Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Duo Dedi Jadi 'Kuda Hitam'

Bis

Kamis, 23 November 2017 - 06:50 WIB

A A A

PEMILIHAN Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018, diperkirakan akan menjadi pertarungan sengit bagi Ridwan Kamil (RK), Dedi Mulyadi (DM) dan Deddy Mizwar (Demiz). Ketiga nama tersebut diprediksi memiliki konstituen fanatis diwilayahnya masing-masing.

Hal tersebut dibenarkan pengamat politik dari Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi. Menurutnya, dilihat perkembangan saat ini, prediksi figur pada Pilgub Jabar nanti akan mengerucut pada 3 calon kuat.

"Dari tiga bakal calon tersebut, di Cianjur khususnya, memang bisa dilihat dari tiga kategori. Pertama soal popularitas, kategori ini dimiliki RK. Meski demikian, duo Dedi juga tidak kalah populernya,“ ujarnya belum lama ini.

Kategori kedua, sambung Dedi, bisa dilihat dari partai pendukung. Maka partai kader kuat di Jabar dipegang Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Tinggal dilihat, PKS akan mengusung siapa?” katanya.

Dedi menambahkan, kategori ketiga bisa dilihat berdasarkan Pilkada sebelumnya. Kala itu, Demokrat menjadi partai penguasa di bawah pimpinan Tjetjep Muchtar Soleh, yang kini menjabat sebagai Ketua DPC Nasdem Cianjur.

"Dilihat dari itu, maka Kang Emil –sapaan akrab RK- prediksi saya tidak akan terbendung. Tetapi bukan berarti duo Dedi tanpa harapan. Bisa jadi mereka akan menjadi kuda hitam. Paling tidak Dedi Mulyadi akan berebut konstituen dengan Kang Emil," tegasnya.

Sementara itu, pemerhati politik muda dari Nahdlatul Ulama, Ispan Diar Fauzi mengungkapkan, pemilih Cianjur masuk dalam kategori rasional.Artinya pemilih sudah sangat cerdas dalam menentukan pilihannya.

Terlepas dari penyelenggaraan Pilkada yang selalu ada sisi negatifnya, salah satunya politik uang, ia menilai pemilih Cianjur akan rasional menilai calon dari segi kualitas dan track record atau prestasinya.

"Jika melihat peluang, saya menilai RK akan mempunyai peluang lebih besar untuk dipilih oleh masyarakat Cianjur. Selain didukung oleh partai yang punya basis suara di Cianjur seperti Nasdem, PKB dan Golkar, RK sendiri punya rekam jejak dan prestasi yang bagus saat jadi Wali Kota Bandung," kata Ispan saat dihubungi terpisah.

Salah satu alasannya, selain prestasi tapi juga dari sejumlah survei nama RK selalu unggul. "Alasan saya juga didasarkan pada beberapa hasil survei yang menempatkan RK diposisi puncak," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 40 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 42 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.