Hujan yang mengguyur di wilayah Timur Cianjur sejak pukul 15.00 Wib hingga menjelang Magrib, menyebabkan volume debit air Sungai Cibodas meninggi dengan cepat, hingga mengakibatkan Kampung Pasirgadung 2 dan Kampung Babakan Turuy terkepung banjir.

Pantauan Berita Cianjur, hingga pukul 19.30 Wib, luapan air Sungai Cibodas masih mengepung kedua kampung. Bahkan ruas jalan arah Pasirgadung 2 menuju Desa Karangwangi terputus total. Diperkirakan ketinggian air yang merendam jalan mencapai sekitar 70 cm.

Kondisi paling parah dialami Kampung Babakanturuy. Puluhan Kepala Keluarga (KK) di kampung itu bahkan nyaris terisolir. Luapan air Sungai Cibodas terlihat mengitari seluruh ruas jalan utama di sekitar kampung. Warga dipastikan tidak bisa keluar dari kampung disebabkan air Sungai Cibodas mengalir dengan deras.

"Air mulai meluap sekitar pukul 16.00 Wib. Paling parah tadi saya lihat itu di depan SD Pasirgadung 1, ketinggian air mencapai sekitar 70 cm di atas permukaan jalan," ujar Mang Azis warga Kampung Pasirgadung 2 kepada Berita Cianjur, Kamis (16/11/2017).

Warga Kampung Pasirgadung 2 masih terbilang beruntung dibandingkan Kampung Babakan Turuy. Meski tak bisa melintasi jalan arah menuju kantor Desa Karangwangi, warga masih bisa menggunakan jalan ke arah Kampung Pasirgadung 1, tembus ke arah ruas jalan Dr Mangku.

"Tadinya saya mau lewat jalan SD Pasirgadung 1, tapi jalannya kerendam banjir. Lagian takut juga soalnya airnya deras sekali. Terpaksa jalan memutar, lewat pemakaman di Kampung Pasirgadung 1 yang keluarnya di Dr Mangku, Haurwangi," kata Rina salah seorang warga Kampung Cibodas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir Sungai Cibodas juga melanda Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung. Puluhan hektar sawah di sekitar kampung itu total terendam banjir, begitupun dengan halaman rumah warga yang berada di bantaran sungai.

"Di sinimah banjirnya cuma sampai halaman rumah saja Kang. Alhamdulilah teu ciga tahun kapengker ageungna," kata Kang Iman, warga Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah saat dihubungi wartawan.

Meluapnya air Sungai Cibodas dengan debit air seperti ini memang bukan kali pertama. Berdasarkan data diperoleh, banjir paling besar terjadi sekitar tahun 2014 lalu.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…