Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Pengunduran Diri Ketua KONI Kembali Disoal

Angga Purwanda

Selasa, 05 Desember 2017 - 21:02 WIB

Pengunduran Diri Ketua KONI
Pengunduran Diri Ketua KONI
A A A

Pengurus Desak Durosid Jelaskan Penggunaan Anggaran dari Pemkab

Beritacianjur.com - PENGUNDURAN diri, Durosid sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Minggu (3/12/2017) kemarin tak hanya menyisakan kebingungan bagi para atlet yang kini tengah menjalani babak kualifikasi Porda Jabar 2018.

Tetapi juga bagi para pengurus yang mempertanyakan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban yang diberikan oleh Durosid, terkait kinerja dan pertanggungjawaban keuangan selama dirinya menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Cianjur periode 2017-2021.

Kepala Bidang Pusat Data KONI Kabupaten Cianjur, Eka Merdeka, mengungkapkan, pengunduran diri Durosid dari kursi Ketua KONI Kabupaten Cianjur, tak hanya mengecewakan atlet tetapi juga para pengurus.

Selain tak adanya komunikasi awal dengan para pengurus, jelas Eka, penguduran diri Durosid juga menyisakan pertanyaan dengan tidak adanya laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang diberikan oleh Durosid.

“Kami kecewa dengan apa yang telah dilakukan (pengunduran dir, red)  oleh Pak Durosid. Sebab, undangan yang kami terima pada saat itu agendanya bukan pengunduran diri. Tetapai membahas persiapan babak kualifikasi sejumlah cabang olahraga (cabor) jelang Porda 2018 mendatang. Jelas ini, tak gentelman ,” kata Eka, kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

“Seharusnya, jika memang yang bersangkutan berniat untuk mengundurkan diri lakukan dulu komunikasi dengan kami sebagai pengurus atau perwakilan setiap cabor yang ada. Jangan seenaknya saja menggundurkan diri, masih ada yang harus dipertanggungjawabkan kepada pengurus dan cabor,” sambung pria yang akrab di sapa Caca itu.

Eka meminta, Durosid agar segera menyelesaikan dan memberikan laporan pertanggungjawaban kepada para pengurus dan cabor, terutama dalam hal penggunaan anggaran yang telah digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur untuk KONI.

“Berikan kami LPJ yang jelas, agar semuanya menjadi tuntas. Karena, selama ini kami (pengurus) tak pernah dilibatkan dalam pembahasan atau penggunaan anggaran dari pemkab tersebut. Padahal nilainya cukup besar, yaitu Rp 500 juta,” ucapnya.

Sebelumnya, mundurnya Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur, Durosid, Minggu (3/12/2017) membuat sejumlah atlet yang akan berlaga pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2018 kebingungan.

Seperti yang diungkapkan, Pelatih Kepala Cabang Olahraga Judo, Novi Yulianti Hartono.  Kabar pengunduran diri Durosid membuat para atletnya terkejut, mengingat persiapan mereka sudah setengah jalan di babak kualifikasi.

”Ketika dapat kabar soal pengunduran diri ketua, enggak tahu harus ngomong apa. Dan hal itu, untuk judo pasti ada dampaknya. Apalagi, karena Judo itu salah satu olahraga yang perlu dapat perhatian lebih,” kata Novi, kepada wartawan, Senin (4/12/2017).

Menurut Novi, mundurnya Ketua KONI yang baru dilantik pada 2017 itu, cukup membuat atlet judo kehilangan arah dan fokus. Pasalnya, beberapa waktu lalu, pertukaran informasi antara atlet dan Durosid masih berjalan dengan baik. Terakhir kali, Novi telah memaparkan kebutuhan para atlet sebelum berangkat menjalani kualifikasi.

Novi menjelaskan, judo merupakan olahraga yang sejauh ini mampu menyumbang cukup banyak prestasi. Para atlet junior dan senior mampu mempersembahkan medali, ia mengklaim atletnya berhasil berlaga dan menjadi juara umum atau nasional.

”Jadi kami memang butuh perhatian lebih, apalagi kebutuhan kami juga terbilang banyak di cabang olahraga ini. Judo membutuhkan banyak stamina, vitamin, dan asupan-asupan lain sebagai olahraga yang powerful,” jelasnya.

Novi menjelaskan, sebenarnya hal-hal yang terjadi di dalam hirarki kepemimpinan KONI tidak boleh sampai mempengaruhi persiapan atlet. Menurut dia, atlet hanya perlu fokus mempersiapkan diri untuk kejuaraan-kejuaraan yang ada.

Ia menegaskan, jika judo pun akan berusaha maksimal dalam mewakili Cianjur dan tidak tergoyahkan dengan adanya permasalahan di tubuh KONI. Apalagi, persiapan perlu dioptimalkan mengingat pelaksanaan Porda 2018 hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…