Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Petani Ikan di Calingcing Ketiban Rugi

Apip Samlawi

Selasa, 05 Desember 2017 - 22:49 WIB

Berita Cianjur/Apip Samlawi
Berita Cianjur/Apip Samlawi
A A A

Beritacianjur.com - RUGI besar gara gara ikan mati mendadak tak hanya dirasakan petani ikan Jaring Terapung di wilayah Jangari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Di Kampung Calingcing, Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang para petani ikan setempat harus rela gigit jari menyusul ternak ikannya mengalami hal serupa, banyak ikan mas dan bawal siap panen milik mereka mendadak mati akibat adanya angin kencang yang tak ada hentinya.

Kepala Desa Sindangjaya, Sajaroh Nafi mengatakan, para petani ikan di daerahnya juga mengalami hal serupa dengan petani ikan di Jangari. Banyak ternak ikan milik mereka mendadak mati.

"Gara gara ini petani mengalami rugi besar.Padahal keuntungan sudah di depan mata,"kata Kades Sajaroh Nafi.

Sajaroh mengaku pihaknya belum bisa memprediksi, seberapa banyak ikan milik petani di daerahnya yang mati mendadak.

"Esok kita akan langsung turun menugaskan aparatur desa untuk melakukan pendataan ke lokasi Japung di Kampung Calingcing,"ucapnya.

Sebelumnya, Petani ikan kolam Jaring Apung (Japung) di wilayah Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, merugi hingga miliaran rupiah, menyusul banyaknya ikan yang mati secara mendadak.

Informasi yang dapat dihimpun di lokasi, ratusan para petani Ikan Japung rata-ratanya 80 persen tanaman ikannya mati mendadak, akibat hembusan angin Dahlia, hingga bangkai ikan terpaksa dibuang mengambang di genangan Air Waduk Cirata.

Salah seorang petani Ikan di waduk Cirata Jangari, Budi (46) menjelaskan, pihaknya mengaku menanam ikan di Japung sebanyak  20 kolam terdiri dari dua jalur, satu unit kolam rata-ranya  dua sampai tiga ton tiap panennya.

Namun sekarang ini dengan adanya hembusan angin dahlia,  ikan mas dan bawal miliknya yang siap dipanen mendadak mati, mengambang diatas kolam.

"Diperkirakan kematian mencapai 80 persen. Sedangkan yang bisa diangkat cuma 20 persen itu juga dijual dengan harga Rp.2000 sampai Rp.5000 per kilo gramnya,"ungkapnya.

Itu juga kalau memang ada yang mau membeli kata Budi, kalau tidak ada, daripada mubazir ikannya dibagikan kepada warga yang mau.

"Kerugianmah bisa nyampe ratusan juta rupiah,"imbuhnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.