Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Dinsos Akui Kesulitan Lakukan Pendataan Kalangan Disabilitas

Angga Purwanda

Minggu, 19 November 2017 - 17:06 WIB

Net
Net
A A A

Tahun 2016 di Cianjur Terdapat 5071 Kaum Difabel

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur terkendala dengan proses pendataan kalangan disabilitas. Hal itu, berdampak pada tingkat akurasi, padahal data terkait dalam waktu dekat akan digunakan untuk keperluan Pilkada 2018.

Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Sosial dan Disabilitas Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial (Yanrehsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur, Marzuki mengatakan, pendataan kaum difabel terganjal beberapa hambatan hingga akhirnya, pihaknya harus menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk diedarkan.

“Kami akui cukup kesulitan, sejauh ini masih mengandalkan data BPS terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Karena, data yang disajikan spesifik dan lengkap,” kata Marzuki, kepada wartawan, Kamis (16/11/2017).

Saat ini, sebut Marzuki, data BPS menyebutkan terdapat 5.071 difabel di Kabupaten Cianjur per 2016 lalu. Namun, data tersebut pun dinilai masih perlu divalidasi dengan pendataan tahunan. Menurut dia, meski data BPS diandalkan sejauh ini, dinsos tidak semerta-merta menghilangkan proses pendataan secara mandiri.

Marzuki mengaku, dinsos tetap melakukan validasi tahunan terhadap keberadaan kaum difabel di Cianjur. Hanya saja, metode yang dipilih bersifat general, dengan kata lain, pendataan yang dilakukan dinsos tidak menyertakan spesifikasi penyandang disabilitas seperti yang dilakukan BPS.

”Pendataan umum melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Mereka melaporkan seluruh persoalan sosial, khususnya validasi 26 kategori PMKS,” katanya.

Dinsos berdalih hanya mampu melakukan pendataan umum, karena ketiadaan anggaran yang memaksa mereka mendata tanpa proses spesifikasi. Selain itu, dinsos kekurangan petugas untuk disebar ke seluruh wilayah Cianjur, sehingga pendataan PMKS saat ini cukup dipercayakan kepada TKSK.

Marzuki menambahkan, meskipun terkendala hal tersebut, dinsos berusaha untuk tetap mengoptimalkan pendataan. Apalagi, selain digunakan untuk pemberian bantuan, data difabel juga dalam waktu dekat akan menjadi sumber informasi terkait pemegang hak pilih dalam Pilkada 2018.

”Tidak berhenti di sana, kami juga terkendala oleh kesediaan keluarga mendaftarkan anggota keluarga mereka yang merupakan difabel. Masih banyak yang menyembunyikan keberadaannya, makanya sulit untuk mendeteksinya,” katanya.

Hal itu juga akhirnya, berdampak pada banyak hal termasuk kepemilikan kartu identitas yang menjadi syarat menggunakan hak pilih. Menurut dia, jangankan kartu tanda penduduk (KTP), terkadang penyandang disabilitas pun tidak terdata di kartu keluarga (KK).

Melihat kondisi tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur Anggi Sofia Wardhani mengatakan, saat ini sosialisasi kepada kalangan disabilitas memang terus diintensifkan. Menurut dia, kaum difabel menjadi salah satu pemilik suara yang tidak boleh diabaikan haknya, sehingga keberadaannya pun perlu terus digali.

”Melalui sosialisasi kami memaksimalkan tenaga yang membantu kalangan disabilitas. Akses ke tempat pemungutan suara harus ramah disabilitas, supaya mereka nyaman untuk berpartisipasi,” ujar Anggi.

Gencarnya sosialisasi pun menjadi bentuk keseriusan KPU untuk menyertakan penyandang disabilitas dalam gelaran Pilkada 2018. Menurut Anggi, penyandang disabilitas harus terus diajak untuk berperan serta dalam gelaran akbar tingkat provinsi tersebut.

”Meskipun seringkali keberadaan mereka saat pemilihan tidak terdeteksi, setidaknya ada kesadaran atau keinginan bagi mereka dan keluarga untuk berpartisipasi. Memilih dalam Pilkada adalah hak mereka, jadi jangan sampai mereka dilupakan,” katanya.

Apalagi, banyaknya penyandang disabilitas juga akan memberikan pengaruh besar terhadap pemungutan suara pada pemilihan tahun mendatang. Oleh karena itu, KPU terus berkoordinasi dengan dinsos untuk memaksimalkan tenaga dalam membantu difabel, sekaligus mengoptimalisasikan data terkait.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.