Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

BPN Cianjur Tuntaskan Program PTSL 2017

Bisri

Rabu, 06 Desember 2017 - 23:06 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BADAN Pertanahan Nasional (BPN) Cianjur tengah berupaya menuntaskan penerbitan sertifikat pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017. Program yang dahulu dikenal dengan 'Prona' tersebut tahun ini di Cianjur kebagian 20.100 bidang.

Menurut Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Cianjur Lutfi Zakaria, dari 20.100 bidang tersebut, tahun 2017 ini dilaksanakan di dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Sukaluyu dan Kecamatan Karangtenga. Untuk kecamatan Sukaluyu dilaksanakan di Desa Babakansari, Langensari, dan Desa Tanjungsari.

"Kalau untuk diwilayah Kecamatan Karangtengah lokasinya berada di Desa Sukajadi, Sukasarana, Sukamantri dan Sukamulya," kata Lutfi saat ditemui di ruang kerjanya jalan raya Bandung, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Rabu (6/12/2017).

Dalam menjalankan program PTSL tersebut diakui Lutfi masih menemukan sejumlah kendala. Hanya saja kendala itu bisa diatasi dengan baik. Salah satunya mengenai keterlambatan administrasi yang disampaikan oleh pemohon PTSL.

"Memang kita menemukan kendala dilapangan, tapi kita bisa selesaikan dan masih sebatas wajar. Seperti kendala administrasi, kelengkapan berkas, banyak pemilik yang diluar daerah susah dihubungi," jelas Lutfi.

Pihaknya menargetkan program PTSL ini sebelum akhir Desember 2017 sudah tuntas semuanya dan sertifikatnya bisa dibagikan seluruhnya kepada masyarakat yang memohon atau mengajukan. "Saat ini sudah 95 persen, tinggal mengejar sisanya," tegasnya.

Selama berlangsungnya program PTSL pihaknya mengakui tidak menemukan kasus sengketa yang ditumbulak ditengah-tengah masyarakat. "Kalau ada ditemukan para pihak, masalahnya apa kita mediasi. Kalau sampai tidak bisa diajukan ke pengadilan. Tapi sejauh ini kita lancar-lancar saja," tandasnya.

Program PTSL ini merupakan sebuah kesempatan bagi masyarakat yang memiliki tanah dan belum tersertifikasi. Program ini menyasar desa dengan konsep desa tuntas. "Kita peta satu desa, sudah lengkap kita lihat yang potensial, tapi tergantung juga masyarakatnya, sayang kalau sampai tidak terdaftar," jelasnya.

Lutfi menegaskan program PTSL ini tahun depan masih tetap berjalan. Bahkan di Cianjur ditargetkan 50.300 bidang. Adapaun pelaksanaannya masih di desa yang menempel atau berdekatan sesuai dengan rencana desa tuntas.

"Kita akan sisir desa terdekat sekitarnya. Kita ingin gaungkan PTSL ini ditengah masyarakat. Sehingga antusiasme untuk melakukan sertifikasi tanah ini bisa tumbuh dengan sendirinya. Sehingga targetan nasional untuk tanah bersertifikat bisa tercapai," harapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Muspika Tinjau Harga Sembakao di Pasar Ciranjang

MENJELANG perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2018, Selasa (12/12) pagi hari, Muspika Kecamatan Ciranjang, meninjau harga sembako di Pasar Tradisional Ciranjang. Terlihat Kepala Pasar dan Kantib…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Persiapan Giat Bersihkan DAS Citarum

PERSIAPAN kegiatan pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum mulai dilakukan Koramil Bojongpicung, Selasa (13/12) di Kampung Muhara, Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Ratusan Siswa PAUD Antuasias Ikuti Perlombaan

SEBANYAK 375 siswa/ siswi Paud dan TK yang berasal dari Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi tampak antusias mengikuti lomba mewarnai gambar alam dan kesenian di lokasi Wana Wisata Pokland, kemarin.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Ratusan Polisi Disiagakan Jelang Natal dan Tahun Baru

RATUSAN personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Seorang Mekanik AC Ditemukan Meninggal di Kamar Kontarakan

HUSEIN (34), seorang karyawan PT CKI yang sedang mendapatkan pekerjaan borongan dari PT Pou Yuen Indonesia (PYI) ditemukan meninggal dunia di kamar kontrakannya di Kampung Cikijing RT 02/01, Desa Selajambe,…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 21 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.