Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Pembangunan Masjid Provinsi Kurang Transparan

Apip Samlawi

Rabu, 06 Desember 2017 - 23:03 WIB

Berita Cianjur/Apip Samlawi
Berita Cianjur/Apip Samlawi
A A A

Beritacianjur.com - PEMBANGUNAN Masjid Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di pinggir jalan Raya Cianjur-Bandung tak jauh dari Kantor Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi  kurang transparan, menyusul tidak dicantumkannya nama pelaksana pekerjaan di dalam direksi kit yang terpampang di lokasi proyek.

Dari pantuan Berita Cianjur, di lokasi tampak tengah berlangsung pengerjaan penataan lahan oleh sejumlah pekerja, dengan menurunkan alat berat berupa becho. Terpampang sebuah direksi kit ukuran mini berada di ujung lahan proyek. Jika dilihat sekilas memang tidak ada yang salah dengan direksi kit yang dipasang oleh pihak rekanan, namun setelah diamati dari dekat, ternyata nama pelaksana proyek sama sekali tidak dicantumkan disana.

Herannya, beberapa pekerja dilokasi yang berhasil ditemui wartawan, saat ditanya apa nama perusahaan yang melaksanakan proyek Masjid itu mengaku sama sekali tidak mengetahui nama perusahaan yang menaungi mereka bekerja.

“Waduh saya kurang tahu Kang, apa ya nama perusahaannya teh. Coba akang tanya langsung ke pa Dadang orang yang sedang mengarahkan alat berat,”ujar salah seorang pekerja sambil menunjukan kepada wartawan orang yang bernama Dadang.

Siapa perusahaan yang mengerjakan proyek Masjid baru diketahui setelah wartawan berhasil mengkonfirmasi Dadang. Diperoleh keterangan dari pemilik nama lengkap Dadang Muhammad Sobirin itu, kalau pihak pelaksana pekerjaan proyek adalah CV Tirta Abadi Bandung.

“Nama perusahaannya CV Tirta Abadi Bandung. Kalau yang kita kerjakan sekarang ini baru penataan lahan sama pembangunan pagar saja,”ujar Dadang saat ditemui dilokasi, Rabu (6/12).  

Disingung soal tidak adanya nama pelaksana pekerjaan di direksi kit, Dadang menduga kalau itu dikarenakan pihak perusahaan lupa mencantumkannya.

“Mungkin pihak perusahaan lupa mencantumkannya Kang,”kata Dadang menambahkan kalau proyek yang saat ini dikerjakan merupakan pekerjaan tahap I.

Sementara itu tidak dicantumkanya nama pihak pelaksana di direksi kit menimbulkan kecurigaan masyarakat. Terlebih, nilai proyek untuk pembangunan Masjid itu nilainya mencapai Rp790.384.000.

Terpisah, Kepala Desa Cipeuyeum, Gungun Gunawan menerangkan, pembangunan yang saat ini tengah dilaksankan di lahan itu bukan hanya sekadar Masjid, tapi berikut bangunan perkantoran dan bangunan kuliner. Rencananya pembangunan itu akan menghabiskan biaya belasan miliar rupiah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat.

“Pembangunanya sangat disayangkan masyarakat, soalnya di direksi kit pihak pengembang tidak mencantumkan namanya. Jadi wajar kalau banyak warga yang mencurigai, bahkan sampai menuding kalau proyek tersebut pengerjaannya disubkan lagi pada pengembang lain,” Ucap Gugun. (Nuki/Sam Apip)

 

Sementara itu, pelaksana pembangunan Kat anfile dan pembangunan pondasi pagar untuk mesjid Provinsi Jawa barat,   Dadang Muhamad Sobirin saat ditanya di lokasi pembangunan menjelaskan, memang benar adanya sekarang pihaknya sedang melaksanakan pembangunan Kat anfile dan pembangunan pondasi untuk pagar.

 

Lama pekerjaan hanya 30 hari kerja berdasarkan kalender, mengenai  nama CV yang mengerjakannya pihaknya mengaku lupa,” duh lupa nama CV mendapat tendernya dan  tidak ditulis di papan mana proyek, itu pun mungkin pihak pengembang  lupa menulis nama CV pada papan nama proyek,”  kilah Dadang Muhamad Sobirin, (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…