Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Duo Dedi Jadi 'Kuda Hitam'

Bis

Kamis, 23 November 2017 - 06:50 WIB

A A A

PEMILIHAN Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018, diperkirakan akan menjadi pertarungan sengit bagi Ridwan Kamil (RK), Dedi Mulyadi (DM) dan Deddy Mizwar (Demiz). Ketiga nama tersebut diprediksi memiliki konstituen fanatis diwilayahnya masing-masing.

Hal tersebut dibenarkan pengamat politik dari Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi. Menurutnya, dilihat perkembangan saat ini, prediksi figur pada Pilgub Jabar nanti akan mengerucut pada 3 calon kuat.

"Dari tiga bakal calon tersebut, di Cianjur khususnya, memang bisa dilihat dari tiga kategori. Pertama soal popularitas, kategori ini dimiliki RK. Meski demikian, duo Dedi juga tidak kalah populernya,“ ujarnya belum lama ini.

Kategori kedua, sambung Dedi, bisa dilihat dari partai pendukung. Maka partai kader kuat di Jabar dipegang Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Tinggal dilihat, PKS akan mengusung siapa?” katanya.

Dedi menambahkan, kategori ketiga bisa dilihat berdasarkan Pilkada sebelumnya. Kala itu, Demokrat menjadi partai penguasa di bawah pimpinan Tjetjep Muchtar Soleh, yang kini menjabat sebagai Ketua DPC Nasdem Cianjur.

"Dilihat dari itu, maka Kang Emil –sapaan akrab RK- prediksi saya tidak akan terbendung. Tetapi bukan berarti duo Dedi tanpa harapan. Bisa jadi mereka akan menjadi kuda hitam. Paling tidak Dedi Mulyadi akan berebut konstituen dengan Kang Emil," tegasnya.

Sementara itu, pemerhati politik muda dari Nahdlatul Ulama, Ispan Diar Fauzi mengungkapkan, pemilih Cianjur masuk dalam kategori rasional.Artinya pemilih sudah sangat cerdas dalam menentukan pilihannya.

Terlepas dari penyelenggaraan Pilkada yang selalu ada sisi negatifnya, salah satunya politik uang, ia menilai pemilih Cianjur akan rasional menilai calon dari segi kualitas dan track record atau prestasinya.

"Jika melihat peluang, saya menilai RK akan mempunyai peluang lebih besar untuk dipilih oleh masyarakat Cianjur. Selain didukung oleh partai yang punya basis suara di Cianjur seperti Nasdem, PKB dan Golkar, RK sendiri punya rekam jejak dan prestasi yang bagus saat jadi Wali Kota Bandung," kata Ispan saat dihubungi terpisah.

Salah satu alasannya, selain prestasi tapi juga dari sejumlah survei nama RK selalu unggul. "Alasan saya juga didasarkan pada beberapa hasil survei yang menempatkan RK diposisi puncak," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…