Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

471 RTS Sindangsari Konsumsi Rasta Kualitas Buruk

Apip Samlawi

Selasa, 05 Desember 2017 - 22:51 WIB

Berita Cianjur/Apip Samlawi
Berita Cianjur/Apip Samlawi
A A A

Beritacianjur.com - NASIB orang miskin di Negeri ini sungguh tragis, tak ubahnya ibarat pepatah "Sudah jatuh tertimpa tangga". Negara yang katanya memperhatikan nasib mereka, justru sebaliknya, malah menyepelekan, menghinakan bahkan boleh jadi menganggapnya seperti hewan ternak.

Kondisi diatas bukan hanya ada dalam sebuah dongeng, tetapi memang benar terjadi. Cerminan perlakuan negara yang terkesan semena mena terhadap rakyatnya yang miskin, seperti halnya di alami ratusan Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima bantuan beras Rastra di Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.

Sebanyak 471 warga penerima manfat Rastra di Desa tersebut, diketahui mendapat jatah beras bantuan dengan kualitas buruk. 7.065 kg jatah Rastra yang diberikan Negara melalui lembaga Bulog, sebagian besar kondisinya bau, bubuk, ngepul dan banyak kutunya.

Meski kecewa, namun apa boleh buat mereka akhirnya terpaksa menebusnya juga, karena khawatir kedepannya takut tidak dibagi lagi bantuan.

Ketua RT 16/04 Udin (50)  menjelaskan, pihaknya mengaku merasa kecewa setelah datangnya Rasta yang harus ditebuskan pada seluruh RTS di ke RT-annya, menyusul buruknya kualitas kiriman Rastra.

"Selain bau apek,  bubuk, hitam, ngepul juga banyak kutunya, makanya wajar kalau banyak RTS yang menolaknya,"ujar Udin kepada Berita Cianjur, Senin (4/12).

Udin beralasan mengapa tetap menjualnya kepada RTS, dikarenakan beras Rastra yang dibawanya telah dibuka dari karungnya.

"Daripada harus mengembalikan Rastra itu ke desa, dan menganti dengan uang sendiri, ya terpaksa dijual pada RTS,"kata Udin seraya berharap agar Pemerintahan Desa Sindangsari terlebih dahulu mengecek kualitas beras Rastra kiriman dari Bulog itu sebelum dibagikan.

Sementara itu, Kaur kesra Desa Sindangsari, Wawan Sutiawan tidak menampik bahwa kualitas Rastra yang dikirim kemarin sebagian kualitasnya buruk.

"Barangnya hitam, bubuk, ngepul dan bau apek. Tapi sebagian lagi kualitasnya sedikit bagus seperti halnya kiriman  bulan sebelumnya,"ungkapnya.

Melihat kondisi beras seperti itu, kata Wawan, para penerima manfaat jadi kecewam bahkan banyak yang tak jadi membeli dan dikembalikan.

"Banyak yang mau mengembalikan, tapi kondisinya sudah acak acakan, dikantongi plastik. Kalau saja masih utuh dalam karung kita bisa mengembalikannya ke pihak Bulog Cianjur,"ucapnya.


Dengan adanya itu, pihaknya mengaharapkan  pada pihak  Bulog Cianjur, untuk kedepannya mohon kualitas Rastra diperhatikan jangan sampai terjadi seperti sekarang, selain bau apek juga Bubuk, ngepul dan banyak kutunya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…