Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Cuaca Ekstrem Melanda, Perahu Wisata di Jangari Sepi

Angga Purwanda

Rabu, 06 Desember 2017 - 11:23 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - CUACA ekstrem yang melanda Cianjur dalam beberapa pekan terakhir, ternyata berdampak pada penurunan pendapatan para pemilik perahu wisata di Waduk Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande.

Dibandingkan bulan lalu, pendapatan mereka anjlok. Hal tersebut disebabkan para pengunjung merasa takut berlayar mengelilingi Waduk Jangari karena cuaca buruk.

Jajang (40), salah seorang pemilik perahu mengatakan, pendapatan sewa perahu miliknya menurun hingga 50 persen dibandingkan saat kondisi cuaca cerah.

"Normalnya saya bisa mengantongi uang hasil sewa perahu sekitar Rp300 ribu per hari. Sejak kondisi cuaca buruk saat ini, dalam satu hari hanya bisa dapat Rp150 ribu sampai Rp200 ribu," kata Jajang kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

Jajang menuturkan, cuaca hujan disertai angin kencang terjadi sejak beberapa pekan terakhir ini. Padahal, tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing, terutama dari timur tengah cukup bagus.

"Kunjungan wisatawan cukup banyak, tapi mereka lebih memilih untuk menikmati kuliner dan memilih untuk sekadar foto-foto. Seharusnya, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk meraup pendapatan dari sewa perahu," tuturnya.

Kondisi serupa dialami pemilik perahu wisata lainnya, Saep (27). Sudah dua hari, ia mengaku tak ada pengunjung yang menyewa perahu miliknya. "Sudah dua hari ini, saya tak dapat sewa penumpang. Pengunjung tak bermiat untuk mau berkeliling menggunakan perahu, mungkin karena kondisi cuaca yang buruk," ujar Saep.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) Jangari, Hendrawan mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, pihaknya mengimbau para nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

"Kondisi cuaca saat ini sulit diprediksi, terkadang cerah terkadang buruk yang disertai dengan angin kencang. Kami minta nelayan waspada saat melakukan aktifitas di perairan," kata Hendrawan.

Dia mengungkapkan, kondisi hujan dengan disertai angin kencang yang terjadi di perairan sangat berpotensi menenggelamkan perahu nelayan.

''Tidak hanya para nelayan dan pemilik perahu,bagi para pemilik jaring apung juga kami ingatkan agar mewaspadai cuaca. Kami menyarankan untuk tidak beraktivitas saat cuaca mendung disertai angin kencang,'' pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 22/02/2018 20:16 WIB

Partisipasi Pemilih di Pilgub Jabar Diharapkan Meningkat

PARTISIPASI masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 diharapkan meningkat. Karena, dengan meningkatnya pasrtisipasi pemilih dinilai akan meningkatkan kualitas pesta demokrasi…

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

SPRI Cianjur Tolak Kebijakan UU MD3

SERIKAT Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Kabupaten Cianjur berunjukrasa terkait penolakan revisi Undang-undang Nomo 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (22/2/2018).

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

Demiz: Penanganan Sungai Citarum Harus Berkesinambungan

PENANGANAN Sungai Citarum harus dilakukan berkesinambungan. Penanganannya bisa dilakukan secara struktural, non-struktural, dan kultural yang membutuhkan campur tangan semua pihak.

Cianjur Euy 21/02/2018 22:31 WIB

Pemkab Didiorong Keluarkan Regulasi Terkait Usia Pernikahan

PERNIKAHAN usia anak dinilai akan menimbulkan risiko bagi para pasangan, mulai dari kesehatan, ekonomi dan ketahanan keluarga. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur didorong untuk mengeluarkan…

Cianjur Euy 21/02/2018 22:30 WIB

Polres Cianjur Intensifkan Penindakan Kasus Narkoba

PEREDARAN dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Cianjur dinilai sangat mengkhawatirkan. Jumlah orang yang terlibat dalam kasus tersebut terus bertambah, dan telah menyentuh semua kalangan.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…