Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Sejarah Baru Dua Srikandi

Setelah Dandim, Kapolres Cianjur Dipimpin Pejabat Perempuan

Angga Purwanda

Jumat, 08 Desember 2017 - 19:04 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SEJARAH baru di Kepolisian Resor Cianjur, seorang kapolres dipimpin oleh pejabat perempuan. Dia adalah AKBP Soliyah SIk MH yang menjadi Kapolres Cianjur menggantikan pejabat lama AKBP Arif Budiman SIk MSi.

Kemarin (7/12/2017), upacara penyambutan Kapolres Cianjur, digelar di Halaman Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh. Upacara diawali dengan pengalungan bunga kepada Kapolres Cianjur AKBP Soliyah oleh Wakapolres Kompol Santiadji Kartasasmita.

Setelah prosesi pengalungan bunga, Kapolres Cianjur menjalani upacara pedang pora dan kemudian dilanjutkan dengan penyambutan oleh sejumlah penari dari salah satu sanggar di Kabupaten Cianjur.

Meskipun upacara penyambutan Kapolres Cianjur yang baru itu diiringi rintik hujan, namun tak mengurangi kehidmatan prosesi tersebut. Selanjutnya, setelah berada di depan pintu masuk utama Mapolres Cianjur, AKBP Soliyah disambut oleh mantan Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman SIk MSi dan dilanjutkan oleh pengguntingan bunga.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah dalam sambutan pertamanya mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Polres Cianjur, yang telah menyiapkan upacara penyambutan yang luar biasa dan penuh keakraban.

Soliyah mengatakan, sebagai orang baru di lingkungan Polres Cianjur, ia juga meminta semua personel dapat bekerjasama dengan baik untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Cianjur.

“Banyak terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah menyambut kami, dan menerima kami sebagai keluarga besar Polres Cianjur. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak AKBP Arif Budiman SIk MSi, yang kini menjabat Waka Polresta Depok.Semoga selalu sukses,” kata perempuan yang kali pertama menjabat Kapolres Cianjur itu.

Sementara itu, AKBP Arif Budiman yang telah lebih kurang satu tahun menjabat sebagai Kapolres Cianjur itu, mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas untuk Kapolres Cianjur yang baru.

“Terimakasih kepada seluruh keluarga besar Polres Cianjur, dan mohon maaf apabila ada tingkah dan laku yang kurang berkenan selama saya menjabat. Terimakasih atas kerjasamanya selama ini,” ujar Arif.

Dengan dijabatnya Kapolres Cianjur oleh AKBP Soliyah, menambah catatan sejarah baru bagi Kabupaten Cianjur. Pasalnya, Soliyah merupakan kapolres perempuan pertama di Cianjur.

Sementara dua tahun sebelumnya, sejarah pun pernah terukir ketika Letkol CZI Hidayati ST MT menjadi Dandim 0608 Cianjur perempuan pertama. Bahkan di Indonesia Dandim seorang perempuan baru ada di Cianjur.

Kini, dengan adanya dua srikandi yang menjabat sebagai Kapolres dan Dandim 0608 Cianjur, diharapkan bisa membawa warna dan harapan baru bagi kemajuan Kabupaten Cianjur.

Seperti yang diungkapkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. Setelah sebelumnya ada sosok perempuan menjadi Dandim 0608 Cianjur, ia pun sangat bersyukur atas kehadiran Kapolres Cianjur baru, AKBP Soliyah.

Ia berharap semoga bisa membawa harapan positif, mengharumkan nama baik Cianjur, serta yang terpenting bisa tercipta sinergi dengan pemerintah daerah.

“Sinergi dalam bidang ketertiban dan ketentraman masyarakat, serta dalam bidang pengawasan pembangunan, yang di mana kita tengah fokus terhadap pembangunan pedesaan. Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama mengawasi dan mengawal seluruh pembangunan, yang menjadikan dampak positif bagi Cianjur,“ ujar Bupati Cianjur saat menghadiri acara ‘Malam Pisah Sambut Kapolres Cianjur’ di Hotel Yasmin, kemarin malam.

Harapan yang sama dilontarkan juga oleh Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi. Ia berharap dengan hadirnya dua srikandi ini, bisa lebih bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cianjur.

“Selamat datang di Cianjur. Semoga bisa lebih menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Cianjur,“ harapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Cianjur yang hadir dalam acara ‘Malam Pisah Sambut Kapolres Cianjur’, H Aris Mulkan berharap, dengan hadirnya dua srikandi di Kabupaten Cianjur dapat membawa aura positif dan kemajuan yang lebih bagi Tatar Santri.

“Tentunya, ini sejarah baru bagi Cianjur, dimana kapolres dan dandimnya dipimpin oleh perempuan. Semoga kondusifitas di Kabupaten Cianjur dapat lebih meningkat,” ucap Aris.

Terpisah, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Cianjur, Ahmad Fikri mengatakan, dengan adanya dua srikandi, yaitu AKBP Soliyah dan Letkol CZI (K) Hidayati, diharapkan dapat memberikan kontribusi hebat terkait penegakan norma hukum dan keamanan di Kabupaten Cianjur.

“Dua srikandi ini dapat lebih intens memberikan masukan kepada eksekutif dan legislatif untuk tidak bermain dengan hukum, serta dapat lebih memberikan rasa aman dan nyaman dengan sosok keibuan mereka,” ujar Fikri.

Selai itu, Fikri menuturkan, pihaknya juga siap mendukung berbagai program yang dilakukan oleh kedua srikandi itu. “Tentunya kami sebagi insan pers, siap mendukung berbagi program Kapolres dan Dandim Cianjur dalam memajukan Kabupaten Cianjur,”pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.