Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

Keluarga Kiki, Tempati Rumah Bakti Bhayangkara Layak Huni

Angga Purwanda

Selasa, 21 November 2017 - 20:23 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman meresmikan rumah bakti Bhayangkara layak huni di Jalan Profesor Muhamad Yamin, Gang Anggrek RT 001/008, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Selasa (21/11/2017).

Rumah bakti Bhayangkara layak huni merupakan bentuk kepedulian Kepolisian Resor (Polres) Cianjur bersama sejumlah komunitas sosial di Cianjur terhadap persoalan sosial, khususnya rumah tidak layak huni (rutilahu).

Pembangunan rumah bakti Bhayangkara layak huni itu diperuntukan bagi keluarga Kiki Gunawan, yang merupakan salah satu keluarga beruntung di wilayah itu.

Hadir dalam acara peresmian itu, Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman, Wakapolres Cianjur Kompol Santiadji Kartasasmita,Kasatantas AKP Rendy Setia Permana, Sejumlah Pejabat Utama di Polres Cianjur, Ketua Ngerayap Comunity (NC), H Aris Mulkan, H Andry dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Arif Budiman, mengungkapkan, peresmian rumah bakti Bhayangkara itu, satu di antara tugas kepolisian dalam meningkatkan kualitas sosial masyarakat.

“Semoga dengan selesainya pembangunan rumah bakti Bhayangkara ini, keluarga Bapak Kiki dapat menjaga dan merawat tempat tinggal yang kini lebih layak,” ujar orang nomor satu di Polres Cianjur itu, disela-sela, peresmian, Selasa (21/11/2017).

Sementara itu, Kiki Gunawan (62), mengaku bahagia dan mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Polres Cianjur dan semua pihak yang telah membantu membangun tempat tinggalnya menjadi layak huni.

“Banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga ini menjadi amal ibadah bagi para dermawan,” ucap Kiki.

Sebelumnya, Titi Suryaningsih (60) dan Kiki Gunawan (62) harus tinggal di rumah gubuk yang sudah tak layan huni. Belum ada bantuan yang diterima mereka, padahal janji dan permintaan untuk pengajuan bantuan sudah sering datang tanpa realisasi‎.

Keduanya sudah tinggal di rumah berukuran 5x3 meter di Gang Anggrek, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur. Bagian samping rumah tampak sudah roboh, sementara bangunan secara keseluruhan mulai miring.

Di dalam rumah, langit-langit sudah tak berbentuk dengan lantai yang‎ tidak rata. Mirisnya, ketika hujan turun, hanya bagian seluas 2x3 meter yang bisa dijadikan tempat berteduh dan tidur. "Kalau hujan kasur juga kehujanan. Malahan sewaktu saya sakit, sampai tetangga yang ngelapin," ujar Titi saat ditemui di rumahnya, belum lama ini.

Titi mengungkapkan, dia sudah tinggal di rumah tersebut sejak 1973 bersama orangtuanya.  Kemudian dia tinggal bersama sang suami pada 1982. "Suah puluhan tahun ibu di sini, sekarang ya kondisinya begini, sudah tidak layak," ucapnya.

Penghasilan suami yang hanya kuli bangunan tiak cukup untuk merenovasi rumah, meskipun untuk menambah penyangga. Untuk makan pun, kadang dia harus sangat berhemat ketika mendapat uang.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…