Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Cau Panjang Jadikan Puskesmas Naringgul Raih Penghargaan

Angga Purwanda

Rabu, 22 November 2017 - 21:04 WIB

Angga Purwanda
Angga Purwanda
A A A

Kebutuhan Penanggulangan AKI maupun AKB Bersifat Kontinyu

BERADA di pelosok Cianjur tak menjadi penghalang bagi tenaga medis Kecamatan Naringgul untuk berprestasi. Puskesmas Naringgul yang terletak di selatan Cianjur, membuktikan diri dengan mengukir prestasi dalam bidang kesehatan di pedalaman kabupaten.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53, Puskesmas Naringgul berhasil menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama berprestasi. Puskesmas tersebut menempati posisi kedua setelah Kalimantan Tengah sebagai juara pertama, dan Lombok sebagai juara ketiga. Selain itu, Puskesmas Naringgul juga menerima penghargaan tingkat provinsi dan kabupaten.

Kepala Puskesmas Naringgul Ijuh Subandi mengatakan, Program Cau Panjang (Cadangan Anggaran Persalinan Berjenjang) menjadi program unggulan yang mengantarkan kemenangan puskesmas itu.

”Program pelayanan ibu dan anak ini, menjadi salah satu upaya menekan angka kematian ibu dan bayi (AKI dan AKB). Sejak 2012 sudah kami optimalkan, agar tidak terjadi kematian ibu dan anak di wilayah kami,” kata Ijuh, kepada wartawan, Rabu (22/11/2017).

Melalui program tersebut, Ijuh mengharapkan masyarakat dapat ikut berperan dan memposisikan diri dalam kegiatan kesehatan yang berkaitan dengan ibu dan anak. Menurut dia, Cau Panjang sejauh ini sudah mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, sehingga besar harapan agar kematian ibu dan anak tidak terjadi.

Ijuh mengatakan, pada dasarnya Cau Panjang juga menekankan adanya konsep dari masyarakat untuk masyarakat. Hal itu, menjadi cara agar masyarakat tidak melulu bergantung pada tenaga medis, tapi mereka bisa mengurus diri sendiri sebelum mendapat bantuan lanjutan.

”Program ini perlu dukungan dan partisipasi banyak pihak, terutama masyarakat. Karena komitmen yang kuat perlu dibangun secara lintas sektoral, menyeluruhlah ya,” ujar Ijuh.

Ia menjelaskan, salah satu fokus pelayanan medis mengenai ibu dan anak dilakukan tenaga medis Naringgul, karena kebutuhan penanggulangan AKI maupun AKB memang bersifat kontinyu. Selalu ada risiko dalam kehamilan, persalinan, dan tumbuh kembang ibu serta anak. Maka dari itu, masyarakat dinilai harus paham betul hal-hal terkait keselamatan ibu dan anak.

Selain terus menggencarkan Cau Panjang, Ijuh juga menekankan, jika puskesmas berusaha mendengar dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Ada komitmen yang dibangun secara lintas sektoral dalam realisasi program untuk masyarakat, sehingga pemenuhannya pun berdasarkan kebutuhan publik.

”Walaupun bisa dibilang, kami banyak terkendala karena letak geografis yang jauh dari pusat kota. Tapi, komitmen layanan kesehatan diupayakan optimal, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap akses kesehatan juga tinggi,” ucapnya.

Bersyukur, percepatan pembangunan yang diusung Bupati Cianjur saat ini sedikit demi sedikit mulai membantu akses di selatan. Hal itu, diakui menjadi modal yang membantu agar peningkatan pelayanan di pelosok tetap maksimal.

Ijuh menambahkan, Puskesmas Naringgul juga terus memberikan pelayanan untuk semua kebutuhan masyarakat. Saat ini, puskesmas tersebut sudah siap dengan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

”Ke depannya, kami ingin lebih dekat dengan anak sekolah dan mengajak mereka membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan penanaman tanaman untuk hasil jangka panjang,” kata Ijuh.

Selain itu, diharapkan sebanyak 46.393 warga di 11 desa yang berada di Kecamatan Naringgul dapat tergerak dan ikut menciptakan pola hidup yang lebih baik. Ia menargetkan, pada 2019 mendatang seluruh warga dapat merubah pola hidup sehat mereka.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, prestasi yang diraih 1 dari 45 puskesmas di Cianjur itu menjadi kejutan yang positif. Namun, tidak berhenti disana, serangkaian prestasi yang diraih dalam bidang kesehatan pun menjadi hadiah di Hari Kesehatan Nasional.

”Banyak penghargaan diterima tenaga medis kami, mulai dari puskesmas hingga perseorangan dalam hal ini bidan berprestasi. Tidak hanya itu, program inovasi layanan medis juga berhasil diluncurkan untuk warga,” kata Herman.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.