Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Sejarah Baru Dua Srikandi

Setelah Dandim, Kapolres Cianjur Dipimpin Pejabat Perempuan

Angga Purwanda

Jumat, 08 Desember 2017 - 19:04 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SEJARAH baru di Kepolisian Resor Cianjur, seorang kapolres dipimpin oleh pejabat perempuan. Dia adalah AKBP Soliyah SIk MH yang menjadi Kapolres Cianjur menggantikan pejabat lama AKBP Arif Budiman SIk MSi.

Kemarin (7/12/2017), upacara penyambutan Kapolres Cianjur, digelar di Halaman Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh. Upacara diawali dengan pengalungan bunga kepada Kapolres Cianjur AKBP Soliyah oleh Wakapolres Kompol Santiadji Kartasasmita.

Setelah prosesi pengalungan bunga, Kapolres Cianjur menjalani upacara pedang pora dan kemudian dilanjutkan dengan penyambutan oleh sejumlah penari dari salah satu sanggar di Kabupaten Cianjur.

Meskipun upacara penyambutan Kapolres Cianjur yang baru itu diiringi rintik hujan, namun tak mengurangi kehidmatan prosesi tersebut. Selanjutnya, setelah berada di depan pintu masuk utama Mapolres Cianjur, AKBP Soliyah disambut oleh mantan Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman SIk MSi dan dilanjutkan oleh pengguntingan bunga.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah dalam sambutan pertamanya mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Polres Cianjur, yang telah menyiapkan upacara penyambutan yang luar biasa dan penuh keakraban.

Soliyah mengatakan, sebagai orang baru di lingkungan Polres Cianjur, ia juga meminta semua personel dapat bekerjasama dengan baik untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Cianjur.

“Banyak terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah menyambut kami, dan menerima kami sebagai keluarga besar Polres Cianjur. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak AKBP Arif Budiman SIk MSi, yang kini menjabat Waka Polresta Depok.Semoga selalu sukses,” kata perempuan yang kali pertama menjabat Kapolres Cianjur itu.

Sementara itu, AKBP Arif Budiman yang telah lebih kurang satu tahun menjabat sebagai Kapolres Cianjur itu, mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas untuk Kapolres Cianjur yang baru.

“Terimakasih kepada seluruh keluarga besar Polres Cianjur, dan mohon maaf apabila ada tingkah dan laku yang kurang berkenan selama saya menjabat. Terimakasih atas kerjasamanya selama ini,” ujar Arif.

Dengan dijabatnya Kapolres Cianjur oleh AKBP Soliyah, menambah catatan sejarah baru bagi Kabupaten Cianjur. Pasalnya, Soliyah merupakan kapolres perempuan pertama di Cianjur.

Sementara dua tahun sebelumnya, sejarah pun pernah terukir ketika Letkol CZI Hidayati ST MT menjadi Dandim 0608 Cianjur perempuan pertama. Bahkan di Indonesia Dandim seorang perempuan baru ada di Cianjur.

Kini, dengan adanya dua srikandi yang menjabat sebagai Kapolres dan Dandim 0608 Cianjur, diharapkan bisa membawa warna dan harapan baru bagi kemajuan Kabupaten Cianjur.

Seperti yang diungkapkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. Setelah sebelumnya ada sosok perempuan menjadi Dandim 0608 Cianjur, ia pun sangat bersyukur atas kehadiran Kapolres Cianjur baru, AKBP Soliyah.

Ia berharap semoga bisa membawa harapan positif, mengharumkan nama baik Cianjur, serta yang terpenting bisa tercipta sinergi dengan pemerintah daerah.

“Sinergi dalam bidang ketertiban dan ketentraman masyarakat, serta dalam bidang pengawasan pembangunan, yang di mana kita tengah fokus terhadap pembangunan pedesaan. Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama mengawasi dan mengawal seluruh pembangunan, yang menjadikan dampak positif bagi Cianjur,“ ujar Bupati Cianjur saat menghadiri acara ‘Malam Pisah Sambut Kapolres Cianjur’ di Hotel Yasmin, kemarin malam.

Harapan yang sama dilontarkan juga oleh Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi. Ia berharap dengan hadirnya dua srikandi ini, bisa lebih bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cianjur.

“Selamat datang di Cianjur. Semoga bisa lebih menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Cianjur,“ harapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Cianjur yang hadir dalam acara ‘Malam Pisah Sambut Kapolres Cianjur’, H Aris Mulkan berharap, dengan hadirnya dua srikandi di Kabupaten Cianjur dapat membawa aura positif dan kemajuan yang lebih bagi Tatar Santri.

“Tentunya, ini sejarah baru bagi Cianjur, dimana kapolres dan dandimnya dipimpin oleh perempuan. Semoga kondusifitas di Kabupaten Cianjur dapat lebih meningkat,” ucap Aris.

Terpisah, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Cianjur, Ahmad Fikri mengatakan, dengan adanya dua srikandi, yaitu AKBP Soliyah dan Letkol CZI (K) Hidayati, diharapkan dapat memberikan kontribusi hebat terkait penegakan norma hukum dan keamanan di Kabupaten Cianjur.

“Dua srikandi ini dapat lebih intens memberikan masukan kepada eksekutif dan legislatif untuk tidak bermain dengan hukum, serta dapat lebih memberikan rasa aman dan nyaman dengan sosok keibuan mereka,” ujar Fikri.

Selai itu, Fikri menuturkan, pihaknya juga siap mendukung berbagai program yang dilakukan oleh kedua srikandi itu. “Tentunya kami sebagi insan pers, siap mendukung berbagi program Kapolres dan Dandim Cianjur dalam memajukan Kabupaten Cianjur,”pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…