Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Pak Bupati, Mana Janjimu?

Tagih Janji Menggratiskan Biaya Pelayanan Kesehatan Kelas III, Puluhan Pendemo Ontrog Pendopo

Angga Purwanda

Selasa, 12 Desember 2017 - 07:40 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - JANJI Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur, tak kunjung terealisasi.

Untuk menagih janji bupati tersebut, Dewan Pimpinan Kabupaten Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (DPK SPRI) Kabupaten Cianjur, menggelar aksi unjuk rasa ke Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (11/12/2017) pagi.

Sebelum menggelar aksi di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, puluhan massa aksi itu berkumpul di Lapangan Hypermart dan melakukan longmarch hingga ke Pemkab Cianjur. Sejumlah poster yang berisi kalimat tuntutan dan menagih janji orang nomor satu di Kabupaten Cianjur dibentangkan para massa aksi

Koordinator aksi, Rudi Agan menyebutkan, aksi yang digelar itu murni untuk menagih janji Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar yang pada bulan Januari lalu menyebutkan akan menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III.

Namun, jelas Rudi, hingga kini janji yang dilontarkan Bupati Cianjur itu tak kunjung dipenuhi. Tak hanya dikenakan biaya, sambung Rudi, bahkan masih banyak masyarakat miskin yang terkesan dipersulit dalam mendapatkan pelayanan di sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit.

“Intinya kami mendesak Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar agar segera mengeluarkan regulasi atau aturan terkait penggratisan biaya pelayanan kesehatan kelas III. Karena itu merupakan janji yang telah dilontarkan kepada kami saat menggelar aksi pada Januari lalu,” jelas Rudi kepada wartawan, Senin (11/12/2017).

Rudi meminta juga Bupati Cianjur untuk meningkatkan pengawasan terkait kinerja sejumlah RSUD di Kabupaten Cianjur, terutama dalam hal pelayanan umum. “Kami masih menemui tenaga medis, baik dokter, bidan dan perawat masih tidak ramah dalam hal melayani pasien. Jangan karena pasien yang mereka layani merupakan masyarakat miskin,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menerima para pendemo di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, menyebutkan, Pemkab Cianjur akan segera memenuhi janji untuk menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD.

Rencananya, ujar orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu, kebijakan tersebut akan diterapkan mulai Januari 2018 mendatang. “Untuk regulasinya telah kami siapkan, dan akan mulai diterapkan pada Januari 2018 mendatang,” tutupnya.(*)

KRONOLOGIS:

  • Awal tahun 2017, tepatnya saat DPK SPRI menggelar aksi yang sama pada Januari lalu, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar berjanji akan menggratiskan biaya pelayanan kesehatan kelas III di RSUD Sayang Cianjur.
  • Hingga akhir tahun, janji tersebut belum juga dipenuhi. Bahkan tak hanya masih harus dikenakan biaya, para aktivis menilai masih banyak masyarakat miskin yang terkesan dipersulit dalam mendapatkan pelayanan di sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit.
  • Para aktivis juga mengaku masih menemui tenaga medis, baik dokter, bidan dan perawat yang tidak ramah dalam hal melayani pasien.
  • Untuk menagih janji bupati tersebut, DPK SPRI kembali menggelar aksi unjuk rasa ke Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (11/12/2017) pagi.
  • Sebelum menggelar aksi di Halaman Pendopo Pemkab Cianjur, puluhan massa aksi itu berkumpul di Lapangan Hypermart dan melakukan longmarch hingga ke Pemkab Cianjur.
  • Sejumlah poster yang berisi kalimat tuntutan dan menagih janji orang nomor satu di Kabupaten Cianjur dibentangkan para massa aksi

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 12 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…