Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Elpiji Label Subsidi Harganya “Selangit”

Nuki Nugraha

Kamis, 07 Desember 2017 - 22:37 WIB

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com -PERSOALAN elpiji bersubsidi atau gas ukuran 3 kg seolah tak pernah ada hentinya. Mulai dari kelangkaan, tabung yang meledak hingga sampai harganya yang kerap kali melonjak.

Khusus untuk soal harga elpiji yang melonjak, kondisi ini seperti halnya terjadi di Desa Bojongpicung, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur. Diperoleh informasi dari warga, untuk bisa mendapatkan satu tabung gas yang akrab dengan sebutan Si Melon itu, mereka terpaksa harus merogoh kocek lebih dari Rp20 ribu rupiah.

“Satu tabungnya dibandrol Rp25 ribu, Kang. Yah mau bagaimana lagi, meskipun harganya terbilang mahal, karena sangat dibutuhkan terpaksa saja kita membelinya,”kata Tati warga Desa Bojongpicung kepada Berita Cianjur.

Tati sangat berharap, kedepan Si Melon yang dijual kepada masyarakat ini tidak dijual terlalu mahal harganya, selain itu pasokannya juga bisa dengan mudah didapatkan.

“Sudah beberapa hari ini tidak ada kiriman, padahal kita sangat membutuhkan,”imbuhnya.

Menanggapi lonjakan harga dan kelanggkan si melon di wilayahnya, BPD Bojongpicung,  Wayway mengaku sangat heran dengan kondisi tersebut.  Pasalnya di wilayah Timur Cianjur cukup banyak terdapat pangkalan elpiji yang menyediakan pasokan elpiji ukuran 3 Kg.

“Cukup aneh juga lah, pangkalan elpiji yang ada di wilayah Timur kan bukan satu, dua termasuk beberapa diantaranya ada juga di sekitar sini. Tapi ko harganya bisa melonjak seperti itu, kisaran Rp25 ribu rupiah”kata Wayway.

Pihaknya menduga terjadinya lonjakan harga si melon ini kemungkinan besar ada campur tangan permainan dari pihak-pihak tertentu, yang berupaya memanfaatkan kondisi dan situasi demi meraup keuntungan secara pribadi.

“Harga resmi dari pangkalan itukan kisaran Rp16 ribu pertabung. Tapi ko di lapangan bisa tembus angka Rp25 ribu. Jadi pertanyaan besar, apa mungkin karena kelangkaan atau memang sengaja dilangkakan supaya barang jadi sulit harganya naik jadi selangit,”herannnya.

Terkait kondisi ini, Wayway meminta pihak agen, pangkalan ataupun HISWANA MIGAS Cianjur selaku lembaga yang menaungi para pengusaha elpiji, bisa turun langsung membenahi perniagaan si melon, supaya kondisi ini tidak sampai berlarut larut.

“Lama lama masyarakat bisa kelabakan juga kalau seperti ini terus. Jangan sampai ada paradigma miring, kalau program bersubsidi bukannya membantu tapi malah membuat ekonomi warga jadi tak menentu,”tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…