Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Dinsos Akui Kesulitan Lakukan Pendataan Kalangan Disabilitas

Angga Purwanda

Minggu, 19 November 2017 - 17:06 WIB

Net
Net
A A A

Tahun 2016 di Cianjur Terdapat 5071 Kaum Difabel

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur terkendala dengan proses pendataan kalangan disabilitas. Hal itu, berdampak pada tingkat akurasi, padahal data terkait dalam waktu dekat akan digunakan untuk keperluan Pilkada 2018.

Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Sosial dan Disabilitas Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial (Yanrehsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur, Marzuki mengatakan, pendataan kaum difabel terganjal beberapa hambatan hingga akhirnya, pihaknya harus menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk diedarkan.

“Kami akui cukup kesulitan, sejauh ini masih mengandalkan data BPS terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Karena, data yang disajikan spesifik dan lengkap,” kata Marzuki, kepada wartawan, Kamis (16/11/2017).

Saat ini, sebut Marzuki, data BPS menyebutkan terdapat 5.071 difabel di Kabupaten Cianjur per 2016 lalu. Namun, data tersebut pun dinilai masih perlu divalidasi dengan pendataan tahunan. Menurut dia, meski data BPS diandalkan sejauh ini, dinsos tidak semerta-merta menghilangkan proses pendataan secara mandiri.

Marzuki mengaku, dinsos tetap melakukan validasi tahunan terhadap keberadaan kaum difabel di Cianjur. Hanya saja, metode yang dipilih bersifat general, dengan kata lain, pendataan yang dilakukan dinsos tidak menyertakan spesifikasi penyandang disabilitas seperti yang dilakukan BPS.

”Pendataan umum melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Mereka melaporkan seluruh persoalan sosial, khususnya validasi 26 kategori PMKS,” katanya.

Dinsos berdalih hanya mampu melakukan pendataan umum, karena ketiadaan anggaran yang memaksa mereka mendata tanpa proses spesifikasi. Selain itu, dinsos kekurangan petugas untuk disebar ke seluruh wilayah Cianjur, sehingga pendataan PMKS saat ini cukup dipercayakan kepada TKSK.

Marzuki menambahkan, meskipun terkendala hal tersebut, dinsos berusaha untuk tetap mengoptimalkan pendataan. Apalagi, selain digunakan untuk pemberian bantuan, data difabel juga dalam waktu dekat akan menjadi sumber informasi terkait pemegang hak pilih dalam Pilkada 2018.

”Tidak berhenti di sana, kami juga terkendala oleh kesediaan keluarga mendaftarkan anggota keluarga mereka yang merupakan difabel. Masih banyak yang menyembunyikan keberadaannya, makanya sulit untuk mendeteksinya,” katanya.

Hal itu juga akhirnya, berdampak pada banyak hal termasuk kepemilikan kartu identitas yang menjadi syarat menggunakan hak pilih. Menurut dia, jangankan kartu tanda penduduk (KTP), terkadang penyandang disabilitas pun tidak terdata di kartu keluarga (KK).

Melihat kondisi tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur Anggi Sofia Wardhani mengatakan, saat ini sosialisasi kepada kalangan disabilitas memang terus diintensifkan. Menurut dia, kaum difabel menjadi salah satu pemilik suara yang tidak boleh diabaikan haknya, sehingga keberadaannya pun perlu terus digali.

”Melalui sosialisasi kami memaksimalkan tenaga yang membantu kalangan disabilitas. Akses ke tempat pemungutan suara harus ramah disabilitas, supaya mereka nyaman untuk berpartisipasi,” ujar Anggi.

Gencarnya sosialisasi pun menjadi bentuk keseriusan KPU untuk menyertakan penyandang disabilitas dalam gelaran Pilkada 2018. Menurut Anggi, penyandang disabilitas harus terus diajak untuk berperan serta dalam gelaran akbar tingkat provinsi tersebut.

”Meskipun seringkali keberadaan mereka saat pemilihan tidak terdeteksi, setidaknya ada kesadaran atau keinginan bagi mereka dan keluarga untuk berpartisipasi. Memilih dalam Pilkada adalah hak mereka, jadi jangan sampai mereka dilupakan,” katanya.

Apalagi, banyaknya penyandang disabilitas juga akan memberikan pengaruh besar terhadap pemungutan suara pada pemilihan tahun mendatang. Oleh karena itu, KPU terus berkoordinasi dengan dinsos untuk memaksimalkan tenaga dalam membantu difabel, sekaligus mengoptimalisasikan data terkait.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…