Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Bunga KUR Turun Menjadi 7% di Tahun 2018

Bisri

Selasa, 05 Desember 2017 - 22:55 WIB

Illustrasi Suku Bunga
Illustrasi Suku Bunga
A A A

Beritacianjur.com - BUNGA pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2018 diturunkan menjadi 7 persen dari sebelumnya 9 persen per tahun. Bahkan sebesar Rp 60 triliun atau 50 persen dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang akan disalurkan pada tahun depan dialokasikan ke sektor produktif. Pemerintah menganggarkan KUR pada 2018 sebesar Rp 120 triliun.

"Adanya subsidi bunga ini harus memberikan added value bagi UMKM," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKMYuana Sutyowati melalui siaran resmi, Selasa (5/12/2017).

Dengan menitikberatkan pada sektor produktif seperti manufaktur, agribisnis maupun pertanian, maka dampak terhadap kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) akan semakin besar sekaligus memberi nilai tambah dan penyerapan tenaga kerja.

Menurutnya, segmen UMKM yang jumlahnya mencapai 59 juta masih sangat luas untuk digarap. Apalagi berdasarkan data Bank Indonesia (BI) menunjukkan, dari jumlah 59 juta tersebut baru 19,1 persen yang tersentuh oleh bank.

"Artinya masih 80,9 persen yang belum diakses perbankan," ujar dia.

Penurunan suku bunga KUR tersebut disambut antusias bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah, salah satunya di Cianjur. Mereka selama ini sangat terbantu adanya pinjaman dengan bunga ringan untuk mengembangkan usahanya.

"Ini kabar baik juga, kami selaku pelaku usaha kecil rumahan sangat membutuhkan modal usaha. Salah satu jalannya untuk mendapatkan modal dengan mengajukan pinjaman ke bank. KUR menjadi salah satu solusinya, karena bunganya ringan dibandingkan dengan yang konvensional," kata Ade (53) pelaku UMKM.

Menurut ibu yang memiliki produk beraneka kue cemilan itu, turunya suku bunga KUR menjadi peluang untuk menambah modal usaha. "Kalau pinginnya gak usah ada bunga, tapi itu tidak mungkin. Dengan turun bunga menjadi tujuh persen ini kami sangat terbantu," tegasnya. (*)

Tag

  1. KUR
  2. Bunga

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 7 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.