Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Cau Panjang Jadikan Puskesmas Naringgul Raih Penghargaan

Angga Purwanda

Rabu, 22 November 2017 - 21:04 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Kebutuhan Penanggulangan AKI maupun AKB Bersifat Kontinyu

BERADA di pelosok Cianjur tak menjadi penghalang bagi tenaga medis Kecamatan Naringgul untuk berprestasi. Puskesmas Naringgul yang terletak di selatan Cianjur, membuktikan diri dengan mengukir prestasi dalam bidang kesehatan di pedalaman kabupaten.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53, Puskesmas Naringgul berhasil menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama berprestasi. Puskesmas tersebut menempati posisi kedua setelah Kalimantan Tengah sebagai juara pertama, dan Lombok sebagai juara ketiga. Selain itu, Puskesmas Naringgul juga menerima penghargaan tingkat provinsi dan kabupaten.

Kepala Puskesmas Naringgul Ijuh Subandi mengatakan, Program Cau Panjang (Cadangan Anggaran Persalinan Berjenjang) menjadi program unggulan yang mengantarkan kemenangan puskesmas itu.

”Program pelayanan ibu dan anak ini, menjadi salah satu upaya menekan angka kematian ibu dan bayi (AKI dan AKB). Sejak 2012 sudah kami optimalkan, agar tidak terjadi kematian ibu dan anak di wilayah kami,” kata Ijuh, kepada wartawan, Rabu (22/11/2017).

Melalui program tersebut, Ijuh mengharapkan masyarakat dapat ikut berperan dan memposisikan diri dalam kegiatan kesehatan yang berkaitan dengan ibu dan anak. Menurut dia, Cau Panjang sejauh ini sudah mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, sehingga besar harapan agar kematian ibu dan anak tidak terjadi.

Ijuh mengatakan, pada dasarnya Cau Panjang juga menekankan adanya konsep dari masyarakat untuk masyarakat. Hal itu, menjadi cara agar masyarakat tidak melulu bergantung pada tenaga medis, tapi mereka bisa mengurus diri sendiri sebelum mendapat bantuan lanjutan.

”Program ini perlu dukungan dan partisipasi banyak pihak, terutama masyarakat. Karena komitmen yang kuat perlu dibangun secara lintas sektoral, menyeluruhlah ya,” ujar Ijuh.

Ia menjelaskan, salah satu fokus pelayanan medis mengenai ibu dan anak dilakukan tenaga medis Naringgul, karena kebutuhan penanggulangan AKI maupun AKB memang bersifat kontinyu. Selalu ada risiko dalam kehamilan, persalinan, dan tumbuh kembang ibu serta anak. Maka dari itu, masyarakat dinilai harus paham betul hal-hal terkait keselamatan ibu dan anak.

Selain terus menggencarkan Cau Panjang, Ijuh juga menekankan, jika puskesmas berusaha mendengar dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Ada komitmen yang dibangun secara lintas sektoral dalam realisasi program untuk masyarakat, sehingga pemenuhannya pun berdasarkan kebutuhan publik.

”Walaupun bisa dibilang, kami banyak terkendala karena letak geografis yang jauh dari pusat kota. Tapi, komitmen layanan kesehatan diupayakan optimal, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap akses kesehatan juga tinggi,” ucapnya.

Bersyukur, percepatan pembangunan yang diusung Bupati Cianjur saat ini sedikit demi sedikit mulai membantu akses di selatan. Hal itu, diakui menjadi modal yang membantu agar peningkatan pelayanan di pelosok tetap maksimal.

Ijuh menambahkan, Puskesmas Naringgul juga terus memberikan pelayanan untuk semua kebutuhan masyarakat. Saat ini, puskesmas tersebut sudah siap dengan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

”Ke depannya, kami ingin lebih dekat dengan anak sekolah dan mengajak mereka membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan penanaman tanaman untuk hasil jangka panjang,” kata Ijuh.

Selain itu, diharapkan sebanyak 46.393 warga di 11 desa yang berada di Kecamatan Naringgul dapat tergerak dan ikut menciptakan pola hidup yang lebih baik. Ia menargetkan, pada 2019 mendatang seluruh warga dapat merubah pola hidup sehat mereka.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, prestasi yang diraih 1 dari 45 puskesmas di Cianjur itu menjadi kejutan yang positif. Namun, tidak berhenti disana, serangkaian prestasi yang diraih dalam bidang kesehatan pun menjadi hadiah di Hari Kesehatan Nasional.

”Banyak penghargaan diterima tenaga medis kami, mulai dari puskesmas hingga perseorangan dalam hal ini bidan berprestasi. Tidak hanya itu, program inovasi layanan medis juga berhasil diluncurkan untuk warga,” kata Herman.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…