Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Sungai Cibodas Meluap, Dua Kampung Dikepung Banjir

Nuki

Jumat, 17 November 2017 - 00:06 WIB

nuki
nuki
A A A

BENCANA kembali melanda Cianjur. Dua kampung di Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang dikepung banjir luapan Sungai Cibodas, Kamis (16/11/2017). 

Hujan yang mengguyur di wilayah Timur Cianjur sejak pukul 15.00 Wib hingga menjelang Magrib, menyebabkan volume debit air Sungai Cibodas meninggi dengan cepat, hingga mengakibatkan Kampung Pasirgadung 2 dan Kampung Babakan Turuy terkepung banjir.

Pantauan Berita Cianjur, hingga pukul 19.30 Wib, luapan air Sungai Cibodas masih mengepung kedua kampung. Bahkan ruas jalan arah Pasirgadung 2 menuju Desa Karangwangi terputus total. Diperkirakan ketinggian air yang merendam jalan mencapai sekitar 70 cm.

Kondisi paling parah dialami Kampung Babakanturuy. Puluhan Kepala Keluarga (KK) di kampung itu bahkan nyaris terisolir. Luapan air Sungai Cibodas terlihat mengitari seluruh ruas jalan utama di sekitar kampung. Warga dipastikan tidak bisa keluar dari kampung disebabkan air Sungai Cibodas mengalir dengan deras.

"Air mulai meluap sekitar pukul 16.00 Wib. Paling parah tadi saya lihat itu di depan SD Pasirgadung 1, ketinggian air mencapai sekitar 70 cm di atas permukaan jalan," ujar Mang Azis warga Kampung Pasirgadung 2 kepada Berita Cianjur, Kamis (16/11/2017).

Warga Kampung Pasirgadung 2 masih terbilang beruntung dibandingkan Kampung Babakan Turuy. Meski tak bisa melintasi jalan arah menuju kantor Desa Karangwangi, warga masih bisa menggunakan jalan ke arah Kampung Pasirgadung 1, tembus ke arah ruas jalan Dr Mangku.

"Tadinya saya mau lewat jalan SD Pasirgadung 1, tapi jalannya kerendam banjir. Lagian takut juga soalnya airnya deras sekali. Terpaksa jalan memutar, lewat pemakaman di Kampung Pasirgadung 1 yang keluarnya di Dr Mangku, Haurwangi," kata Rina salah seorang warga Kampung Cibodas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir Sungai Cibodas juga melanda Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung. Puluhan hektar sawah di sekitar kampung itu total terendam banjir, begitupun dengan halaman rumah warga yang berada di bantaran sungai.

"Di sinimah banjirnya cuma sampai halaman rumah saja Kang. Alhamdulilah teu ciga tahun kapengker ageungna," kata Kang Iman, warga Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah saat dihubungi wartawan.

Meluapnya air Sungai Cibodas dengan debit air seperti ini memang bukan kali pertama. Berdasarkan data diperoleh, banjir paling besar terjadi sekitar tahun 2014 lalu.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 42 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 43 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.