Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

90 Rumah Rusak, 100 Rumah Terancam, 20 KK Mengungsi, Hewan Ternak Tertimbun

Angga Purwanda

Jumat, 24 November 2017 - 06:29 WIB

A A A

**Longsor dan Pergerakan Tanah di Naringgul

SEDIKITNYA 100 unit rumah milik warga di Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul terancam bencana longsor dan pergerakan tanah. Bahkan, 20 kepala keluarga terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya, karena terdampak bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Rifai Azhari mengatakan, bencana longsor dan pergerakan tanah di Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul pertama terjadi pada Sabtu (18/11/2017) berupa longsoran yang menyebabkan kerusakan pada  pekarangan rumah serta kandang ternak milik warga.

Beberapa hari setelahnya, pergerakan tanah di sejumlah titik kembali terjadi dan merusak lebih dari seratus rumah warga, dan menyebabkan 20 keluarga terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya.

"Kami sudah dapat informasi sejak beberapa hari lalu. Dari hasil pemeriksaan tim, ada seratus lebih yang terdampak, 90 rumah rusak ringan dan 20 keluarga mengungsi," kata Rifai, kepada wartawan, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, tidak ada korban luka, apalagi sampai korban jiwa dalam bencana itu. Tetapi beberapa ekor hewan ternak tertimbun. "Jadi yang tertimbun ada, tapi itu hewan, bukan penduduk,"  ucapnya.

Rifai menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan tenda pengungsian di tanah lapang dekat kantor desa,  namun, sebagian besar penduduk memilih untuk mengungsi ke rumah kerabatnya saat malam hari.

"Kalau siang,  mereka beraktifitas seperti biasanya. Jika malam hari, baru mengungsi. Karena, khawatir ada longsor atau pergerakantanah saat mereka tidur," katanya.

Rifai menambahkan, BPBD tengah melakukan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Provinsi Jawa Barat untuk melakukan pemeriksaan ke lokasi. Hal itu dilakukan untuk memastikan pergerakan tanah terus terjadi atau tidak.

"Dalam waktu dekat mereka akan ke Naringgul, memastikan resiko bencana di sana. Jadi kami bisa melakukan langkah selanjutnya," ucapnya.

Selain di Kecamatan Naringgul, ungkap Rifai, BPBD juga melakukan pengecekan di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak. Pergerakan tanah di wilayah tersebut dikhawatirkan terjadi lagi, mengingat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir.

"Meski beberapa waktu lalu sudah tidak terjadi pergerakan, tapi melihat kondisi cuaca terus hujan dikhawatirkan terjadi lagi. Makanya rutin dipantau," ungkapnya.

Sementara itu, untuk mencegah meluasnya kerusakan, akibat ambronyal Jembatan Cibuni, Kecamatan Kadupandak Dinas Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Cianjur melakukan pemasangan besi WM untuk menutup landasan jalan yang ambrol beberapa meter sebelum Jembatan Cibuni.

Kepala Dinas PUPR Cianjur, Dedi Supriyadi, menjelaskan, ambrolnya jalan tersebut akibat labilnya tebing penyangga dibagian bawah jembatan yang terkikis air sungai yang cukup deras sejak beberapa pekan terakhir. Sehingga pihaknya akan memasang batu dibagian bawah tebing untuk menahan tidak terjadinya longsor.

"Kami akan memasang besi WM untuk sementara agar jalan tersebut dapat dilalui kendaraan. Untuk perbaikan akan dilakukan secepatnya dalam waktu dekat. Bukan jembatan yang ambrol namun landasan jalan beberapa meter dari jembatan. Harapan kami dalam waktu dekat sudah diperbaiki," kata Dedi.

Seperti diberitakan, jalan penghubung antar kecamatan yang membentang di Kecamatan Kadupandak, tepatnya beberapa meter dari Jembatan Cibuni di Kecamatan Kadupandak, ambrol sebagian.

Pengguna jalan yang hendak melintas di jalur utama antara Kecamatan Kadupandak dan Cijati itu, diimbau untuk waspada dan berhati-hati terutama ketika hujan turun deras.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…