Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

Sahabat APVI Fokus Kampanye Legalisasi Vape

Rizky

Senin, 04 Desember 2017 - 21:37 WIB

Sahabat APVI
Sahabat APVI
A A A

Beritacianjur.com - SAHABAT APVI (Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia) terus melakukan komunikasi dan kampanye positif vape (rokok elektrik) ke berbagai komunitas vape di Indonesia. Salah satunya yang dilakukan di Cianjur pada Jumat (1/12/2017) lalu. Sahabat APVI menyinggahi Kabupaten Cianjur untuk mendukung penuh kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) yang diselenggarakan Komunitas Vape Cianjur.

Ketua Sahabat APVI, Hasiholan Manurung menerangkan, Sahabat APVI fokus kampanye ke berbagai lini komunitas vape. Pasalnya, demi legalisasi vape di Indonesia dibutuhkan peran aktif komunitas untuk membantu Sahabat APVI menyuarakan persoalan yang ada ke pemerintah.

“Konsumen vape yang tergabung dalam komunitas, apapun mereknya harus bersatu padu memviralkan harapan agar pemerintah mendengar suara konsumen dan melegalkan vape. Vape bisa memberikan kontribusi yang nyata sebagai pendapatan negara jika sudah diatur regulasinya,” ujar  Hasiholan Manurung.

Sementara pada Minggu (3/12/2017), Sahabat APVI bersama Komunitas Vape Bustraid dan Dewan Pengurus APVI mengadakan Press Confrence, bertempat di event Jakarta Vape Project Mall Kelapa gading Jakarta Utara. Melalui konfrensi pers, Kepala Humas APVI Romedal mengatakan, dari segi ekonomi vape akan menjadi industri kreatif yang mensupport hasil perkebunan dari semua sektor. Terhitung estimasi jumlah pedagang vape di Indonesia mencapai 3.500 penjual.

Pihaknya berharap dengan adanya kebijakan pengenaan cukai 57 persen pada cairan (liquid) vape mulai Juli 2018, dapat dipertimbangkan kembali mengingat kesanggupan dari para pelaku industri vape hanya di angka 10 hingga 15 persen.

"Misalnya, pengaturannya tidak hanya masalah cukai semata dan diikuti oleh penjelasan tentang penjualan, distribusi, ukuran, detail bahan, dan lainnya," jelasnya.

Dengan adanya kebijakan yang jelas tersebut, kata Rhomedal, akan memberikan kepastian usaha dan meminimalisir terjadinya tindak penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. "Asosiasi sendiri terus melakukan kampanye, promosi dan sosialisasi agar pengusaha dan konsumen dalam bisnis ini, mengikuti regulasi dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," tambahnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan cukai bagi cairan (liquid) vape dengan besaran 57 persen mulai 1 Juli 2018. Ketentuan ini terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2017, cairan (liquid) vape dinilai sudah sesuai dengan objek cukai yang mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 39 Tahun 2007.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…