Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Elpiji Label Subsidi Harganya “Selangit”

Nuki Nugraha

Kamis, 07 Desember 2017 - 22:37 WIB

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com -PERSOALAN elpiji bersubsidi atau gas ukuran 3 kg seolah tak pernah ada hentinya. Mulai dari kelangkaan, tabung yang meledak hingga sampai harganya yang kerap kali melonjak.

Khusus untuk soal harga elpiji yang melonjak, kondisi ini seperti halnya terjadi di Desa Bojongpicung, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur. Diperoleh informasi dari warga, untuk bisa mendapatkan satu tabung gas yang akrab dengan sebutan Si Melon itu, mereka terpaksa harus merogoh kocek lebih dari Rp20 ribu rupiah.

“Satu tabungnya dibandrol Rp25 ribu, Kang. Yah mau bagaimana lagi, meskipun harganya terbilang mahal, karena sangat dibutuhkan terpaksa saja kita membelinya,”kata Tati warga Desa Bojongpicung kepada Berita Cianjur.

Tati sangat berharap, kedepan Si Melon yang dijual kepada masyarakat ini tidak dijual terlalu mahal harganya, selain itu pasokannya juga bisa dengan mudah didapatkan.

“Sudah beberapa hari ini tidak ada kiriman, padahal kita sangat membutuhkan,”imbuhnya.

Menanggapi lonjakan harga dan kelanggkan si melon di wilayahnya, BPD Bojongpicung,  Wayway mengaku sangat heran dengan kondisi tersebut.  Pasalnya di wilayah Timur Cianjur cukup banyak terdapat pangkalan elpiji yang menyediakan pasokan elpiji ukuran 3 Kg.

“Cukup aneh juga lah, pangkalan elpiji yang ada di wilayah Timur kan bukan satu, dua termasuk beberapa diantaranya ada juga di sekitar sini. Tapi ko harganya bisa melonjak seperti itu, kisaran Rp25 ribu rupiah”kata Wayway.

Pihaknya menduga terjadinya lonjakan harga si melon ini kemungkinan besar ada campur tangan permainan dari pihak-pihak tertentu, yang berupaya memanfaatkan kondisi dan situasi demi meraup keuntungan secara pribadi.

“Harga resmi dari pangkalan itukan kisaran Rp16 ribu pertabung. Tapi ko di lapangan bisa tembus angka Rp25 ribu. Jadi pertanyaan besar, apa mungkin karena kelangkaan atau memang sengaja dilangkakan supaya barang jadi sulit harganya naik jadi selangit,”herannnya.

Terkait kondisi ini, Wayway meminta pihak agen, pangkalan ataupun HISWANA MIGAS Cianjur selaku lembaga yang menaungi para pengusaha elpiji, bisa turun langsung membenahi perniagaan si melon, supaya kondisi ini tidak sampai berlarut larut.

“Lama lama masyarakat bisa kelabakan juga kalau seperti ini terus. Jangan sampai ada paradigma miring, kalau program bersubsidi bukannya membantu tapi malah membuat ekonomi warga jadi tak menentu,”tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.