Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Keluarga Kiki, Tempati Rumah Bakti Bhayangkara Layak Huni

Angga Purwanda

Selasa, 21 November 2017 - 20:23 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman meresmikan rumah bakti Bhayangkara layak huni di Jalan Profesor Muhamad Yamin, Gang Anggrek RT 001/008, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Selasa (21/11/2017).

Rumah bakti Bhayangkara layak huni merupakan bentuk kepedulian Kepolisian Resor (Polres) Cianjur bersama sejumlah komunitas sosial di Cianjur terhadap persoalan sosial, khususnya rumah tidak layak huni (rutilahu).

Pembangunan rumah bakti Bhayangkara layak huni itu diperuntukan bagi keluarga Kiki Gunawan, yang merupakan salah satu keluarga beruntung di wilayah itu.

Hadir dalam acara peresmian itu, Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman, Wakapolres Cianjur Kompol Santiadji Kartasasmita,Kasatantas AKP Rendy Setia Permana, Sejumlah Pejabat Utama di Polres Cianjur, Ketua Ngerayap Comunity (NC), H Aris Mulkan, H Andry dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Arif Budiman, mengungkapkan, peresmian rumah bakti Bhayangkara itu, satu di antara tugas kepolisian dalam meningkatkan kualitas sosial masyarakat.

“Semoga dengan selesainya pembangunan rumah bakti Bhayangkara ini, keluarga Bapak Kiki dapat menjaga dan merawat tempat tinggal yang kini lebih layak,” ujar orang nomor satu di Polres Cianjur itu, disela-sela, peresmian, Selasa (21/11/2017).

Sementara itu, Kiki Gunawan (62), mengaku bahagia dan mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Polres Cianjur dan semua pihak yang telah membantu membangun tempat tinggalnya menjadi layak huni.

“Banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga ini menjadi amal ibadah bagi para dermawan,” ucap Kiki.

Sebelumnya, Titi Suryaningsih (60) dan Kiki Gunawan (62) harus tinggal di rumah gubuk yang sudah tak layan huni. Belum ada bantuan yang diterima mereka, padahal janji dan permintaan untuk pengajuan bantuan sudah sering datang tanpa realisasi‎.

Keduanya sudah tinggal di rumah berukuran 5x3 meter di Gang Anggrek, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur. Bagian samping rumah tampak sudah roboh, sementara bangunan secara keseluruhan mulai miring.

Di dalam rumah, langit-langit sudah tak berbentuk dengan lantai yang‎ tidak rata. Mirisnya, ketika hujan turun, hanya bagian seluas 2x3 meter yang bisa dijadikan tempat berteduh dan tidur. "Kalau hujan kasur juga kehujanan. Malahan sewaktu saya sakit, sampai tetangga yang ngelapin," ujar Titi saat ditemui di rumahnya, belum lama ini.

Titi mengungkapkan, dia sudah tinggal di rumah tersebut sejak 1973 bersama orangtuanya.  Kemudian dia tinggal bersama sang suami pada 1982. "Suah puluhan tahun ibu di sini, sekarang ya kondisinya begini, sudah tidak layak," ucapnya.

Penghasilan suami yang hanya kuli bangunan tiak cukup untuk merenovasi rumah, meskipun untuk menambah penyangga. Untuk makan pun, kadang dia harus sangat berhemat ketika mendapat uang.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 16 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…