Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

BPN Cianjur Tuntaskan Program PTSL 2017

Bisri

Rabu, 06 Desember 2017 - 23:06 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BADAN Pertanahan Nasional (BPN) Cianjur tengah berupaya menuntaskan penerbitan sertifikat pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017. Program yang dahulu dikenal dengan 'Prona' tersebut tahun ini di Cianjur kebagian 20.100 bidang.

Menurut Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Cianjur Lutfi Zakaria, dari 20.100 bidang tersebut, tahun 2017 ini dilaksanakan di dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Sukaluyu dan Kecamatan Karangtenga. Untuk kecamatan Sukaluyu dilaksanakan di Desa Babakansari, Langensari, dan Desa Tanjungsari.

"Kalau untuk diwilayah Kecamatan Karangtengah lokasinya berada di Desa Sukajadi, Sukasarana, Sukamantri dan Sukamulya," kata Lutfi saat ditemui di ruang kerjanya jalan raya Bandung, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Rabu (6/12/2017).

Dalam menjalankan program PTSL tersebut diakui Lutfi masih menemukan sejumlah kendala. Hanya saja kendala itu bisa diatasi dengan baik. Salah satunya mengenai keterlambatan administrasi yang disampaikan oleh pemohon PTSL.

"Memang kita menemukan kendala dilapangan, tapi kita bisa selesaikan dan masih sebatas wajar. Seperti kendala administrasi, kelengkapan berkas, banyak pemilik yang diluar daerah susah dihubungi," jelas Lutfi.

Pihaknya menargetkan program PTSL ini sebelum akhir Desember 2017 sudah tuntas semuanya dan sertifikatnya bisa dibagikan seluruhnya kepada masyarakat yang memohon atau mengajukan. "Saat ini sudah 95 persen, tinggal mengejar sisanya," tegasnya.

Selama berlangsungnya program PTSL pihaknya mengakui tidak menemukan kasus sengketa yang ditumbulak ditengah-tengah masyarakat. "Kalau ada ditemukan para pihak, masalahnya apa kita mediasi. Kalau sampai tidak bisa diajukan ke pengadilan. Tapi sejauh ini kita lancar-lancar saja," tandasnya.

Program PTSL ini merupakan sebuah kesempatan bagi masyarakat yang memiliki tanah dan belum tersertifikasi. Program ini menyasar desa dengan konsep desa tuntas. "Kita peta satu desa, sudah lengkap kita lihat yang potensial, tapi tergantung juga masyarakatnya, sayang kalau sampai tidak terdaftar," jelasnya.

Lutfi menegaskan program PTSL ini tahun depan masih tetap berjalan. Bahkan di Cianjur ditargetkan 50.300 bidang. Adapaun pelaksanaannya masih di desa yang menempel atau berdekatan sesuai dengan rencana desa tuntas.

"Kita akan sisir desa terdekat sekitarnya. Kita ingin gaungkan PTSL ini ditengah masyarakat. Sehingga antusiasme untuk melakukan sertifikasi tanah ini bisa tumbuh dengan sendirinya. Sehingga targetan nasional untuk tanah bersertifikat bisa tercapai," harapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…