Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Komoditas Bahan Pokok dan Sayuran Mulai Naik

Fauzi

Selasa, 12 Desember 2017 - 07:21 WIB

Foto: Fauzi/BC
Foto: Fauzi/BC
A A A

Beritacianjur.com - MENJELANG Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sejumlah komoditas bahan pokok dan sayuran di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai mengalami kenaikan, Senin (11/12/2017).

Meskipun menjadi hal yang biasa setiap memasuki perayaan hari besar keagamaan maupun nasional, namun tetap kenaikan harga sejumlah komoditas itu dikeluhkan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.

Seperti yang diungkapkan Dinda Rendigariany (32), seorang ibu rumah tangga yang mulai mengeluhkan dengan naiknya sejumlah harga komoditas bahan pokok dan sayuran.

Dinda menyebutkan, pemerintah harus bergerak cepat mengantisipasi terjadinya kenaikan harga tersebut di pasaran. “Sekarang sudah mulai naik, mulai dari bahan pokok seperti minyak goreng, gula pasir, dan sayuran meskipun kenaikannya tak begitu tinggi,” kata Dinda, kepada wartawan, Senin (11/12/2017).

Sementra itu, kenaikan harga komoditas sayuran di Pasar Induk Pasirhayam juga dikarenakan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Seperti, tomat dan bawang daun yang harganya kini mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram.

“Untuk komoditas tomat dan bawang daun, naik karena pasokannya sedikit karena beberapa daerah mengalami gagal panen akibat kondisi cuaca yang buruk,” ungkap Ari Junaedi, seorang pedagang sayuran di Pasar Induk Pasirhayam.

Kenaikan terjadi bukan hanya karena cuaca yang tidak mendukung dan pasok barang menjadi susah di dapat, namun harga yang diberikan oleh petani pun juga naik. Oleh karena itu bukan tanpa alasan para pedagang menaikan harga sayuran yang dijualnya.

“Alhamdulillah untuk pasok barang walupun sulit, tapi tetap memadai dan lancar,” papar Adan Sadili Salah satu pedagang lainnya di Pasar Induk Cianjur Senin (11/12/2017).

Akan tetapi, ada juga bahan sayuran yang harganya tetap dan tidak ikut naik seperti kentang dan Bawang merah ataupun bawang putih, “ Kalau dari kentang sama bawang pas natal dan tahun baru sih tetap aja bahkan turun,” ucapnya.(*)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…