Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Cuaca Ekstrem Melanda, Perahu Wisata di Jangari Sepi

Angga Purwanda

Rabu, 06 Desember 2017 - 11:23 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - CUACA ekstrem yang melanda Cianjur dalam beberapa pekan terakhir, ternyata berdampak pada penurunan pendapatan para pemilik perahu wisata di Waduk Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande.

Dibandingkan bulan lalu, pendapatan mereka anjlok. Hal tersebut disebabkan para pengunjung merasa takut berlayar mengelilingi Waduk Jangari karena cuaca buruk.

Jajang (40), salah seorang pemilik perahu mengatakan, pendapatan sewa perahu miliknya menurun hingga 50 persen dibandingkan saat kondisi cuaca cerah.

"Normalnya saya bisa mengantongi uang hasil sewa perahu sekitar Rp300 ribu per hari. Sejak kondisi cuaca buruk saat ini, dalam satu hari hanya bisa dapat Rp150 ribu sampai Rp200 ribu," kata Jajang kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

Jajang menuturkan, cuaca hujan disertai angin kencang terjadi sejak beberapa pekan terakhir ini. Padahal, tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing, terutama dari timur tengah cukup bagus.

"Kunjungan wisatawan cukup banyak, tapi mereka lebih memilih untuk menikmati kuliner dan memilih untuk sekadar foto-foto. Seharusnya, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk meraup pendapatan dari sewa perahu," tuturnya.

Kondisi serupa dialami pemilik perahu wisata lainnya, Saep (27). Sudah dua hari, ia mengaku tak ada pengunjung yang menyewa perahu miliknya. "Sudah dua hari ini, saya tak dapat sewa penumpang. Pengunjung tak bermiat untuk mau berkeliling menggunakan perahu, mungkin karena kondisi cuaca yang buruk," ujar Saep.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) Jangari, Hendrawan mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, pihaknya mengimbau para nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

"Kondisi cuaca saat ini sulit diprediksi, terkadang cerah terkadang buruk yang disertai dengan angin kencang. Kami minta nelayan waspada saat melakukan aktifitas di perairan," kata Hendrawan.

Dia mengungkapkan, kondisi hujan dengan disertai angin kencang yang terjadi di perairan sangat berpotensi menenggelamkan perahu nelayan.

''Tidak hanya para nelayan dan pemilik perahu,bagi para pemilik jaring apung juga kami ingatkan agar mewaspadai cuaca. Kami menyarankan untuk tidak beraktivitas saat cuaca mendung disertai angin kencang,'' pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 42 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 43 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.