Senin, 23 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Harga Komoditas Bahan Pokok dan Sayuran Mulai Naik

Fauzi

Selasa, 12 Desember 2017 - 07:21 WIB

Foto: Fauzi/BC
Foto: Fauzi/BC
A A A

Beritacianjur.com - MENJELANG Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 sejumlah komoditas bahan pokok dan sayuran di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai mengalami kenaikan, Senin (11/12/2017).

Meskipun menjadi hal yang biasa setiap memasuki perayaan hari besar keagamaan maupun nasional, namun tetap kenaikan harga sejumlah komoditas itu dikeluhkan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.

Seperti yang diungkapkan Dinda Rendigariany (32), seorang ibu rumah tangga yang mulai mengeluhkan dengan naiknya sejumlah harga komoditas bahan pokok dan sayuran.

Dinda menyebutkan, pemerintah harus bergerak cepat mengantisipasi terjadinya kenaikan harga tersebut di pasaran. “Sekarang sudah mulai naik, mulai dari bahan pokok seperti minyak goreng, gula pasir, dan sayuran meskipun kenaikannya tak begitu tinggi,” kata Dinda, kepada wartawan, Senin (11/12/2017).

Sementra itu, kenaikan harga komoditas sayuran di Pasar Induk Pasirhayam juga dikarenakan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Seperti, tomat dan bawang daun yang harganya kini mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram.

“Untuk komoditas tomat dan bawang daun, naik karena pasokannya sedikit karena beberapa daerah mengalami gagal panen akibat kondisi cuaca yang buruk,” ungkap Ari Junaedi, seorang pedagang sayuran di Pasar Induk Pasirhayam.

Kenaikan terjadi bukan hanya karena cuaca yang tidak mendukung dan pasok barang menjadi susah di dapat, namun harga yang diberikan oleh petani pun juga naik. Oleh karena itu bukan tanpa alasan para pedagang menaikan harga sayuran yang dijualnya.

“Alhamdulillah untuk pasok barang walupun sulit, tapi tetap memadai dan lancar,” papar Adan Sadili Salah satu pedagang lainnya di Pasar Induk Cianjur Senin (11/12/2017).

Akan tetapi, ada juga bahan sayuran yang harganya tetap dan tidak ikut naik seperti kentang dan Bawang merah ataupun bawang putih, “ Kalau dari kentang sama bawang pas natal dan tahun baru sih tetap aja bahkan turun,” ucapnya.(*)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kadis Bantah Ada Penggiringan Terhadap Pemohon

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar akan mengevaluasi penggunaan map khusus saat pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.