Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

DM Diundang PKB, Demiz Diusung Demokrat, RK Terancam Kehilangan Dukungan Golkar

Gie/bbs

Kamis, 23 November 2017 - 06:51 WIB

A A A

Beritacianjur.com - PENGAMAT Politik dari Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi menilai, kekuatan figur pada Pilgub Jabar akan mengerucut pada tiga Calon kuat.

Mereka adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Lalu bagaimana perkembangan terbaru perjalanan tiga bakal calon tersebut?

Informasi terbaru, Dedi Mulyadi (DM) mendadak memenuhi undangan makan dari Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamakhsyari dan Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda. Diduga pertemuan tersebut membahas politik terkait Pilgub Jabar 2018 mendatang.

Indikasi perbincangan politik itu mencuat dari pernyataan Jimmy yang menyebut dirinya spesialis injury time. Maksudnya, ia mengakui gerakan politiknya biasa pada detik-detik akhir pendaftaran pasangan calon kepala daerah ditutup KPU.

"Saya sebagai Ketua DPC PKB Karawang menjembatani pertemuan Kang Dedi dengan Mas Huda (Syaiful Huda). Semoga silaturahmi ini benar-benar membawa berkah. Target politiknya belum jelas. Tapi perlu digarisbawahi, saya spesialis injury time," ujar Jimmydi Rumah Makan Sindang Reret, Jalan Tarumanegara, Karawang Barat, Rabu (22/11/2017).

Sementara itu, DM mengaku pertemuan tersebut hanya membahas Musyawarah Nasional Luarbiasa (Munaslub) Partai Golkar. Ia mengatakan belum memiliki "jago" untuk dicalonkan sebagai pengganti Setya Novanto dalam Munaslub itu.

"Kalau ngomongin Golkar bukan ngomongin orang. Tapi ngomongin sistem. Ini kan partai tempat ngumpulnya banyak orang. Tanpa melihat latar belakang. Sebagai partai yang sangat plural. Pada kondisi sekarang diperlukan langkah-langkah untuk diselamatkan," ungkapnya.

Menurutnya, jika tidak segera diselamatkan, perolehan suara Partai Golkar bisa terjun bebas ke angka 6 atau bahkan 5 persen pada Pemilu 2019. "Kalau itu terjadi, berapa anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota yang akan hilang?" katanya.

Dedi menegaskan, Golkar harus segera berubah dan perubahannya harus cepat. "Saya yakin kalau Golkar krannya dibuka, orang berkualitas akan muncul. Yang terpenting kita harus sama-sama punya niat baik untuk selamatkan Golkar," ujarnya.

Dedi mengaku sudah bekerja tiap hari untuk melakukan langkah penyelamatan tersebut. Dia ingin semua kader Golkar bergerak cepat jangan memperlambat lagi.

Sementara itu, kabar terbaru dari Deddy Mizwar, Partai Demokrat akhirnya memutuskan akan mengusung Demiz dan Ahmad Syaikhu di Pilgub Jabar. Hal itu berdasarkan putusan majelis tinggi partai Demokrat.

Keputusan tersebut diambil dalam sidang majelis tinggi yang dipimpin langsung Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Selasa (21/11/2017) sekitar pukul 17.00 WIB. Ia juga hadir dalam pertemuan itu.

Ia mengaku memaparkan perkembangan yang terjadi terkait Pilgub Jabar. Termasuk perihal koalisi Demokrat, PKS dan PAN untuk mengusung pasangan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu.

"Jadi jam 17.00 WIB (Selasa) majelis tinggi Demokrat setelah mendengarkan pemaparan kami, pak SBY memutuskan Cagub dari partai Demokrat Demiz dan Syaikhu dari PKS sebagai(cawagub)," kata Ketua DPD Demokrat Jabar Irfan Suryanagara saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya keputusan paket pasangan tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat. Namun, ia belum bisa memastikan lokasi deklarasi pasangan Demiz - Syaikhu akan dilaksanakan.

Ia juga mengaku akan menggelar pertemuan dengan PKS dan PAN membahas deklarasi paket pasangan Demiz-Syaikhu bersama-sama. Sekaligus membut tim sukses pasangan tersebut. "Kamis ini juga mau ketemu PAN dan PKS bahas pembentukan timses. Sekaligus juga soal deklarasi nanti," kata Irfan.

Terakhir kabar terbaru soal perjalanan Ridwan Kamil. Pria yang karib disapa Kang Emil ini terancam kehilangan dukungan dari Partai Golkar. Kondisi tersebut terlihat dari pernyataan Ketua Harian Badan Pengendali Pemenangan Pemilu Golkar Jawa Barat, MQ Iswara.

Iswara menegaskan, pentingnya semua pihak melihat sisi historis dan mekanisme dalam pengambilan keputusan yang diambil oleh sebuah organisasi, apalagi partai politik. Menurutnya, hanya Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, yang sudah melalui tahapan mekanisme dalam partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Secara aturan dan mekanisme di Partai Golkar, hanya Saudara Ketua DPD Golkar Jabar (Dedi Mulyadi) yang diputuskan, baik di wilayah pengurus Kabupaten/Kota, Provinsi maupun rapat-rapat di DPP Golkar. Bahwa kemudian ada nama Pak RK (Ridwan Kamil) yang muncul, saya kira itu realita yang terjadi, walaupun kurang sesuai dengan Juklak 06 Partai Golkar tentang Pilkada," kata Iswara belum lama ini.

Rekomendasi untuk Ridwan Kamil, sambung Iswara, merupakan keinginan perorangan elite yang dilembagakan menjadi keputusan institusi Partai Golkar.

"Karena Pak RK tidak pernah mendaftar untuk maju Pilgub melalui Partai Golkar, saya kira kemunculan nama Beliau dalam rekomendasi itu karena keinginan perorangan saja. Kemudian keinginan ini dilembagakan menjadi rekomendasi," ujarnya.

Semenjak muncul rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk Ridwan Kamil maju dalam Pilgub Jawa Barat, lanjut Iswara, belum pernah ada komunikasi aktif ataupun silaturahmi yang berusaha dijalin oleh Wali Kota Bandung tersebut dengan DPD Golkar Jawa Barat.

"Sejak rekomendasi itu dikeluarkan kan belum ada komunikasi lanjutan dari Pak RK kepada kami di Golkar Jawa Barat," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.