Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pak Bupati, Mana Janjimu?

Tagih Janji Menggratiskan Biaya Pelayanan Kesehatan Kelas III, Puluhan Pendemo Ontrog Pendopo

Angga Purwanda

Selasa, 12 Desember 2017 - 07:40 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.

Untuk menagih janji bupati tersebut, Dewan Pimpinan Kabupaten Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (DPK SPRI) Kabupaten Cianjur, menggelar aksi unjuk rasa ke Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (11/12/2017) pagi.

Sebelum menggelar aksi di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, puluhan massa aksi itu berkumpul di Lapangan Hypermart dan melakukan longmarch hingga ke Pemkab Cianjur. Sejumlah poster yang berisi kalimat tuntutan dan menagih janji orang nomor satu di Kabupaten Cianjur dibentangkan para massa aksi

Koordinator aksi, Rudi Agan menyebutkan, aksi yang digelar itu murni untuk menagih janji Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar yang pada bulan Januari lalu menyebutkan akan menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III.

Namun, jelas Rudi, hingga kini janji yang dilontarkan Bupati Cianjur itu tak kunjung dipenuhi. Tak hanya dikenakan biaya, sambung Rudi, bahkan masih banyak masyarakat miskin yang terkesan dipersulit dalam mendapatkan pelayanan di sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit.

“Intinya kami mendesak Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar agar segera mengeluarkan regulasi atau aturan terkait penggratisan biaya pelayanan kesehatan kelas III. Karena itu merupakan janji yang telah dilontarkan kepada kami saat menggelar aksi pada Januari lalu,” jelas Rudi kepada wartawan, Senin (11/12/2017).

Rudi meminta juga Bupati Cianjur untuk meningkatkan pengawasan terkait kinerja sejumlah RSUD di Kabupaten Cianjur, terutama dalam hal pelayanan umum. “Kami masih menemui tenaga medis, baik dokter, bidan dan perawat masih tidak ramah dalam hal melayani pasien. Jangan karena pasien yang mereka layani merupakan masyarakat miskin,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menerima para pendemo di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, menyebutkan, Pemkab Cianjur akan segera memenuhi janji untuk menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD.

Rencananya, ujar orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu, kebijakan tersebut akan diterapkan mulai Januari 2018 mendatang. “Untuk regulasinya telah kami siapkan, dan akan mulai diterapkan pada Januari 2018 mendatang,” tutupnya.(*)

KRONOLOGIS:

  • Awal tahun 2017, tepatnya saat DPK SPRI menggelar aksi yang sama pada Januari lalu, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar berjanji akan menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur.
  • Hingga akhir tahun, janji tersebut belum juga dipenuhi. Bahkan tak hanya masih harus dikenakan biaya, para aktivis menilai masih banyak masyarakat miskin yang terkesan dipersulit dalam mendapatkan pelayanan di sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit.
  • Para aktivis juga mengaku masih menemui tenaga medis, baik dokter, bidan dan perawat yang tidak ramah dalam hal melayani pasien.
  • Untuk menagih janji bupati tersebut, DPK SPRI kembali menggelar aksi unjuk rasa ke Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (11/12/2017) pagi.
  • Sebelum menggelar aksi di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, puluhan massa aksi itu berkumpul di Lapangan Hypermart dan melakukan longmarch hingga ke Pemkab Cianjur.
  • Sejumlah poster yang berisi kalimat tuntutan dan menagih janji orang nomor satu di Kabupaten Cianjur dibentangkan para massa aksi

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…