Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

BPN Cianjur Tuntaskan Program PTSL 2017

Bisri

Rabu, 06 Desember 2017 - 23:06 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BADAN Pertanahan Nasional (BPN) Cianjur tengah berupaya menuntaskan penerbitan sertifikat pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017. Program yang dahulu dikenal dengan 'Prona' tersebut tahun ini di Cianjur kebagian 20.100 bidang.

Menurut Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Cianjur Lutfi Zakaria, dari 20.100 bidang tersebut, tahun 2017 ini dilaksanakan di dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Sukaluyu dan Kecamatan Karangtenga. Untuk kecamatan Sukaluyu dilaksanakan di Desa Babakansari, Langensari, dan Desa Tanjungsari.

"Kalau untuk diwilayah Kecamatan Karangtengah lokasinya berada di Desa Sukajadi, Sukasarana, Sukamantri dan Sukamulya," kata Lutfi saat ditemui di ruang kerjanya jalan raya Bandung, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Rabu (6/12/2017).

Dalam menjalankan program PTSL tersebut diakui Lutfi masih menemukan sejumlah kendala. Hanya saja kendala itu bisa diatasi dengan baik. Salah satunya mengenai keterlambatan administrasi yang disampaikan oleh pemohon PTSL.

"Memang kita menemukan kendala dilapangan, tapi kita bisa selesaikan dan masih sebatas wajar. Seperti kendala administrasi, kelengkapan berkas, banyak pemilik yang diluar daerah susah dihubungi," jelas Lutfi.

Pihaknya menargetkan program PTSL ini sebelum akhir Desember 2017 sudah tuntas semuanya dan sertifikatnya bisa dibagikan seluruhnya kepada masyarakat yang memohon atau mengajukan. "Saat ini sudah 95 persen, tinggal mengejar sisanya," tegasnya.

Selama berlangsungnya program PTSL pihaknya mengakui tidak menemukan kasus sengketa yang ditumbulak ditengah-tengah masyarakat. "Kalau ada ditemukan para pihak, masalahnya apa kita mediasi. Kalau sampai tidak bisa diajukan ke pengadilan. Tapi sejauh ini kita lancar-lancar saja," tandasnya.

Program PTSL ini merupakan sebuah kesempatan bagi masyarakat yang memiliki tanah dan belum tersertifikasi. Program ini menyasar desa dengan konsep desa tuntas. "Kita peta satu desa, sudah lengkap kita lihat yang potensial, tapi tergantung juga masyarakatnya, sayang kalau sampai tidak terdaftar," jelasnya.

Lutfi menegaskan program PTSL ini tahun depan masih tetap berjalan. Bahkan di Cianjur ditargetkan 50.300 bidang. Adapaun pelaksanaannya masih di desa yang menempel atau berdekatan sesuai dengan rencana desa tuntas.

"Kita akan sisir desa terdekat sekitarnya. Kita ingin gaungkan PTSL ini ditengah masyarakat. Sehingga antusiasme untuk melakukan sertifikasi tanah ini bisa tumbuh dengan sendirinya. Sehingga targetan nasional untuk tanah bersertifikat bisa tercapai," harapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…