Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pengunduran Diri Ketua KONI Kembali Disoal

Angga Purwanda

Selasa, 05 Desember 2017 - 21:02 WIB

Pengunduran Diri Ketua KONI
Pengunduran Diri Ketua KONI
A A A

Pengurus Desak Durosid Jelaskan Penggunaan Anggaran dari Pemkab

Beritacianjur.com - PENGUNDURAN diri, Durosid sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Minggu (3/12/2017) kemarin tak hanya menyisakan kebingungan bagi para atlet yang kini tengah menjalani babak kualifikasi Porda Jabar 2018.

Tetapi juga bagi para pengurus yang mempertanyakan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban yang diberikan oleh Durosid, terkait kinerja dan pertanggungjawaban keuangan selama dirinya menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Cianjur periode 2017-2021.

Kepala Bidang Pusat Data KONI Kabupaten Cianjur, Eka Merdeka, mengungkapkan, pengunduran diri Durosid dari kursi Ketua KONI Kabupaten Cianjur, tak hanya mengecewakan atlet tetapi juga para pengurus.

Selain tak adanya komunikasi awal dengan para pengurus, jelas Eka, penguduran diri Durosid juga menyisakan pertanyaan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang diberikan oleh Durosid.

“Kami kecewa dengan apa yang telah dilakukan (pengunduran dir, red)  oleh Pak Durosid. Sebab, undangan yang kami terima pada saat itu agendanya bukan pengunduran diri. Tetapai membahas persiapan babak kualifikasi sejumlah cabang olahraga (cabor) jelang Porda 2018 mendatang. Jelas ini, tak gentelman ,” kata Eka, kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

“Seharusnya, jika memang yang bersangkutan berniat untuk mengundurkan diri lakukan dulu komunikasi dengan kami sebagai pengurus atau perwakilan setiap cabor yang ada. Jangan seenaknya saja menggundurkan diri, masih ada yang harus dipertanggungjawabkan kepada pengurus dan cabor,” sambung pria yang akrab di sapa Caca itu.

Eka meminta, Durosid agar segera menyelesaikan dan memberikan laporan pertanggungjawaban kepada para pengurus dan cabor, terutama dalam hal penggunaan anggaran yang telah digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk KONI.

“Berikan kami LPJ yang jelas, agar semuanya menjadi tuntas. Karena, selama ini kami (pengurus) tak pernah dilibatkan dalam pembahasan atau penggunaan anggaran dari pemkab tersebut. Padahal nilainya cukup besar, yaitu Rp 500 juta,” ucapnya.

Sebelumnya, mundurnya Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Durosid, Minggu (3/12/2017) membuat sejumlah atlet yang akan berlaga pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2018 kebingungan.

Seperti yang diungkapkan, Pelatih Kepala Cabang Olahraga Judo, Novi Yulianti Hartono.  Kabar pengunduran diri Durosid membuat para atletnya terkejut, mengingat persiapan mereka sudah setengah jalan di babak kualifikasi.

”Ketika dapat kabar soal pengunduran diri ketua, enggak tahu harus ngomong apa. Dan hal itu, untuk judo pasti ada dampaknya. Apalagi, karena Judo itu salah satu olahraga yang perlu dapat perhatian lebih,” kata Novi, kepada wartawan, Senin (4/12/2017).

Menurut Novi, mundurnya Ketua KONI yang baru dilantik pada 2017 itu, cukup membuat atlet judo kehilangan arah dan fokus. Pasalnya, beberapa waktu lalu, pertukaran informasi antara atlet dan Durosid masih berjalan dengan baik. Terakhir kali, Novi telah memaparkan kebutuhan para atlet sebelum berangkat menjalani kualifikasi.

Novi menjelaskan, judo merupakan olahraga yang sejauh ini mampu menyumbang cukup banyak prestasi. Para atlet junior dan senior mampu mempersembahkan medali, ia mengklaim atletnya berhasil berlaga dan menjadi juara umum atau nasional.

”Jadi kami memang butuh perhatian lebih, apalagi kebutuhan kami juga terbilang banyak di cabang olahraga ini. Judo membutuhkan banyak stamina, vitamin, dan asupan-asupan lain sebagai olahraga yang powerful,” jelasnya.

Novi menjelaskan, sebenarnya hal-hal yang terjadi di dalam hirarki kepemimpinan KONI tidak boleh sampai mempengaruhi persiapan atlet. Menurut dia, atlet hanya perlu fokus mempersiapkan diri untuk kejuaraan-kejuaraan yang ada.

Ia menegaskan, jika judo pun akan berusaha maksimal dalam mewakili Cianjur dan tidak tergoyahkan dengan adanya permasalahan di tubuh KONI. Apalagi, persiapan perlu dioptimalkan mengingat pelaksanaan Porda 2018 hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 23/02/2018 08:00 WIB

Bupati Dilaporkan ke Presiden dan KPK

AROGAN dan kebijakannya menyengsarakan rakyat. Itulah alasan sejumlah aktivis melaporkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar (IRM) ke Presiden Joko Widodo, KPK, ICW, BPK, DPR RI dan Ombudsman, Kamis…

Aktualita 23/02/2018 07:55 WIB

Pembagian Insentif Guru Honor Diduga Jadi Ajang Kampanye

PEMBAGIAN insentif dari Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar untuk guru honorer K2 se-Kecamatan Karangtengah, terindikasi ditumpangi kepentingan politik.

Aktualita 22/02/2018 08:00 WIB

Hei Bupati, Mundur atau Dimundurkan?

ATURAN dilabrak, Undang-Undang dipecundangi dan hukum dikebiri. Ini hanya terjadi di Cianjur yang konon katanya lebih maju dan agamis.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Aktualita 21/02/2018 08:00 WIB

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…