Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Rencana Piknik Pegawai KRC yang Pensiun di Permasalahkan

Mustofa

Rabu, 06 Desember 2017 - 10:53 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - RENCANA Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (KRC)-LIPI memberangkatkan 10 orang pegawaianya yang akan memasuki masa pensiun untuk piknik ke Batu Raden, Jawa Tengah di soal. Pasalnya biaya piknik tersebut diduga tidak teranggarkan dalam DIPA.

Menurut salah seorang pegawai yang tidak sependapat dengan rencana piknik, dari 10 orang pegawai yang pada tahun 2018 mendatang akan pensiun, ada tiga orang yang tidak mau ikut terhadap rencana piknik. Ketiga pegawai tersebut meminta kejelasan sumber anggaran yang digunakan.

"Ada tiga orang yang tidak mau ikut, termasuk saya sendiri. Kami ragu bahwa anggaran yang akan digunakan itu tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kami yakin kalau acara piknik seperti ini tidak dialokasikan dalam DIPA. Apakah ini bukan bagian dari korupsi," kata pegawai yang minta tidak disebut namanya tersebut.

Menurut pegawai yang selama ini dikenal sering mengkritisi kebijakan Kebun aya Cibodas, sikap tidak ikut piknik tersebut sudah dipikirkan matang-matang. "Kami sudah fikirkan konsekwensinya. Kami bertiga sepakat tidak turut dalam kebijakan pimpinan untuk yang satu ini sebelumnya semuanya terang benderang," paparnya.

Sikap tersebut merupakan salah satu bagian yang dilakukan dalam mengkritisi kebijakan. Sebagai lembaga yang dibiayai oleh negara sudah selayaknya seluruh penggunaan keuangan secara jelas dan gamblang serta bisa dipertangungjawabkan.

"Kalau mau dibuka, ada hal-hal lainnya yang membutuhkan transparansi dari pimpinan. Tapi itu diluar konteks saat ini. Kami hanya butuh kejelasan saja, tidak lebih. Kalau sekiranya sumber keuangannya tidak jelas dan tidak termaktub dalam DIPA buat apa dipaksakan, malah nanti jadi temuan," ungkapnya.

Ia juga mengakui rencana pemberangkatan untuk piknik bagi para pegawai yang akan segera memasuki pensiun tersebut ada kaitannya dengan koperasi karyawan Gardenia. Mereka yang akan diberangkatkan diberikan uang saku atas nama koperasi senilai Rp 500 ribu.

"Kita akui atas nama koperasi memberikan uang saku sebesar Rp 500 ribu per orang. Saya juga terima, tapi saya tidak berangkat ikut piknik, buat apa," paparnya.

Ketika persoalan tersebut dikonfirmasi kepada Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas-LIPI Anwar Sanusi, yang bersangkutan tidak memberikan penjelasan gamblang. Malah menyarankan untuk menanyakan ke bagian keuangan.

"Silahkan menghubungi pak Yogi bagian keuangan, ini nomor telponnya," kata Anwar. Saat hal itu dikonfirmasi ke bagian keuangan Yogi, yang bersangkutan belum bisa dihubungi. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 7 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.