Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Cuaca Ekstrem, TNGGP Evaluasi Jalur Pendakian

Angga Purwanda

Minggu, 03 Desember 2017 - 23:05 WIB

Cuaca Ekstrem
Cuaca Ekstrem
A A A

Event Lari Ultra Trail di Gunung Gede Pangrango Terpaksa Dihentikan

Beritacianjur.com - EMPAT hari pasca penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akibat kondisi cuaca ekstrem, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) akan melakukan evaluasi untuk mempertimbangkan kembali dibukanya jalur pendakian itu.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Mimi Murdiah mengatakan, tim akan mencoba melihat kondisi terkini di jalur pendakian karena selama dua hari ke belakang cuaca terbilang cukup cerah.

”Kami mau melihat setelah cuaca lebih baik sekarang, apakah memungkinkan untuk jalur kembali dibuka. Makanya kami juga mulai mengumpulkan keterangan dari berbagai pihak di sekitar lokasi,” kata Mimi, kepada wartawan, Minggu (3/12/2017).

Mimi menuturkan, cuaca yang lebih kondusif saat ini dinilai menjadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi dalam mempertimbangkan pembukaan jalur pendakian. Bahkan, dengan membaiknya cuaca beberapa hari ini, Wisata Cibereum yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango pun sudah kembali dibuka.

Mimi mengungkapkan, sepekan terakhir Kabupaten Cianjur berada dalam cuaca ekstrem. Berdasarkan pantauan petugas Balai TNGGP dan juga informasi dari pendaki gunung tersebut, cuaca di puncak gunung tergolong ekstrem dan membahayakan.

”Bahkan, kemarin event lari ultra trail yang diadakan di Gunung Gede Pangrango pun harus dihentikan. Harusnya ada beberapa kategori balapan, kalau tidak salah sampai 300 kilometer tapi akhirnya berhenti di 200 kilometer saja,” katanya.

Menurut pengakuan peserta lomba yang mayoritas merupakan pelari nasional itu, kondisi Gunung Gede Pangrango dinilai tidak aman. Kebanyakan peserta tidak berani meneruskan perlombaan, karena cuaca di atas terlalu ekstrem.

Mimi menjelaskan, saat itu angin bertiup sangat kencang dan membuat peserta seolah melayang saat berlari. Oleh karena itu, lomba yang dilangsungkan sejak Senin (27/11/2017) dan rencananya selesai pada Sabtu (2/12/2017) itu pun diakhiri meski tidak sesuai target.

”Selain itu juga, karena angin kencang akhirnya banyak pohon yang tumbang. Hari Jumat kemarin itu bisa dibilang sebagai puncak badai, soalnya pohon tumbang dan kabel-kabel listrik putus,” ucap Mimi.

Kondisi yang berlangsung tersebut, akhirnya memaksa sekitar 600 jadwal pendakian selama 1-3 Desember 2017 harus dibatalkan. Mimi mengaku, tidak ingin ambil risiko dengan tetap membiarkan pendaki menaiki gunung tersebut.

Sejauh ini pun, pihak Balai TNGGP sudah memberikan pilihan kepada calon pendaki, untuk menerima kembali biaya yang sudah dibayarkan atau menggeser hari pendakian.

”Tapi namanya juga penutupan karena force major, jadi meskipun ditutup pasti akan segera dibuka melihat perkembangan cuaca. Semoga tidak lama lagi dibuka,” katanya.

Sebelumnya, Balai TNGGP bekerjasama dengan relawan dan masyarakat sekitar untuk melakukan pengamanan jalur. Tim gabungan tersebut, terlibat untuk menyisir pendaki yang sudah terlanjur naik agar segera turun dari area pendakian.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Rivai mengatakan, kawasan utara Cianjur belakangan ini memang dikepung oleh angin kencang dan pohon tumbang.

”Makanya, imbauan untuk tidak mendaki itu memang sudah sebaiknya dipatuhi. Apalagi, beberapa hari ini memang di utara banyak sekali pohon tumbang di beberapa titik karena angin kencang,” ucap Rifai.

Sebab itu, masyarakat diimbau untuk lebih waspada selama cuaca dinilai membahayakan kondisi sekitar. Selain di kawasan utara, pohon tumbang sedang marak kawasan perkotaan Cianjur. Sementara itu, potensi bencana di kawasan selatan masih didominasi oleh longsor dan pergerakan tanah saat hujan terjadi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…