Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Imunisasi DT Dilakukan Saat Anak Masih PAS

Mustofa

Kamis, 07 Desember 2017 - 09:38 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - MESKI masih dalam suasana Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil, petugas kesehatan dari Puskesmas Muka Cianjur tetap melaksanakan imunisasi Diftari dan Tetanus (DT) bagi murid SD Aisyiyah Islamic Centre. Imunisasi tersebut dilaksanakan setelah para murid SD itu istirahat sesaat usai mengerjakan soal PAS.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, pihak sekolah sebelumnya telah memberitahukan kepada orang tua murid melalui pesan di grup WA. Bahkan salah seorang wali kelas menyampaikan kepada orang tua menanyakan siapa saja anak yang tidak siap dilakukan imusia.

Pemberitahuan tersebut disambut sejumlah orang tua yang kebetulan tidak menginginkan dilakukan imunisasi dengan berbagai alasan. Ada diantaranya pada saat bersamaan sang anak sedang mengalami sakit dan tidak memungkinkan untuk dilakukan imunisasi.

"Saya tidak ijinkan anak ikut imunisasi karena kondisi badannya kurang sehat. Tidak hanya anak saya, ada sejumlah orang tua juga melakukan hal yang sama," kata Siti (40) salah satu orang tua murid yang anaknya tidak diimunisasi DT.

Pelaksanaan imunisasi di SD Aisyiyah Islamic Centre tersebut terkesan tertutup. Sejumlah murid yang telah selesai melaksanakan PAS di panggil satu per satu untuk diimunisasi. Bahkan orang tua murid yang berupaya mengambil gambar pelaksanaan imunisasi sempat dilarang.

Kendati demikian pelaksanaan imunisasi DT tetap berlangsung. Tidak seluruhnya murid SD Aisyiyah Islamic Centre mendapatkan imunisasi.

Reaksi
Pelaksanaan imunisasi DT pada saat dilaksanakan PAS Ganjil tersebut mendapatkan reaksi dari orang tua murid. Salah satu reaksinya menyayangkan pelaksanaan imunisasi pada saat para murid tengah melaksanakan PAS.

"Apakah tidak bisa ditunda sehari dua hari sampai pelaksanaan PAS selesai. Ini seperti dipaksakan, apakah tidak mempertimbangkan faktor psikologis anak. Belum tentu semuanya mau diimunisasi, bisa-bisa mengganggu konsentrasi anak saat mengikuti PAS," kata salah seorang wali murid.

Menaggapi reaksi orang tua murid Kepala Sekolah SD Aisyiyah Islamic Centre Sri Rahayu mengatakan akan membicarakan masukan dari orang tua dengan pihak puskesmas.

"ini sudah menjadi program puskesmas, untuk selanjutnya insya Allah saya bicarakan dengan pihak puskesmas," katanya singkat. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 23/02/2018 08:00 WIB

Bupati Dilaporkan ke Presiden dan KPK

AROGAN dan kebijakannya menyengsarakan rakyat. Itulah alasan sejumlah aktivis melaporkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar (IRM) ke Presiden Joko Widodo, KPK, ICW, BPK, DPR RI dan Ombudsman, Kamis…

Aktualita 23/02/2018 07:55 WIB

Pembagian Insentif Guru Honor Diduga Jadi Ajang Kampanye

PEMBAGIAN insentif dari Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar untuk guru honorer K2 se-Kecamatan Karangtengah, terindikasi ditumpangi kepentingan politik.

Aktualita 22/02/2018 08:00 WIB

Hei Bupati, Mundur atau Dimundurkan?

ATURAN dilabrak, Undang-Undang dipecundangi dan hukum dikebiri. Ini hanya terjadi di Cianjur yang konon katanya lebih maju dan agamis.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Aktualita 21/02/2018 08:00 WIB

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…