Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Duo Dedi Jadi 'Kuda Hitam'

Bis

Kamis, 23 November 2017 - 06:50 WIB

A A A

PEMILIHAN Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018, diperkirakan akan menjadi pertarungan sengit bagi Ridwan Kamil (RK), Dedi Mulyadi (DM) dan Deddy Mizwar (Demiz). Ketiga nama tersebut diprediksi memiliki konstituen fanatis diwilayahnya masing-masing.

Hal tersebut dibenarkan pengamat politik dari Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi. Menurutnya, dilihat perkembangan saat ini, prediksi figur pada Pilgub Jabar nanti akan mengerucut pada 3 calon kuat.

"Dari tiga bakal calon tersebut, di Cianjur khususnya, memang bisa dilihat dari tiga kategori. Pertama soal popularitas, kategori ini dimiliki RK. Meski demikian, duo Dedi juga tidak kalah populernya,“ ujarnya belum lama ini.

Kategori kedua, sambung Dedi, bisa dilihat dari partai pendukung. Maka partai kader kuat di Jabar dipegang Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Tinggal dilihat, PKS akan mengusung siapa?” katanya.

Dedi menambahkan, kategori ketiga bisa dilihat berdasarkan Pilkada sebelumnya. Kala itu, Demokrat menjadi partai penguasa di bawah pimpinan Tjetjep Muchtar Soleh, yang kini menjabat sebagai Ketua DPC Nasdem Cianjur.

"Dilihat dari itu, maka Kang Emil –sapaan akrab RK- prediksi saya tidak akan terbendung. Tetapi bukan berarti duo Dedi tanpa harapan. Bisa jadi mereka akan menjadi kuda hitam. Paling tidak Dedi Mulyadi akan berebut konstituen dengan Kang Emil," tegasnya.

Sementara itu, pemerhati politik muda dari Nahdlatul Ulama, Ispan Diar Fauzi mengungkapkan, pemilih Cianjur masuk dalam kategori rasional.Artinya pemilih sudah sangat cerdas dalam menentukan pilihannya.

Terlepas dari penyelenggaraan Pilkada yang selalu ada sisi negatifnya, salah satunya politik uang, ia menilai pemilih Cianjur akan rasional menilai calon dari segi kualitas dan track record atau prestasinya.

"Jika melihat peluang, saya menilai RK akan mempunyai peluang lebih besar untuk dipilih oleh masyarakat Cianjur. Selain didukung oleh partai yang punya basis suara di Cianjur seperti Nasdem, PKB dan Golkar, RK sendiri punya rekam jejak dan prestasi yang bagus saat jadi Wali Kota Bandung," kata Ispan saat dihubungi terpisah.

Salah satu alasannya, selain prestasi tapi juga dari sejumlah survei nama RK selalu unggul. "Alasan saya juga didasarkan pada beberapa hasil survei yang menempatkan RK diposisi puncak," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 22/02/2018 20:16 WIB

Partisipasi Pemilih di Pilgub Jabar Diharapkan Meningkat

PARTISIPASI masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 diharapkan meningkat. Karena, dengan meningkatnya pasrtisipasi pemilih dinilai akan meningkatkan kualitas pesta demokrasi…

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

SPRI Cianjur Tolak Kebijakan UU MD3

SERIKAT Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Kabupaten Cianjur berunjukrasa terkait penolakan revisi Undang-undang Nomo 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (22/2/2018).

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

Demiz: Penanganan Sungai Citarum Harus Berkesinambungan

PENANGANAN Sungai Citarum harus dilakukan berkesinambungan. Penanganannya bisa dilakukan secara struktural, non-struktural, dan kultural yang membutuhkan campur tangan semua pihak.

Cianjur Euy 21/02/2018 22:31 WIB

Pemkab Didiorong Keluarkan Regulasi Terkait Usia Pernikahan

PERNIKAHAN usia anak dinilai akan menimbulkan risiko bagi para pasangan, mulai dari kesehatan, ekonomi dan ketahanan keluarga. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur didorong untuk mengeluarkan…

Cianjur Euy 21/02/2018 22:30 WIB

Polres Cianjur Intensifkan Penindakan Kasus Narkoba

PEREDARAN dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Cianjur dinilai sangat mengkhawatirkan. Jumlah orang yang terlibat dalam kasus tersebut terus bertambah, dan telah menyentuh semua kalangan.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…