Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pembangunan Trotoar Diduga Jadi Ajang Pungli

Wawan

Senin, 20 November 2017 - 06:44 WIB

foto: Wawan/BC
foto: Wawan/BC
A A A

**Pemilik Bangunan Diminta Bayaran hingga Rp3 Juta

PEMBANGUNAN trotoar yang tengah gencar di Kabupaten Cianjur, diduga dimanfaatkan sejumlah oknum untuk mencari keuntungan pribadi. Benarkah?

Ya, dugaan pungutan liar (pungli) berkedok retribusi jalan masuk bangunan, dialami sejumlah pihak. Terutama pemilik bangunan yang berada di sisi jalan dan bertepatan dengan pembangunan trotoar.

Pemilik bangunan di Jalan Mangunsarkoro, Heri (nama disamarkan) mengaku sudah membayar sejumlah uang yang diminta oleh oknum yang mengaku pihak ketiga pada pembangunan trotoar. Alasan pembayaran itu diperuntukkan untuk retribusi jalan masuk gedung.

“Saya diminta uang Rp2 juta untuk retribusi jalan masuk gedung melalui trotoar. Akhirnya terpaksa saya bayar, karena jika tidak dibayar maka jalan masuk ke rumah akan ditutup dengan trotoar,” ungkap Heri yang khawatir dengan keamanan dirinya jika menyebutkan nama aslinya, Minggu (19/11/2017).

Warga Kampung Salakopi, Anwar (nukan nama sebenarnya, red) mengalami hal serupa, malah jumlah uang yang diminta lebih besar. Lantaran, luas jalan masuk rumahnya lebih besar dibandingkan gedung lainnya.

“Iya, saya diminta Rp 3 juta untuk jalan masuk gedung, lantaran luasannya lebih besar dari yang lain,” aku Anwar.

Saat membayar, Anwar mengaku bingung karena bukti pembayaran retribusi jalan masuk tidak diberikan. Saat diminta, selalu beralasan. Selama pembayaran itu benar retribusi resmi, sambung Anwar, dirinya tidak akan mempermasalahkannya.

“Kalau bukti saja tidak diberikan, wajar jika akhirnya saya menduga ini pungli berkedok retribusi jalan masuk gedung,” sebut Anwar.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menegaskan, akan menutup kembali jalan masuk yang kedapatan tidak memiliki retribusi.

“Saya akan tutup kembali jalan masuk yang tidak memiliki izin. Bahkan, oknum pihak ketiga yang terbukti melakukan pungli tidak akan saya bayar hasil kerjanya,” tegasnya.

Herman menjelaskan, retribusi jalan masuk melalui trotoar didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 Tahun 2012 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Peraturan tersebut telah mengatur besaran retribusi yang harus dibayarkan untuk jalan masuk.

“Itukan menggunakan tanah negara, sudah selayaknya dikenakan retribusi. Jika besaran yang dibebankan melebihi yang diatur jelas itu pungli, dan itu dilarang,” jelas Herman.

Herman menerangkan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten telah mengimbau bagi pemilik rumah atau gedung yang letaknya tepat di pinggir jalan untuk mengurus perizinannya. Namun, karena tidak mengindahkan itu menjadi resiko pemilik rumah.

“Dulu pernah dilakukan pendataan oleh dinas terkait agar pemilik segera mengurus perizinannya, namun tidak ada yang mengurus perizinannya. Kalau sekarang ditutup dan mengeluh, kemarin kemana aja,” pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.