Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Pengunduran Diri Ketua KONI Kembali Disoal

Angga Purwanda

Selasa, 05 Desember 2017 - 21:02 WIB

Pengunduran Diri Ketua KONI
Pengunduran Diri Ketua KONI
A A A

Pengurus Desak Durosid Jelaskan Penggunaan Anggaran dari Pemkab

Beritacianjur.com - PENGUNDURAN diri, Durosid sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Minggu (3/12/2017) kemarin tak hanya menyisakan kebingungan bagi para atlet yang kini tengah menjalani babak kualifikasi Porda Jabar 2018.

Tetapi juga bagi para pengurus yang mempertanyakan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban yang diberikan oleh Durosid, terkait kinerja dan pertanggungjawaban keuangan selama dirinya menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Cianjur periode 2017-2021.

Kepala Bidang Pusat Data KONI Kabupaten Cianjur, Eka Merdeka, mengungkapkan, pengunduran diri Durosid dari kursi Ketua KONI Kabupaten Cianjur, tak hanya mengecewakan atlet tetapi juga para pengurus.

Selain tak adanya komunikasi awal dengan para pengurus, jelas Eka, penguduran diri Durosid juga menyisakan pertanyaan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang diberikan oleh Durosid.

“Kami kecewa dengan apa yang telah dilakukan (pengunduran dir, red)  oleh Pak Durosid. Sebab, undangan yang kami terima pada saat itu agendanya bukan pengunduran diri. Tetapai membahas persiapan babak kualifikasi sejumlah cabang olahraga (cabor) jelang Porda 2018 mendatang. Jelas ini, tak gentelman ,” kata Eka, kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

“Seharusnya, jika memang yang bersangkutan berniat untuk mengundurkan diri lakukan dulu komunikasi dengan kami sebagai pengurus atau perwakilan setiap cabor yang ada. Jangan seenaknya saja menggundurkan diri, masih ada yang harus dipertanggungjawabkan kepada pengurus dan cabor,” sambung pria yang akrab di sapa Caca itu.

Eka meminta, Durosid agar segera menyelesaikan dan memberikan laporan pertanggungjawaban kepada para pengurus dan cabor, terutama dalam hal penggunaan anggaran yang telah digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk KONI.

“Berikan kami LPJ yang jelas, agar semuanya menjadi tuntas. Karena, selama ini kami (pengurus) tak pernah dilibatkan dalam pembahasan atau penggunaan anggaran dari pemkab tersebut. Padahal nilainya cukup besar, yaitu Rp 500 juta,” ucapnya.

Sebelumnya, mundurnya Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Durosid, Minggu (3/12/2017) membuat sejumlah atlet yang akan berlaga pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2018 kebingungan.

Seperti yang diungkapkan, Pelatih Kepala Cabang Olahraga Judo, Novi Yulianti Hartono.  Kabar pengunduran diri Durosid membuat para atletnya terkejut, mengingat persiapan mereka sudah setengah jalan di babak kualifikasi.

”Ketika dapat kabar soal pengunduran diri ketua, enggak tahu harus ngomong apa. Dan hal itu, untuk judo pasti ada dampaknya. Apalagi, karena Judo itu salah satu olahraga yang perlu dapat perhatian lebih,” kata Novi, kepada wartawan, Senin (4/12/2017).

Menurut Novi, mundurnya Ketua KONI yang baru dilantik pada 2017 itu, cukup membuat atlet judo kehilangan arah dan fokus. Pasalnya, beberapa waktu lalu, pertukaran informasi antara atlet dan Durosid masih berjalan dengan baik. Terakhir kali, Novi telah memaparkan kebutuhan para atlet sebelum berangkat menjalani kualifikasi.

Novi menjelaskan, judo merupakan olahraga yang sejauh ini mampu menyumbang cukup banyak prestasi. Para atlet junior dan senior mampu mempersembahkan medali, ia mengklaim atletnya berhasil berlaga dan menjadi juara umum atau nasional.

”Jadi kami memang butuh perhatian lebih, apalagi kebutuhan kami juga terbilang banyak di cabang olahraga ini. Judo membutuhkan banyak stamina, vitamin, dan asupan-asupan lain sebagai olahraga yang powerful,” jelasnya.

Novi menjelaskan, sebenarnya hal-hal yang terjadi di dalam hirarki kepemimpinan KONI tidak boleh sampai mempengaruhi persiapan atlet. Menurut dia, atlet hanya perlu fokus mempersiapkan diri untuk kejuaraan-kejuaraan yang ada.

Ia menegaskan, jika judo pun akan berusaha maksimal dalam mewakili Cianjur dan tidak tergoyahkan dengan adanya permasalahan di tubuh KONI. Apalagi, persiapan perlu dioptimalkan mengingat pelaksanaan Porda 2018 hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 21 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.

Cianjur Euy 12/12/2017 07:37 WIB

Disnaker: Persoalan PT Ikon Harus Dibawa ke Pengadilan

DINAS Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cianjur angkat bicara terkait nasib ratusan buruh PT Ikon Garmindo, yang hingga kini belum bisa menerima hak-haknya semasa bekerja di pabrik milik pengusaha…

Cianjur Euy 12/12/2017 07:31 WIB

Banyak Anak Tak Divaksin, Waspadai Wabah Difteri!

PENYAKIT difteri yang terus mewabah meresahkan banyak masyarakat. Di Cianjur, tercatat sudah ada dua anak yang meninggal dunia akibat mengidap penyakit yang sebenarnya nyaris punah.

Bisnis Line 12/12/2017 07:24 WIB

Tingkat Pesanan Kamar Hotel Meningkat

JELANG perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sejumlah hotel dan penginapan di Cianjur mulai dibanjiri pemesan. Tingkat pemesanan kamar hotel dan penginanpan itu mencapai 30 persen, Senin (11/12/2017).