Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Semarak Gelaran Ciranjang Festival Desa

Apip Samlawi

Minggu, 03 Desember 2017 - 22:59 WIB

Berita Cianjur/Apip Samlawi
Berita Cianjur/Apip Samlawi
A A A

Beritacianjur.com - SEDIKITNYA 53 Paud dan 45 Kader Posyandu se Kecamatan Ciranjang Ikuti berbagai lomba pada Ciranjang Festival Desa, yang  dilaksanakan di lingkungan Desa Karangwangi,  Kecamatan setempat, dan  diprakarsai Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kecamatan Ciranjang.

Festival desa tersebut, dibuka langsung Camat Ciranjang dan dihadiri Muspika lainnya, Kepala UPTD Kesehatan, UPTD Pendidikan, Kepala KBPP, para Kepala Desa  se kecamatan Ciranjang dan puluhan undangan lainnya.

Seluruh materi lomba  pada Ciranjang Festival desa, mengenai keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sosial kemasyarakatan, tentu saja seluruh peserta loma terlihat antusias dan proaktif terhadap seluruh kegiatan.

Fasilitator Kecamatan (FK) GSC Kecamatan Ciranjang,  Eneng Heliyanti (42) menerangkan, digelarnya Ciranjang Festival Desa, itu merupakan suatu inplentasi dari berbagai kegiatan program GSC yang telah dilaksanakan pada peserta didik yang orang tuanya dianggap kurang beruntung di Kecamatan Ciranjang beberapa tahun yang lalu, utamanya mengenai peningkatan kecerdasan, kesehatan dan keterampilan seluruh siswa yang di bawah asuhan GSC, khususnya siswa Paud.

Sedangkan Kader Posyandu, itu merupakan suatu mitra kerja GSC selama menjalankan tugas program yang disampaikan pada masyarakat melalui Posyandu dan Pemerintahan desa itu sebagai orang tua asuh siswa sasaran yang diberi program pihak GSC.

"Pogram GSC kedepannya akan ditiadakan, mungkin saja namanya akan diganti dengan nama program lain. Semoga saja program tersebut diturunkan lagi pihak Pemerintahan Pusat, karena masih banyak warga Ciranjang yang perlu dibantu tentang Pendidikan, keseatan dan perekonomiannya, "ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciranjang, M. Sidiq Gunawan menambahakan, dengan dilaksanakannya berbagai loba yang diikuti Pemerintahan desa, Kader Posyandu dan seluruh siswa/siswi Paud se Kecamatan Ciranjang, mulai dari lomba media komunikasi antar desa, lomba penyampaian materi antar Kader Posyandu dan lomba hapalan ayat pendek dalam Juzamma, cara berdoa, membasuh tangan, Karnafal, tari, mewarnai dan lomba keterampilannya yang diikuti seluruh murid Paud se Kecamatan Ciranjang.

Program ini jelas Sidik sangat membantu pihak UPTD Pendidikan Kecamatan Ciranjang, karena seluruh materi yang disajikan itu merupakan suatu, evaluasi, mengukur kecerdasan, keterampilan dalam kreatif seluruh siswa Paud.

"Cara hidup sehatpun terukur juga. Banyak siswa PAUD yang pemikirannya masih polos sudah mampu dan berani tambil beda melaksanakan cara bersuci tangan dengan baik dan benar,"ungkapnya.

Dengan itu, diharapakan kepada seluruh Kepala dan guru PAUD yang ada di Kcamatan Ciranjang, harus mampu meneruskan program GSC yang begitu bagus. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:51 WIB

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.