Rabu, 13 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

55 Pohon Langka Koleksi BKT KRC-LIPI Tumbang

Mustofa

Kamis, 07 Desember 2017 - 09:35 WIB

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - SEDIKITNYA 55 pohon langka koleksi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (BKT KRC)-LIPI tumbang setelah diterjang angin kencang yang terjadi dalam sepekan terakhir. Selain menumbangkan pohon langka yang usianya puluhan tahun itu, angin kencang juga menumbangkan 13 pohon non koleksi.

Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi BKT KRC-LIPI, Solehuddin mengungkapkan, saat ini pihaknya masih tengah melakukan pendataan jenis pohon dan usia yang tumbang dihempas angin kencang. Pohon tersebut merupakan tanaman langka yang selama ini dirawat dan menjadi koleksi KRC.

"Pendataan masih kami lakukan untuk mengetahui apa jenis dan usianya. Yang jelas tanaman koleksi yang tumbang ini merupakan tanaman yang langka," kata Solehuddin saat dihubungi, Selasa (6/12/2017).

Dengan tumbangnya puluhan pohon koleksi tersebut menambah daftar panjang tanaman langka yang berhasil dibudidayakan di KRC. Butuh waktu panjang untuk kembali melakukan rehabilitasi tanaman yang tumbang.

"Ini musibah bencana alam yang sulit untuk dikendalikan. Meski tanaman ini usianya sudah cukup tua, tapi tidak kuat juga menahan hembusan angin kencang. Yang kita lakukan berupaya merawat dan kembali merehabilitasi," tegasnya.

Pihaknya memprediksikan dari puluhan pohon koleksi yang tumbang dimungkinkan masih ada yang bisa diselamatkan. "Dari jumlah pohon kayu yang tumbang belum bisa di data berapa yang mati atau tidak bisa diselamatkan dan berapa yang dapat diselamatkan. Tidak menutup kemungkinan jumlah kayu tumbang akan bertambah karena pendataan dan pembenahan masih terus berlangsung," tegasnya.

Sempat di Tutup
Sebelumnya, KRC sempat ditutup selama tiga hari untuk kunjungan wisatawan akibat cuaca ekstrem yang melanda kawasan tersebut. Pihak KRC mempertimbangkan keselamatan pengunjung, apalagi sejumlah pohon koleksi dan non koleksi tumbang dampak dari cuaca ekstrem.

"Sebelum dibuka kembali, kami terlebih dahulu mengadakan rapat managemen, setelah rapat dilanjutkan dengan bersih-bersih dibantu sama warga sekitar dan pedagang yang ada di lingkungan kebun raya," katanya.

Pihak KRC-LIPI sebelumnya memberitahukan pada warga dan umum perihal penutupan dan dibuka kembali, namun tergantung cuaca demi keamanan dan kenyamanan warga dan wisatawan yang datang berkunjung. "Melihat perkembangan cuaca, mudah-mudahan kondisinya semakin membaik," paparnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Kemitraan Berdampak Positif Bagi KUMKM

SEJUMLAH pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mengikuti sinergi kerjasama antara Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Honda Suguhkan New Revo yang Lebih Keren

MESKI segmen motor bebek tak sehebat atau tak sedahsyat matik, Astra Honda Motor (AHM) mencoba terus untuk tetap memenuhi kebutuhan pecinta motor Honda Revo. Kali ini Honda resmi mempermak sekaligus memperkenalkan…

Ragam 20 jam yang lalu

Semarak VM TDI Cianjur

CIANJUR-Komunitas pecinta vape (rokok elektrik) varian therion, kini memasuki usia 8 bulan di Cianjur. Terkenal dengan nama Therion DNA Cianjur Chapter, komunitas ini memiliki rutinitas VM(Vape Meet)…

Ragam 20 jam yang lalu

GRANAT Advokasi Bahaya Narkoba ke KVC

CIANJUR-Maraknya oknum yang menyalahgunakan Vape (rokok elektrik) sebagai perangkat penyalahgunaan narkoba, membuat Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Cianjur geram. Pasalnya, di Kabupaten Cianjur…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Bersilaturhmi Dengan Awak Media

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH menggelar silaturahmi dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Cianjur, di sebuah rumah makan ternama di bilangan Jalan Dr Muwardi (Bypass), Kelurahan Bojongherang,…

Cianjur Euy 21 jam yang lalu

Kepolisian Akan Tindak Spekulan Nakal

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menindak tegas setiap spekulan komoditas bahan pokok yang nakal yang mengakibatkan harga komoditas di pasaran menjadi menjadi melonjak.

Aktualita 12/12/2017 07:40 WIB

Pak Bupati, Mana Janjimu?

JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.

Cianjur Euy 12/12/2017 07:37 WIB

Disnaker: Persoalan PT Ikon Harus Dibawa ke Pengadilan

DINAS Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cianjur angkat bicara terkait nasib ratusan buruh PT Ikon Garmindo, yang hingga kini belum bisa menerima hak-haknya semasa bekerja di pabrik milik pengusaha…

Cianjur Euy 12/12/2017 07:31 WIB

Banyak Anak Tak Divaksin, Waspadai Wabah Difteri!

PENYAKIT difteri yang terus mewabah meresahkan banyak masyarakat. Di Cianjur, tercatat sudah ada dua anak yang meninggal dunia akibat mengidap penyakit yang sebenarnya nyaris punah.

Bisnis Line 12/12/2017 07:24 WIB

Tingkat Pesanan Kamar Hotel Meningkat

JELANG perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sejumlah hotel dan penginapan di Cianjur mulai dibanjiri pemesan. Tingkat pemesanan kamar hotel dan penginanpan itu mencapai 30 persen, Senin (11/12/2017).